Trending News

Blog Post

Album of the Day: Nelly – M.O.
Album of The Day

Album of the Day: Nelly – M.O. 

Released by: Universal Music Indonesia

Dulu, Nelly adalah rapper yang tergolong perintis dalam mempermainkan hip-hop sebagai musik yang ia olah. Adonan yang ia buat termasuk berani, membumbui musiknya dengan gimmick country, dance, soul, dan lainnya. Kini, bertaburnya rapper yang berlaku serupa, ia memang harus tancap gas untuk mengejar ketertinggalan yang terjadi akibat jarak yang terbentang dari satu rilisan ke yang berikutnya. Setelah “5.0” yang dinilai kurang sukses, berikutnya adalah “M.O.” sebagai tribute ke diri sendiri dan tempat dari mana ia berasal.

Jurus pertama untuk tancap gas di album ini adalah kolaborasi. Album ini kaya akan nama yang terlibat sebagai artis bintang tamu, entah itu untuk menyediakan hook di tiap-tiap lagu maupun untuk beradu rap dengannya. Ada Nicki Minaj dan Pharrell yang menghebohkan dalam ‘Get Like Me’, Future yang membius ‘Give U Dat’ sebagai track yang kuasai, dan T.I. yang bukan sekedar tampil, tapi juga untuk memberi dampak dalam ‘Rick James’. Tiga dari sepuluh lagu kolaborasi ini sedikit banyak memberi citra buruk pada Nelly, seolah ia tak sanggup berdiri di atas kaki sendiri. Sebagai rapper yang bonafit, ia tak seharusnya menghiasi album ini dengan kilauan artis lain.

Lagu dengan judul ‘Heaven’ menampilkan Daley, begitu juga dengan ‘100k’ yang menampilkan rapper naik daun 2Chainz. ‘IDGAF’ memberikan kesempatan kedua bagi Pharrell dan T.I. untuk mendukung Nelly, Fabolous dan Wiz Khalifa bahu-membahu di track ‘My Chick Better’. Semuanya meninggalkan Nelly hanya dengan dua lagu sendiri; ‘Maryland, Massachusetts’ dan ‘U Know U Want To’. Kedua lagu ini begitu berdasar sebagai forte-nya Nelly, tapi dosis yang kurang cenderung menimbulkan rasa kehilangan.

Di balik kisah dominasi kolaborasi, ternyata ada kolaborasi impian yang jadi kenyataan. Nelly mengajak Nelly Furtado untuk membentuk sebuah tim dalam ‘Headphones’. Selain menyediakan hook, pengaruh Furtado begitu besar membangun coraknya dalam lagu tersebut. Kemudian Florida Georgia Lines melakukan balas jasa setelah Nelly menjadikan mereka pemegang lagu terlama yang bertakhta di puncak Country Chart Billboard dengan ‘Cruise’. Lagu ‘Walk Away’ kembali mendekatkan Nelly pada country, bahasa yang sudah ia sudah fasih. Alih-alih menjadikannya ‘Cruise 2.0’, lagu ini adalah ‘Over And Over 2.0’.

Favorit saya dari album ini adalah ‘Walk Away’ dan juga ‘All Around The World’ (menampilkan Trey Songz). Alasannya sederhana, mereka easy listening, secara utuh dari awal hingga akhir lagu. Tak sepenuhnya diambilalih oleh featured artist, tapi tetap dipengaruhi oleh mereka. I’m happy while listening to these two songs, even they’re not delivered in such funk way.

Official website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Get Like Me” (featuring Nicki Minaj & Pharrell) 3:51
2. “Give U Dat” (featuring Future) 4:12
3. “Rick James” (featuring T.I.) 3:46
4. “Heaven” (featuring Daley) 3:23
5. “Maryland, Massachusetts” 3:48
6. “100K” (featuring 2 Chainz) 3:49
7. “All Around the World” (featuring Trey Songz) 4:07
8. “IDGAF” (featuring Pharrell & T.I.) 3:10
9. “U Know U Want To” 3:50
10. “My Chick Better” (featuring Fabolous & Wiz Khalifa) 4:18
11. “Walk Away” (featuring Florida Georgia Line) 4:18
12. “Headphones” (featuring Nelly Furtado) 4:18

Related posts

Leave a Reply