Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – The Sound of Music Live!
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – The Sound of Music Live! 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

The Sound Of Music” adalah tatanan kisah kompleks mengenai pencarian diri dan kasih sayang, dengan twist politik dan keagamaan. Tapi bukan itu saja, “TSOM” juga berarti lagu-lagu yang erat bersanding dengan alur cerita. Garisbawahi lagu-lagu.

Stasiun televisi NBC di Amerika Serikat berniat menyadur kisah klasik “TSOM” yang akan ditampilkan secara live. Karakter bernama Maria dinilai ikonik, sehingga butuh pemeran yang namanya tak kalah ikonik pula. Garisbawahi live dan ikonik.

Lagu-lagu+live+ikonik = Carrie Underwood. Itulah alasan mengapa pemenang American Idol season 4 tersebut bisa hadir disini. Sebagai hasilnya, “The Sound Of Music Live!” mendapat rating tertinggi bagi NBC dalam kurang lebih 10 tahun. Di sisi lain, mereka menuai kritik pedas pada kehadiran Carrie yang dinilai kurang pengalaman, sehingga tak memunculkan porsi emosi yang sepadan dengan tuntutan cerita.

Itu cerita dari event-nya, dan sekarang cerita dari soundtrack-nya. Terdapat 22 buah lagu dengan durasi total kurang lebih satu jam, nyaris setengah dari durasi tayangan (setelah dikurangi commercial break) yang tersusun sesuai dengan tata letak penampilan. Dibuka dengan ‘Predulium’ oleh paduan suara biarawati pimpinan Mother Abbess (Audra McDonald) yang mengantarkan kita pada latar belakang karakter utama, Maria (Carrie Underwood). Nuansa khidmat didapat dari lagu yang juga menyajikan puji-puji kepada Tuhan ini. Perkenalan dengan Maria terletak pada lagu selanjutnya, ‘The Sound Of Music’. Set panggung menggambarkan karakter diri yang kurang lebih menjadi perdebatan bagi para biarawati dan tertuang pada lagu selanjutnya, ‘Maria’. Ini adalah track yang intens dengan lirik yang cukup menggelitik, berisi pandangan biarawati yang pro vs yang kontra dengan sifat dan sikap Maria.

Cerita hendak menanjak ke fase berikutnya, tapi sebelumnya ada duet dari Maria dan Mother Abbes untuk lagu ‘My Favorite Things’ yang kemudian mengantarkan Maria pada perjalanan ke luar comfort zone-nya. Pengaruh yang ia punya kemudian mengalir ke anak-anak Von Trapp yang awalnya mengaku tidak mengenal musik. ‘Do-Re-Mi’ pun diolah sebagai mata pelajaran musik bagi mereka, bahan ajar baru dari kurikulum disiplin yang dienyam anak-anak Von Trapp dari asuhan sang ayah, Captain Von Trapp (Stephen Moyer). Disini peran Carrie sebagai penyanyi pro dengan ketepatan pitch untuk menjaga lagunya pitch perfect. Kepiawaiannya bermain gitar juga membuatnya lebih mudah menjalankan peran.

Moment sedikit bergeser pada karakter-karakter pembantu yang membangun kompleksitas cerita. Liesl, contohnya. Anak tertua Von Trapp ini bersanding dengan pujaan hatinya, Rolf untuk membawakan ‘Sixteen Going On Seventeen’. Moment yang mereka miliki ini tidak lama, karena terpaksa dipisahkan oleh politik. Ada juga Max (Christian Borle) dan Elsa (Laura Benanti), dua karakter yang dibangun di sekitar Captain Von Trapp. Perkenalan mereka diawali dengan ‘How Can Love Survive?’ dan diakhiri dengan lagu konflik ‘No Way To Stop It’. Keberadaan track-track ini menyeimbangkan porsi, sehingga tak membuat mereka hadir hanya sebagai hiasan semata.

Tanggung jawab Maria mengasuh anak-anak Von Trapp mendapat highlight, baik bagi dirinya dan anak-anak Von Trapp, secara terpisah maupun sebagai kesatuan. ‘The Lonely Goatherd’ mengandung yodel yang adalah wheelhouse Carrie. Senang melihatnya mendapat kesempatan untuk unjuk gigi kualitas country dalam dominasi operatik ini. ‘Reprise: The Sound Of Music’, ‘So Long, Farewell’, serta ‘Reprise: Do-Re-Mi (The Concert)’ dan ‘Reprise: So Long, Farewell (The Concert)’ adalah moment-moment lain yang menampakkan kekompakan dan harmonisasi yang mereka berhasil capai.

Bagian inspiratif dari “TSOM” adalah bagaimana Mother Abbes meyakinkan bahwa cinta dan kasih sayang itu juga suci. Bagaimana dengan mencintai seseorang tak berarti mengurangi cinta kepada Tuhan. Those, with few other lines she told to Maria, were concluded with a triumphant sonnet, ‘Climb Ev’ry Mountain’. Liriknya, vokalnya, semuanya jempolan. Pengulangan lagu ini sebagai ‘Finale Ultimo: Climb Ev’ry Mountain’ pun mengangkatnya pada level selanjutnya.

Memang kerja keras yang luar biasa bagi penulis dan ide cerita ‘TSOM’ sehingga mereka punya lagu untuk sepanjang kisah, menjadikan setiap gerak-gerik sebagai moment. Maria dan Captain Von Trapp menyadari perasaan satu sama lain melalui lagu ‘Something Good’, Maria mengajari Liesl apa artinya cinta lewat ‘Reprise: Sixteen Going On Seventeen’, dan lagu pernikahan ‘Processional & Maria (The Wedding)’ dibawakan oleh The Nuns Of Nunnberg Abbey menghias indah perjalan cerita yang terkait dengan cinta. Produser bahkan tak menyia-nyiakan orkestra yang terdengar di sesi pesta dansa; ‘The Grand Waltz’ dan ‘Landler’ untuk ikut serta dalam album ini, berikut ‘End Credits’ yang menyajikan melodi dari lagu-lagu besar yang “TSOM” punya. Tak selamanya dalam sekali dayung dua tiga pulau dapat terlampaui. Tak selalu menyelam kita harus minum air. “The Sound Of Music Live!” punya kelemahan dalam aliran emosi Carrie untuk karakter yang ia mainkan, tapi sama sekali tak punya cela dalam album soundtrack ini. Saya jamin itu!

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Preludium” Audra McDonald, Christiane Noll, Jessica Molaskey, Elena Shaddow 2:56
2. “The Sound of Music” Carrie Underwood 3:06
3. “Maria” McDonald, Noll, Molaskey, Shaddow 3:15
4. “My Favorite Things” McDonald, Underwood 3:02
5. “Do-Re-Mi” Underwood, Ariane Rinehart, Michael Nigro, Ella Watts-Gorman, Joe West, Sophia Caruso, Grace Rundhaug, Peyton Ella 5:01
6. “Sixteen Going on Seventeen” Rinehart, Michael Campayno 5:11
7. “The Lonely Goatherd” Underwood, Rinehart, Nigro, Watts-Gorman, West, Caruso, Rundhaug, Ella 3:28
8. “How Can Love Survive?” Laura Benanti, Christian Borle 3:06
9. “Sound of Music” (Reprise) Stephen Moyer, Rinehart, Nigro, Watts-Gorman, West, Caruso, Rundhaug, Ella 2:07
10. “The Grand Waltz” David Chase 1:29
11. “Ländler” Chase 2:00
12. “So Long, Farewell” Rinehart, Nigro, Watts-Gorman, West, Caruso, Rundhaug, Ella 2:54
13. “Climb Ev’ry Mountain” McDonald 2:46
14. “No Way to Stop It” Benanti, Borle, Moyer 3:08
15. “Something Good” Underwood, Moyer 2:54
16. “Processional & Maria” (The Wedding) McDonald, Noll, Molaskey, Shaddow 2:48
17. “Sixteen Going on Seventeen” (Reprise) Underwood, Rinehart 2:12
18. “Do, Re, Me” (Reprise) (The Concert) Moyer, Underwood, Rinehart, Nigro, Watts-Gorman, West, Caruso, Rundhaug, Ella 1:18
19. “Edelweiss” (The Concert) Moyer, Underwood, Rinehart, Nigro, Watts-Gorman, West, Caruso, Rundhaug, Ella 2:09
20. “So Long, Farewell” (Reprise) (The Concert) Moyer, Underwood, Rinehart, Nigro, Watts-Gorman, West, Caruso, Rundhaug, Ella 1:59
21. “Climb Ev’ry Mountain” (Finale Ultimo) McDonald, Noll, Molaskey, Shaddow 1:37
22. “End Credits” Chase 2:56

Related posts

Leave a Reply