Trending News

Blog Post

Dengan Play Me Nokia MixRadio Mendengarkan Radio Menjadi Semakin Mudah
Music News

Dengan Play Me Nokia MixRadio Mendengarkan Radio Menjadi Semakin Mudah 

Sejak pertama kali ditemukan di tahun 1890-an hingga kemudian berfungsi sebagai siaran komersial di tahun di awal abad ke-20 sampai saat ini, radio selalu menjadi salah satu medium hiburan bagi banyak orang. Dengan perkembangan teknologi, radio sekarang tidak harus didengarkan secara konvensional karena sudah diperkenalkan pula sistem digital dan streaming yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja ataupun radio personal yang siarannya bisa dikustomisasi, sepanjang memiliki koneksi internet.

Telepon selular (ponsel) dalam perkembangannya pun tak luput dalam menyertakan radio sebagai salah satu suplemennya. Akan tetapi, aplikasi radio yang dimiliki sebuah ponsel sekarang tidak terbatas hanya menangkap gelombang FM secara lokal karena sudah tersedia pula aplikasi radio yang bisa mengakses berbagai siaran radio global melalui sistem streaming.

Nokia, sebagai salah satu produsen ponsel terdepan pun jeli melihat perkembangan radio streaming ini. Pada tanggal 21 November 2013, di kota New York, Amerika Serikat, Nokia meluncurkan Nokia MixRadio dengan fitur terbarunya,’Play Me’ di 31 negara di seluruh dunia.

Nokia MixRadio yang terinspirasi dari kebiasaan mendengarkan radio ini merupakan sebuah layanan streaming musik yang gratis dan dapat dipersonalisasi dalam satu sentuhan saja.

Bermula dari Nokia Music yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011 untuk memudahkan pengguna Lumia mendengarkan lagu dengan lebih mudah, Nokia MixRadio memungkinkan para penggunanya untuk mendengarkan musik melalui tombol baru yang disebut dengan ‘Play Me’ dengan stasiun radio yang lebih personal.

“Hari ini kami memperjelas misi kami, menyediakan layanan streaming radio personal yang mudah digunakan. Nokia MixRadio menggabungkan kesederhanaan penggunaan dengan tingkat personalisasi yang luar biasa untuk penggunaan mobile pertama yang akan dapat dinikmati oleh semua orang, tidak hanya para pecinta musik untuk menikmati beragam pilihan lagu baru secara gratis,” demikian kata Jyrki Rosenberg, VP dan Pimpinan Nokia Entertainment dalam siaran press-nya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, “Semudah menyalakan radio, tapi Anda yang memegang kendali – dengan menyentuh fitur Play Me membuat Anda merasa memiliki stasiun radio yang mengerti Anda, tanpa jeda iklan dan tanpa proses pendaftaran. Anda bahkan bisa melewatkan lagu yang tidak diinginkan dan memberikan tanda suka atau tidak suka dengan fitur unik ‘thumbs up’ dan ‘thumbs down’ sehingga tercipta sebuah stasiun radio personal dengan lagu-lagu favorit Anda.”

Sepertinya menarik sekali memang. Dan semakin menarik saat salah satu musisi terkenal di industri musik dunia yang baru-baru ini sukses bersama Daft Punk melalui single Get Lucky, Nile Rodgers, akan bergabung di peluncuran Nokia MixRadio di New York, dimana ia juga akan mengumumkan seri mix eksklusif yang ia buat dan bagikan melalui fitur baru, MixSharing. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan mix secara lengkap kepada teman-teman mereka melalui jejaring sosial maupun SMS, yang bisa didengarkan secara online di http://www.mixrad.io/id, gratis.

Nile sangat memuji kehadiran layanan ini, yang menurutnya meski radio saat ini secara teknologi berkembang pesat namun secara format pada dasarnya masih setia dari saat ia menemui momentumnya, yaitu dekade 50-an. Oleh karenanya dengan adanya MixRadio maka format akan mengalami pergeseran, dimana selain sebagai sebuah radio untuk generasi digital yang sederhana, cepat, dan unik, maka Nokia MixRadio dengan fitur MixSharing-nya memungkinkan pengguna untuk menciptakan dan membagikan radio stasiun mereka sendiri. “Lebih banyak mengetahui musik baru selalu menjadi hal yang menarik,” demikian katanya.

Nokia MixRadio dengan Play Me saat ini tersedia bagi pengguna Nokia Lumia di 31 negara, yaitu Australia, Austria, Brazil, Kanada, Cina, Finlandia, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Irlandia, Italia, Malaysia, Meksiko, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Thailand, Turki, Arab Emirat, Vietnam, Inggris dan Amerika Serikat. Oleh karenanya, Nokia MixRadio merupakan layanan mendengarkan musik personal global yang pernah ada di dunia. Dengan logo dan tampilan baru, Nokia MixRadio sudah bisa didapatkan melalui windowsphone.com/store

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply