Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – 2014 Grammy Nominees
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – 2014 Grammy Nominees 

Released by: Warner Music Indonesia

Akhir tahun yang berganti ke awal tahun juga berarti musim penghargaan alias awarding. Salah yang yang paling dinanti oleh seluruh umat di berbagai belahan dunia adalah Grammy Awards. Penghargaan musik bergengsi bagi musisi di Amerika Serikat ini sudah dijadikan patokan, kiblat, dan standard kualitas musik dunia. Maka dari itu, album “2014 Grammy Nominees” yang menyertaipnya pun ikut menjadi incaran.

Kemeriahan album tahun ini masih mengedepankan kategori Big 4; Record, Album, dan Song of the Year, berikut Best New Artist. Kehebohan yang melimpah ruah saat lagu-lagu yang ditampilkan adalah highlight sepanjang tahun 2013 dan benar-benar memberi dampak di blantika musik. Robin Thicke dengan ‘Blurred Lines’-nya dan juga Daft Punk dengan ‘Get Lucky’ mereka adalah hit absolut yang sangat tepat untuk ditampilkan mewakili kebesaran musik di 2013. Mereka berdampingan dengan tiga hit lain yang tak kalah gila: ‘Royals’, ‘Radioactive’, dan ‘Locked Out Of Heaven’. Keberhasilan awal bagi pendatang baru Lorde dan Imagine Dragons dan pertahanan karir yang cemerlang bagi Bruno Mars juga ikut memberi warna masing-masing, sehingga pantas untuk diunggulkan dalam kategori Record of the Year.

Mereka yang memiliki konsep album yang solid, matang, dan unggul dalam eksekusi konsep tersebut bertarung untuk gelar album terbaik. Setiap track di dalamnya adalah bibit unggul, sehingga single apapun yang terpilih untuk dimasukkan ke dalam kompilasi ini pastilah tepat. Taylor Swift dan Kendrick Lamar memiliki kebebasan lebih dibanding Sara Barellies, Daft Punk, dan Macklemore & Ryan Lewis. Mereka tak punya track khusus yang diunggulkan dalam kategori lain yang tersaji dalam album. Dan didapatlah ‘Begin Again’ dan ‘Swimming Pools (Drank)’ untuk mewakili album masing-masing, “Red” dan “Good Kid, M.A.A.D City”, sementara ‘Brave’, ‘Get Lucky’, dan ‘Same Love’ hadir karena diunggulkan dalam kategori lain.

Grammy tak hanya menghargai kerja para penampil, karena mereka punya penghargaan Song of the Year yang menghargai prestasi kerja para penulis lagu. Tahun ini yang menguasai adalah pop, dengan satu unggulan lain dari genre hip-hop. Lirik, musik, dan segala aspek yang membangun sebuah lagu mendasari keputusan apakah ‘Just Give Me A Reason’, ‘Locked Out Of Heaven’, ‘Same Love’, ‘Royals’ atau ‘Roar’ yang akan keluar sebagai juara. Kategori yang lebih dinamis adalah Best New Artist. Kategori dengan unggulan yang selalu beda setiap tahun dan merupakan unggulan dari genre yang beragam. Kendrick Lamar dan Macklemore & Ryan Lewis mewakili hip-hop, Ed Sheeran dari pop, elektronika punya James Blake, dan Kacey Musgraves andalan country. Mereka yang berhasil membuat gebrakan dan mensejajarkan nama dengan artis senior di 2013 memberikan variasi dalam album ini.

Menemani Big 4, “2014 Grammy Nominees” juga mengangkat kategori dari field lain untuk memenuhi kuota album. Tahun ini giliran Pop dan Country. Best Pop Solo Vocal Performance menampilkan lima vokalis teratas yang terdiri dari tiga cewek dan dua cowok. Akhirnya para pria mendapat tempat, setelah tahun lalu seluruh unggulan terdiri dari jenis kelamin wanita. Kita sudah cerita tentang ‘Brave’, ‘Royals’, dan ‘Roar’, giliran ‘Mirrors’ dari Justin Timberlake yang menjadi kisah baru disini. Ini merupakan single kedua dari album terlaris di AS selama 2013, “The 20/20 Experience”. Sementara Bruno tak dapat menyajikan ‘When I Was Your Man’ karena ‘Locked Out’ mendapat unggulan di kategori teratas. Best Country Album menampilkan Taylor, Blake Shelton, Kacey, Jason Aldean, dan Tim McGraw. Kelimanya menyajikan album country paling berpengaruh sepanjang 2013 yang membuat panel juri sepakat untuk menyerahkan nominasi kepada kelimanya.

Pesta musik Grammy digelar di AS pada 26 Januari 2014, setara 27 Januari pagi waktu Indonesia. Dipastikan para pemenang akan menebar senyum lebar saat memegang Grammy di tangan mereka. Mau menebar senyum yang sama? Anggap saja kamu menerima Grammy saat menggenggam album ini di tangan, karena dengan mendapatkan produk originalnya berarti sebuah award juga.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Locked Out Of Heaven – Bruno Mars 3:53
2. Blurred Lines (feat. T.I. & Pharrell Williams) – Robin Thicke 4:23
3. Royals – Lorde 3:10
4. Radioactive – Imagine Dragons 3:07
5. Get Lucky (feat. Pharrell Williams) – Daft Punk 4:08
6. Roar – Katy Perry 3:42
7. Mirrors – Justin Timberlake 4:37
8. Brave – Sara Bareilles 3:39
9. Same Love (feat. Mary Lambert) – Macklemore & Ryan Lewis 5:18
10. Retrograde – James Blake 3:43
11. Swimming Pools (Drank)- Kendrick Lamar 4:07
12. Lego House – Ed Sheeran 3:05
13. Just Give Me A Reason (feat. Nate Ruess) – Pink 4:03
14. Begin Again – Taylor Swift 3:57
15. Mine Would Be You – Blake Shelton 3:59
16. Merry Go ‘Round – Kacey Musgraves 3:28
17. Highway Don’t Care (feat. Taylor Swift & Keith Urban) – Tim McGraw 4:36
18. Take A Little Ride – Jason Aldean 3:04

Related posts

Leave a Reply