Trending News

Blog Post

CreativeDisc Exclusive Interview With HaKu “Kami Suka Nasi Goreng”
Artist Interviews

CreativeDisc Exclusive Interview With HaKu “Kami Suka Nasi Goreng” 

Dalam rangka memperingati persahabatan Jepang dan Indonesia, Perhimpunan Persahabatan Indonesia -Jepang (PPIJ) bekerja sama dengan The Nikkan Kogyoo Shimbun Ltd, sebuah grup media terkemuka di Jepang, mengadakan acara bertajuk INDONESIA-JAPAN EXPO (IJE) 2013 – Smart Community in Indonesia, yang digelar di arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, pada tanggal 19 – 22 Desember 2013.
Acara ini akan menjadi puncak dari rangkaian kegiatan peringatan 55 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Jepang, setelah sebelumnya digelar berbagai kegiatan yang dilakukan baik di Jepang maupun di Indonesia, yang diantaranya: Festival Tari Bali di Osaka, Festival Film Indonesia di Jepang, Turnamen Sumo di Jakarta, The World Police Band Concert di Jakarta, Jak-Japan Matsuri di Jakarta, pemutaran Japan Film Week Festival di Kompas TV, Peluncuran Film TV (FTV) dengan judul Aishiteru di Jakarta, dll.
Dalam acara INDONESIA – JAPAN EXPO ini juga menampilkan guest star Band dari Jepang, dan salah satunya adalah HaKu. CreativeDisc berkesempatan untuk melakukan private interview dengan Band yang mengusung genre Electronic Rock ini, bertempat di cafe Deli Sheraton Media Hotels and Towers, pada tanggal 22 Desember 2013, berikut Interview bersama HaKu yang berlangsung selama 20 menit.

Image and video hosting by TinyPic

CreativeDisc : Selamat datang di Jakarta, Apakah ini pertama kalinya kalian datang ke Jakarta? Bagaimana kesan kalian tentang Jakarta?
HaKu : Ya, ini pertama kalinya kami datang ke Jakarta, sebelum kami datang kesini kami pikir Jakarta adalah kota yang sangat panas (tertawa), Karena di Jepang lagi musim hujan. Namun ketika kami sudah sampai Jakarta, Jakarta adalah kota yang hangat, begitu juga dengan orang-orangnya.

CreativeDisc : HaKu diundang untuk manggung di Japan Expo Jakarta tanggal 21 Desember 2013 kemarin, bagaimana menurut kalian tentang LIVE-nya dan bagaimana tentang fans di Indonesia?
HaKu : Ini pertama kalinya kami datang ke Indonesia, dan bahasanya-pun kami tidak mengerti, namun satu yang kami bawa dan satu yang kami percaya adalah musik. Jadi, ketika kami melakukan LIVE, feeling kami dan para penonton seolah menjadi satu, dan hal itu yang membuat kami bersemangat dan motivasi kami untuk menjadi lebih baik lagi.

CreativeDisc : Karena kalian sudah berada di Jakarta, apakah ada tempat yang ingin kalian kunjungi di Jakarta?
HaKu : Karena kami sekarang berada di Jakarta Utara, kemarin kami pergi ke Monas, banyak sekali delman-delman yang berkeliaran, dan kami ingin pergi ke daerah Jakarta Selatan, kami ingin melihat sisi kota Jakarta lainnya.

CreativeDisc : Makanan apa yang paling enak yang kalian makan selama di Jakarta?
HaKu : Kami suka nasi goreng. Nasi goreng Jepang lebih pedas daripada nasi goreng Indonesia.

CreativeDisc : Banyak orang yang tinggal di luar Jepang terobsesi dengan culture dan musik Jepang, bagaimana menurut kalian tentang ketenaran budaya dan musik Jepang di negara lain?
HaKu : Karena kami selama ini selalu tinggal di Jepang, jadi kami tidak tahu dan tidak merasakan ketenaran budaya dan musik Jepang di negara lain, tapi ketika kami datang ke Indonesia dan ternyata di Indonesia banyak yang menyukai budaya dan musik Jepang kami merasa sangat senang, karena apresiasi orang Indonesia terhadap budaya Jepang sangat besar.

CreativeDisc : Kalian adalah band yang ber-genre musik Electronic Rock, mengapa kalian memutuskan untuk berkecimpung di genre musik ini?
HaKu : Kami ingin jika kami melakukan LIVE dimana para penonton dapat ikut dance dan heboh menikmati musik kami, dan yang kami temukan adalah di musik Elektronic Rock, sebelum kami memutuskan untuk membuat musik Elektronic Rock, kami berkecimpung di genre R&B sekitar 6 tahun yang lalu.

CreativeDisc : Bagaimana band HaKu terbentuk? Apakah kalian teman sekolah?
HaKu : Band HaKu terbentuk dari Music School, kami sama-sama sekolah di satu universitas dari jurusan yang berbeda-beda, mereka bertemu lalu jadilah HaKu.

CreativeDisc : Mengapa band kalian bernama HaKu? Apakah ada arti tersendiri?
HaKu : HaKu dalam bahasa Jepang artinya putih, kami ingin membawa feeling bahwa semuanya putih kepada para fans HaKu.

CreativeDisc : Apa yang menginspirasi HaKu dalam membuat musik dan lirik?
HaKu : Inspirasi biasanya datang secara natural, entah itu ketika kami sedang melakukan Jam Session atau sedang duduk di Coffee Shop.

CreativeDisc : Banyak band Jepang melebarkan sayap ke luar Jepang, apa yang membuat band HaKu berbeda dengan band yang lain?
HaKu : Yang membuat kami berbeda dengan band lain adalah sound dari gitarnya, jika Hiroshige (gitaris HaKu) bermain gitar ada effector yang membuat musik kami lain daripada yang lain, kami tidak menggunakan komputer untuk menciptakan sound, jadi yang kami mainkan natural.

CreativeDisc : Apakah ada kemungkinan HaKu akan membuat album internasional dalam bahasa Inggris?
HaKu : Sekarang ini kami memiliki satu lagu dalam bahasa Inggris, untuk kedepannya kami akan belajar Bahasa Inggris, menyampaikan lagu dalam bahasa Jepang ke banyak orang agak sulit, ada kemungkinan kami akan mengeluarkan album dalam bahasa Inggris.

CreativeDisc : Apakah lagu favorite kalian dalam album HaKu?
Yuki : Ichibyoukan de Kimi wo Tsuresaritai
Haruna : Astray
Hiroshige : Autumn
Shinya : Everything About the Love

CreativeDisc : Negara apa yang paling ingin kalian kunjungi dan mengadakan LIVE disana?
HaKu : Amerika, karena selama ini kami banyak mendapatkan inspirasi dari lagu-lagu Amerika, jadi kami ingin menyampaikan lagu ciptaan kami sendiri kepada orang-orang Amerika.

CreativeDisc : Gambarkan Jakarta dalam satu kata
Yuki : Hangat.
Haruna : Ceria.
Hiroshige : Terang.
Shinya : Hujan.

Interview pun ditutup dengan Photo Session, terima kasih kepada HaKu yang sudah meluangkan waktunya, dan kepada semua staff AMUSE, Inc. Kami tunggu kedatangan HaKu selanjutnya ^^

Interview By : Anggie Anggraeni
Photo by : Queenie
Special Thanks to : Jessica Yowiko, Nick Hayashi, Kei Okawa and all AMUSE, Inc. Staff

Related posts

Leave a Reply