Trending News

Blog Post

Single of the Day: Justin Bieber – #MusicMondays pt.2
Single of The Day

Single of the Day: Justin Bieber – #MusicMondays pt.2 

Selesai! Misi Justin Bieber untuk merilis 10 lagu dalam 10 minggu telah selesai. Per 9 Desember, pagelaran #MusicMondays telah dirampungkan. Dan selanjutnya, perilisan film keduanya, berikut album “Journals” yang akan menyambar iTunes dalam waktu yang ditentukan.

All Bad (11 November)
Besarnya peranan R&B dalam #MusicMondays membuat kita kangen banget dengan gaya pop-nya Bieber. Yang lebih cheerful, yang lebih nyandu. Ryan Toby, Andre Harris, dan Jason Boyd bahu-membahu membantu Bieber untuk mencurahkan isi hati dan pikirannya tentang bagaimana hubungan cintanya dengan Selena Gomez bisa kandas. Memandang sekilas dari apa yang ia lantunkan, tampak jelas kalau Bieber menyalahkan orang-orang sekitar. Immature, really. Siapa yang bisa menyalahkan cinta saat ia memperdaya akal pikiran. Anyway, musik di lagu ini memancarkan aransemen perkusi yang membangun beat sempurna, sekaligus membentuk nuansa spooky yang nyata sepanjang lagu. Maka dari itu, ini adalah satu yang saya favoritkan dari #MusicMondays.
Buy single on iTunes

PYD (feat. R. Kelly) (18 November)
Bieber adalah penyanyi muda yang sangat beruntung. Bukan hanya dipandang dari keberadaan penggemar setia yang mendukungnya di segala kondisi, tapi juga kesempatannya berkolaborasi dengan artis-artis lain. Kebanyakan dari mereka adalah yang ia pandang sebagai mentor, inspirasi, juga idola. Usher, Chris Brown, dan sekarang giliran R. Kelly. Mereka beradu vokal dalam lagu ‘PYD’, put you down. Lagu sendu ini juga terasa haunted, sejenak terasa seperti perpanjangan dari ‘All Bad’. Ilustrasi musik yang melatari terdengar terlalu sederhana. Biasanya, corak demikian lazim muncul sebagai track dengan durasi minim atau yang sering disebut dengan interlude. Tapi yang ini, tersaji dalam durasi 5 menit 17 detik, sama sekali tak terbantu oleh kolaborasi untuk menyelamatkannya dari kata bosan.
Buy single on iTunes

Roller Coaster (25 November)
You want funk, Bieber got some. ‘Roller Coaster’ sebagai sajian ke-8 dalam #MusicMondays adalah lagu uptempo yang secara gampang menguap stand out di aliran arus kesenduan. Dinamika yang dibuatnya mengesahkan bahwa suguhan Bieber ini bukanlah asal-asalan. Terima kasih kepada Darkchild yang mau membidani lagu ini dan menghembuskan angin segar di telinga pendengar. Bieber bisa mendapatkan koneksi terbaik untuk menyalurkan swag yang ia punya dengan lagu yang bergaya ini. Pengaruh King of Pop, MJ terasa sangat besar di single ini, pada penampilan vokal Bieber yang dipahat dalam keberagaman format, disesuaikan dengan bagian-bagian lagu. Permainan petak umpet untuk menemukan keceriaan di musik baru Bieber resmi selesai.
Buy single on iTunes

Change Me (2 Desember)
Sebelum merilis ‘Change Me’, Bieber terlebih dahulu mengungkapkan nilai personalitas lagu ini. Keterlibatan yang emosional dengan lirik adalah sorotan utama darinya, menggali lebih dalam lagi untuk mendapatkan luapan perasaan yang Bieber ingin tumpahkan dalam melodi. Kembali menggandeng Andre Harris dan James Boyd, nuansa kesuraman kembali tersirat. Namun kali ini, hanya sebagian kecil, saat lagu menjelang fade out. Ilustrasi utamanya adalah solo piano yang mengakomodir kehampaan yang dipikul lirik, dimana terlalu banyak ketidakpastian (maybe) yang muncul. It’s loungey in a way, but I like this lyricwise. Seperti menyadari sesuatu sebelum terlambat, antisipasi terhadap yang namanya penyesalan.
Buy single on iTunes

Confident (feat. Chance The Rapper) (9 Desember)
#MusicMondays berakhir dengan kuat. Sangat kuat, sehingga kita lupa akan kelemasan nuansa musik yang mendominasi lagu-lagunya. Yang terakhir, ‘Confident’, adalah gambaran yang persis dengan judulnya. Lagu yang menampilkan Chance The Rapper ini adalah kesempatan bagi pendengar untuk terhibur dalam tempo yang meningkat. Ada pengaruh reggae di dalamnya, dalam jumlah kecil, namun ngaruh. Diselipkan dalam pondasi beat, tapi tidak dengan instrumen spesifik sehingga mengaburkan kesan bahwa ia pure reggae. Si rapper sendiri, Chance, tampaknya punya kesempatan emas digandeng oleh Bieber di kesempatan ini. Apalagi ada sebuah rencana untuk menampilkan single ini dengan video musik. Sebuah langkah besar yang menguntungkan bagi pemain baru ini.
Buy single on iTunes

So what’s your most favorite dari 10 single dalam #MusicMondays? Pilihan saya adalah: ‘All Bad’, ‘Recovery’, dan ‘Roller Coaster’.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply