Trending News

Blog Post

Album of the Day: Leona Lewis – Christmas With Love
Single of The Day

Album of the Day: Leona Lewis – Christmas With Love 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Kualitas vokal Leona Lewis tak terbatas. Bukan hanya perkara range, tapi juga kesigapan vokalnya memadu ke beragam corak musik. Tiga album terdahulu memang memanjakan kemampuannya untuk menggelar olimpiade vokal sepanjang durasi, namun di kesempatan kali ini, Leona harus menyentuh sisi emosional dalam rangka penalaran audio lagu-lagu Natal, mulai dari yang khidmat, yang romantis, maupun yang bersenang-senang. “Christmas With Love” adalah tantangan yang sebenarnya, bukan “Glassheart”.

Terbuka dengan ‘One More Sleep’, album ini sepertinya hendak menjanjikan keceriaan Natal. Lihat saja berbagai pose yang Leona tampilkan di sampul albumnya: fun dan playful. Tempo dan beat yang digelar secara nyata ingin menetapkan album ini sebagai pagelaran Natal yang gegap gempita. ‘Winter Wonderland’ sebagai track selanjutnya menyokong vibe tersebut.

Seiring perjalanan album, feel tersebut kabur dengan kehadiran ‘White Christmas’. Versi yang digodok ulang oleh Leona adalah versi Otis Redding, yang pernah ditampilkan dalam film “Love Actually”. Bisa dibayangkan betapa menyayatnya versi tersebut kan?! But what the hell! Pendekatan vocal olympics yang Leona lakukan justru menghapus sentuhan emosional yang lagu ini punya. Terlalu banyak “pemberontakan” yang dilakukan, sehingga bukan hanya melodi yang membentuk liukan baru, tapi juga emosi yang hangus. Eksekusi yang tepat justru pada ‘O Holy Night’ Damn! Lagu klasik ini mendapat versi baru yang luar biasa indah. Tapi tetap saja ada yang bisa dikritisi dari versi ini. Leona sengaja hold back untuk menciptakan klimaks di ending lagu. Tapi apa yang terjadi justru menimbulkan kesan “terpleset” di pertengahan lagu. Yang tanpa cela adalah ‘Ave Maria’. I’m speechless. Simply the best!

Dinamika album sebenarnya harus lebih terpaku pada keinginan untuk mewujudkan proporsi emosi. Hey, ini album khusus, album hari raya. Spesifiknya album ini, dan pekatnya ingatan kita pada kemampuan Leona sebenarnya tak boleh membuat ia hendak berniat untuk “unjuk gigi” lagi di album ini. Maka dari itu, moment keceriaan yang album ini punya dalam ‘Christmas’ dan ‘I Wish It Could Be Christmas Everyday’ merupakan kesan terbaik yang Leona punya, meskipun track ‘Mr. Right’ yang juga beraliran serupa terlalu maksa untuk menghadirkan porsi romansa dalam sebuah lagu Natal, tetap saja fun dan playful menang.

Rekomendasi terbaik jatuh kepada ‘One More Sleep’, ‘Winter Wonderland’, dan kejutan ‘Ave Maria’ yang operatic. Ingat-ingat lagi bagaimana dulu bisa jatuh cinta pada Leona. Alasan tersebut bisa didapat kembali lewat album ini.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “One More Sleep” 3:59
2. “Winter Wonderland” 2:24
3. “White Christmas” 3:09
4. “Your Hallelujah” 4:14
5. “Christmas” 2:37
6. “Mr Right” 3:14
7. “O Holy Night” 2:53
8. “I Wish It Could Be Christmas Everyday” 3:51
9. “Ave Maria” 4:00
10. “Silent Night” 2:19

Related posts

Leave a Reply