Trending News

Blog Post

Album of the Day: James Arthur – James Arthur
Album of The Day

Album of the Day: James Arthur – James Arthur 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

James Arthur tidak harus khawatir saat Jahmene Douglas lebih dahulu merilis album ketimbangnya. Cerita itu berulang dari beberapa season The X Factor terdahulu, sehingga sampai saatnya tiba bagi James merilis “James Arthur“, ia juga memperoleh apresiasi yang sudah seperti jatah bagi setiap lulusan TXF. Sebelum melangkah lebih jauh pada pembedahan album, props pada Nicole Scherzinger yang sanggup menggaet dua vokalis beda haluan pada final TXF, menjual mereka pada pasar yang juga berbeda, sehingga tersemat kata sukses sekaligus pembuktian diri pada kedua vokalis tersebut.

Now, it’s time to really talk about James Arthur. Saat merilis ‘Impossible’, saya sangat yakin bahwa yang demikian bukanlah elemennya. Keunikan vokal adalah kualitas utama yang James punya, bukan big voice. Maka saat ‘You’re Nobody ‘Til Somebody Loves You’ keluar, ini baru James. Dia berkuasa dalam aroma pop R&B dengan sentuhan soul yang sedemikian retro. Pengaruh yang sama bisa didengar sebagai kesatuan yang utuh dalam album. Akan sangat mudah dan tertebak jika aransemen yang dilakukan dalam ‘Get Down’ mengedepankan choir dan menjadikannya gospel. Tapi mereka tidak mengambil jalur demikian. Tetap, soul dan funk menyatu untuk mendorong pop keluar dari kebiasaannya. Voila, it’s like one of that time you feel so surprised and can’t find the exact words to say, except “excellent”.

The next thing you know, you will drown in his smooth and commanding voice. Tinggal pilih mau gaya yang mana, dengan beat dan tempo yang melaju kencang seperti ‘Lie Down’ atau justru yang lebih lemah, sendu, intim seperti ‘Recovery’ dan ‘Suicide’. Atau mungkin yang hendak dipilih adalah yang melalui jalur tengah seperti ‘Supposed’ dan ‘Flyin”? Apapun pilihannya, “James Arthur” menyediakannya. Psssttt…. James nge-rap di lagu ‘Flyin”. Listen to believe.

Awalnya saya khawatir kalau-kalau album ini akan lolos dari target penjualan yang ditentukan oleh label untuknya. Maklum, hype yang kontestan dapat dari TXF jarang bertahan lama. Apalagi saat mereka mengeluarkan jati diri lewat album perdana dengan corak musik yang agak melenceng dari kata mainstream, sehingga kesan komersil tak tercipta sedikitpun. Tapi lagi, John Newman dan Emeli Sande justru meraup sukses komersil dengan jalur yang kurang lebih sama. Sehingga pintu sukses itu tak sepenuhnya tertutup bagi James. Kualitas “laku jual” tak hanya dimiliki oleh ‘Impossible’, lagu dengan judul ‘Is This Love?’ memiliki potensi serupa. Ini tipe lagu yang saya akan sangat senang mendengarkannya berulang-ulang saat memutar album di CD player.

Bintang tamu juga tak kalah memberikan daya tarik ke dalam album. Emeli Sande meminjamkan vokalnya dalam ‘Roses’, sementara Chasing Grace menulari pengaruhnya dalam ‘Certain Things’. Dua track ini seketika stand out dan memberi nilai lebih terhadap album. I am impressed as “James Arthur” went on from track to track. Album ini mendefinisikan fine taste. Enggak harus berkomentar banyak, the album speaks for itself.

Ada lagu yang berjudul ‘Emergency’ tersaji dalam edisi deluxe album ini, berikut empat track akustik dari lagu ‘You’re Nobody’, ‘Impossible’, ‘Get Down’, dan ‘Supposed’. Tenaga tambahan yang menarik kuat bagi pecinta James untuk mengoleksi album ini.

Official website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “You’re Nobody ’til Somebody Loves You” 3:21
2. “Get Down” 3:46
3. “New Tattoo” 3:31
4. “Impossible” 3:29
5. “Lie Down” 2:53
6. “Recovery” 4:37
7. “Roses” (with Emeli Sandé) 4:14
8. “Supposed” 3:50
9. “Suicide” 4:11
10. “Is This Love?” 3:07
11. “Certain Things” (featuring Chasing Grace) 3:53
12. “Smoke Clouds” 3:57
13. “Flyin'” 1:19
14. “Emergency” 4:07
15. “You’re Nobody ’til Somebody Loves You” (Acoustic) 3:11
16. “Impossible” (Acoustic) 4:10
17. “Get Down” (Acoustic) 4:10
18. “Supposed” (Acoustic)

Related posts

Leave a Reply