Trending News

Blog Post

Album of the Day: The Killers – Direct Hits
Album of The Day

Album of the Day: The Killers – Direct Hits 

Released by: Universal Music Indonesia

Direct Hits merupakan album kompilasi hits pertama milik The Killers. Sebelumnya memang sudah ada Sawdust (2007), akan tetapi album tersebut berisi b-sides, rarities, covers dan remiks, berbeda dengan Direct Hits, yang sesuai judulnya, merangkum daftar single yang dianggap sebagai hits milik The Killers.

Sejak album debut, Hots Fuss, di tahun 2004 hingga album keempat Battle Born (2012), The Killers sudah merilis sebanyak 18 single. Sayangnya, tidak semua single tersebut masuk ke dalam album ini. Direct Hits menghadirkan 13 single dan 2 lagu baru dengan total 15 lagu. Berarti ada sekitar 5 single yang gagal masuk ke dalam album ini. Lantas, apakah album ini sudah cukup mewakili perjalanan karir The Killers selama 10 tahun ini?

Rasanya bisa saja. Komposisi album ini disusun berdasarkan kronologis, sehingga memang memudahkan bagi yang awam dengan The Killers untuk mengikuti perkembangan musikalitas mereka. Dibuka dengan Mr. Brightside, salah satu hits terbesar mereka. Sebuah lagu bergaya post-punk yang seolah-olah dikerjakan di tahun 80an serta aksen Inggris ala Brandon Flowers justru membesarkan nama The Killers.

Selain Mr. Brightside, Hot Fuss (2004), album debut The Killer, juga menyediakan Somebody Told Me, Smile Like You Mean It dan All These Thing That I’ve Done. Ini berarti mencakup semua single yang dirilis oleh The Killers untuk album ini.

Sementara itu, album kedua mereka, Sam’s Town, juga merilis empat buah single. Namun, untuk Direct Hits, The Killers hanya memberikan kita When You Were Young, Read My Mind dan For Reasons Unknown. Entah mengapa mereka memutuskan untuk tidak menyertakan salah satu lagu terbaik The Killers, Bones, ke dalamnya.

Album ketiga, Day & Age (2008), pun merilis empat single yang lagi-lagu untuk keperluan Direct Hits, dieliminasi satu, yaitu The World That We Live In dan menyisakan Human, Spaceman dan A Dustland Fairytale.

Dan album paling mutakhir, Battle Born (2012), menghasilkan hanya tiga buah single yaitu Runaways, Miss Atomic Bomb dan Here With Me. Akan tetapi, The Killers memilih untuk mengganti Here With Me dengan The Way It Was yang sebenarnya bukan pilihan yang salah juga, karena lagu tersebut merupakan salah satu yang terbaik di album Battle Born.

Seperti biasa, ada lagu baru yang disisipkan dalam album ini, termasuk yang menjadi single yaitu Shot at the Night. Uniknya, band synth-pop/new wave asal Perancis, M83, hadir sebagai produser, sehingga tidak heran jika single ini terdengar agak M83-ish. Meski begitu Shot at the Night masih memiliki ciri khas pop-rock ala The Kilers. Satu lagu lainnya adalah Just Another Girl, yang diproduseri oleh produser kondang, Stuart Price.

Jika mencermati Direct Hits, mulai dari Mr. Brightside sampai ke Just Another Girl, sebenarnya musikalitas The Killers terlihat tidak begitu berkembang. Semua lagu terdengar setipe dan seolah merupakan variasi dari Mr. Brightside. Ini sebenarnya tidak terlihat adil, karena jika mencermati album The Killers satu persatu, mereka memiliki materi lain yang cukup variatif.

Namun, mengingat Direct Hits hanya bertugas untuk mengumpulkan koleksi hits single, mau tidak mau kesan itu yang didapatkan. Meski begitu, setiap lagu yang terdapat dalam Direct Hits masih dapat menjadi sebuah memento akan kekuatan musikalitas The Killers. Album ini bisa menjadi bukti, meski terdengar seragam, namun The Killers mumpuni dalam menyusun lagu-lagu pop catchy yang disusun berdasarkan referensi indie-rock, new-wave, post-punk dan synth-pop.

Semoga saja mereka akan terus berkarya di skena musik dunia, karena bagaimana pun The Killers merupakan salah satu musisi masa kini dengan musik yang khas. Dan itu sangat jarang sekali sekarang ini.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Mr. Brightside” 3:42
2. “Somebody Told Me” 3:17
3. “Smile Like You Mean It” 3:54
4. “All These Things That I’ve Done” 5:01
5. “When You Were Young” 3:40
6. “Read My Mind” 4:06
7. “For Reasons Unknown” 3:32
8. “Human” 4:09
9. “Spaceman” 4:43
10. “A Dustland Fairytale” 3:45
11. “Runaways” 4:04
12. “Miss Atomic Bomb” 4:53
13. “The Way It Was” 3:51
14. “Shot at the Night” 4:02
15. “Just Another Girl” 4:22

Related posts

Leave a Reply