Trending News

Blog Post

Album of the Day: One Direction – Midnight Memories
Album of The Day

Album of the Day: One Direction – Midnight Memories 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

I’m a believer. Saat rekan saya menyatakan bahwa album ketiga One Direction, “Midnight Memories” ini adalah album yang mengantarkan kelima cowok asal UK ini ke arah musik yang lebih dewasa, saya dengan mudah mempercayainya. Dan setelah membuktikannya dengan mendengarkan album tersebut secara utuh, menyalurkan perasaan tersebut ke dalam ulasan berikut akan sangat terpaku pada pendapat tersebut.

Saya adalah penggemar 1D, tapi bukan penggemar ‘Best Song Ever’. Lagu ini terdengar seperti ekstensi ‘What Makes You Beutiful’ atau ‘Live While We’re Young’, namun tersaji dalam irama yang lebih lunak. Rendahnya tingkat kegemaran saya sebenarnya terbungkam dengan kenyataan bahwa ‘BSE’ tercatat sebagai lagu terbaik 1D di daratan Amerika dengan video klip yang sempat mencetak rekor di YouTube. Dan itu membuat album ketiga 1D layak mendapat atensi.

Kejutan terjadi saat single ‘Story of My Life’ dirilis. Di single ini, 1D berkesempatan untuk menyentuh arena folk dan memberi pandangan kepada publik visi mereka mengenai kedewasaan bermusik. That vision emerged without necessarily leaving the idea of having fun. ‘Diana’, track ketiga di album adalah gambaran persis ‘Kiss You’ yang penuh dengan semangat. Track ini dipercaya untuk memberikan corak dancepop dalam album, yang sepertinya mulai dikelupas sesuai dengan konsep kedewasaan yang hendak dicapai.

Meskipun demikian, tetap saja ada area abu-abu yang dimanfaatkan sebagai playground untuk memikat pendengar lebih luas sekaligus mempertahankan fanbase yang sudah terbentuk. Kesempatan itu terwujud dalam ‘Midnight Memories’. Titel track yang berdurasi tak sampai tiga menit ini sangat kompleks, kuat di ciri rock tapi tetap menyajikan danceable moment di dalamnya. Lagu dengan arahan musik rock level selanjutnya adalah ‘Little Black Dress’. Selain rock’n’roll yang menjadi cerita besarnya, ini adalah lagu pertama 1D yang mengakomodir kelimanya untuk bernyanyi bersama dari awal hingga akhir lagu.

Menandai album ini sebagai karakter 1D yang berbeda dari sebelumnya adalah keintiman yang diupayakan dalam arahan lagu bertempo rendah dengan aransemen musik yang tak megah tapi juga tak asal sederhana. ‘You And I’, ‘Don’t Forget Where You Belong’, berikut ‘Right Now’ sepakat memberikan feel demikian. Rancangan musiknya seolah ingin menghapus label boyband pada diri 1D. Harga yang mereka harus bayar untuk ini adalah kehilangan “racun” yang biasa disebut sebagai hook di lagu-lagunya. Tapi potensi yang ada di hadapan adalah menjadikan mereka karya klasik yang lebih bisa dinikmati dalam jangka waktu yang lama.

Mungkin akan sulit menemukan kesepakatan untuk menamai lagu-lagu tertentu sebagai favorit mutlak pendengar, mengingat ajakan ke ranah baru yang 1D tawarkan di album ini. Tanggung jawab utama sepertinya terletak di pundak Julian Bunnetta dan John Ryan yang karyanya begitu luwas, sekaligus luwes di album ini. Keduanya telah mengeluarkan 1D dari zona nyaman, dan selanjutnya tinggal menunggu respon masyarakat terhadap karya ini. I like “Midnight Memories”, better than “Take Me Home” but not more than “Up All Night”. Saya hanya ingin menekankan, bahwa di album ini mereka bukan memainkan permainan melainkan menggali lebih dalam. Put your thumbs in one direction only to this album; up!

p.s.
Tradisi 1D dalam dua album terakhir mereka adalah memamerkan lagu-lagu track atas sebagai single. Ini sebenarnya membuat saya geregetan. Karena lagu-lagu di track belakang sebenarnya tak kalah bagus. Di album ini, lagu penutup, ‘Better Than Words’ sangat layak untuk ditunjukkan karena gaya pop yang dihadirkannya punya nilai komersil tinggi berikut potensi besar menjadi hit radio!

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Best Song Ever 3:20
2. Story of My Life 4:05
3. Diana 3:04
4. Midnight Memories 2:56
5. You And I 3:57
6. Don’t Forget Where You Belong 4:01
7. Strong 3:04
8. Happily 2:55
9. Right Now 3:20
10. Little Black Dress 2:37
11. Through The Dark 3:41
12. Something Great 3:56
13. Little White Lies 3:17
14. Better Than Words 3:28

Related posts

Leave a Reply