Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – Virgin Records: 40 Years of Disruptions
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – Virgin Records: 40 Years of Disruptions 

Released by: Universal Music Indonesia

Virgin Records adalah label rekaman asal Inggris yang didirikan oleh Richard Branson, Simon Draper, Nik Powell dan Tom Newman di 1972. Dengan sejarah panjang lebih dari 40 tahun, Virgin Records memiliki sejumlah deretan musisi yang kemudian menjadi nama penting di industri musik dunia dan juga lagu-lagu yang bisa dikenang klasik. Untuk menandakan 40 tahun usia mereka, maka sebagai persembahan istimewa dirilislah album yang berjudul Virgin Records: 40 Years of Disruptions yang mengumpulkan sejarah panjang mereka.

Album dibagi menjadi 3 bagian yang meski tidak bisa disebutkan berjalan secara kronologis waktu, akan tetapi menghimpun lagu-lagu sesuai dekade perilisan lagu-lagu tersebut. Album pertama berisi 19 buah lagu yang memiliki kumpulan lagu yang diambil dari dekade 70-an hingga akhir 80-an. Mungkin bagi generasi sekarang, banyak lagu atau nama yang kurang awam di telinga, akan tetapi CD 1 ini memiliki banyak harta musik yang keren-keren.

Sebut saja God Save the Queen milik band punk rock asal Inggris, Sex Pistols, In the Air milik Phil Collis, Don’t You Want Me dari The Human League, Red Red Wine dari UB40, atau Unfinished Sympathy dari Massive Attack adalah sebagian kecil darinya. Mencermati deretan lagu yang terdapat dalam CD 1 kita bisa menarik sedikit kesimpulan jika Virgin Records pada dua dekade ini cenderung menghasilkan musisi beraliran rock, meski ada juga beberapa nama dari ranah RnB atau elektronika. Hanya segelintir yang berbasis pop. Tampaknya konsentrasi genre ini disengaja untuk membedakan Virgin Records dengan label musik lain.

Memasuki CD 2, kita akan menjumpai banyak nama yang sudah tidak asing lagi, karena keping kedua ini menghimpun nama-nama musisi dari dekade 90-an hingga sekarang. Tidak heran jika sebagai sebuah kompilasi hits, maka keping kedua ini akan terdengar jauh lebih accessible bagi kuping pendengar masa kini.

Berbagai nama besar dengan sejumlah hits klasik memenuhi keping kedua, sebut saja epik pop-rock milik Meat Loaf, I’d Do Anything For Love (But I Won’t Do That), The Drugs Won’t Work milik The Verve, Wannabe-nya Spice Girls hingga Boombastic dari Shaggy yang dulu pernah menghebohkan tahun 90-an.

Memasuki pertengahan, album diisi oleh banyak musisi- musisi masa kini yang tengah naik daun, sebut saja deadmau5, David Guetta, Emeli Sandé, Swedish House Mafia, Bastille hingga band synth-pop yang tengah naik daun, CHVRCHES. Mereka hadir dengan lagu-lagu yang dianggap merupakan lagu yang melekat dengan nama mereka, seperti Titanium, Don’t You Worry Child, atau Next to Me.

Tapi keping kedua ini juga dapat menjadi bukti jika Virgin Records juga berani menampilkan nama-nama musisi yang meski tidak terlalu high profile akan tetapi memiliki musik yang tidak kalah bagus, seperti Laura Marling dengan Ghosts, atau Walking Wounded dari Everything But the Girls. Di dekade-dekade ini Virgin Records tampaknya berani menampilkan berbagai subgenre musik yang lebih luas sebagai bagian dari katalog musik mereka.

Keping ketiga hadir dengan materi yang jauh lebih sedikit, yaitu hanya 6 buah lagu saja, sehingga bisalah kita sebutkan sebagai bonus track dari album ini. Apalagi ada beberapa nama yang kembali hadir setelah sebelumnya menyumbangkan lagu di keping yang lain.

KT Tunstall, Bastille dan The Kooks hadir kembali dengan lagu-lagu yang mungkin relatif kurang dikenal, akan tetapi tidak kalah menariknya. Keping 3 juga tidak melewatkan musisi eklektik lain seperti Corinne Bailey Rae, Ella Eyre, dan Josh Record. Apakah ini merupakan pernyataan politis Virgin Records jika mereka lebih memilih musisi dengan selera artistik yang lebih idealistik ketimbang mengejar sensasi pop belaka?

Akan tetapi, terlepas dari itu, Virgin Records: 40 Years of Disruptions, merupakan album yang sangat istimewa. 46 buah lagu dari 40 tahun tentunya merupakan sebuah koleksi istimewa yang sulit untuk dilewatkan. Ia bukan saja merupakan sebuah album kompilasi hits single akan tetapi juga sebuah catatan sejarah. Sebuah representasi dari perjalanan karir panjang salah satu perusahaan musik penting di dunia, Virgin Records.

Jika kebanyakan nama musisi yang terdapat dalam album ini berasal dari tanah Inggris, tentunya bukan hal yang aneh mengingat Virgin Records memang dibentuk di Inggris. Sebuah memento atau memorabilia tentang khazanah musik Inggris yang variatif dan berkelas. Yap. Virgin Records: 40 Years of Disruptions merupakan sebuah album kompilasi yang variatif dan pastinya berkelas. Sungguh sayang untuk dilewatkan.

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
DISC 1
1. Tubular Bells (Opening Theme) – Mike Oldfield 3:17
2. God Save the Queen – Sex Pistols 3:19
3. In the Air Tonight – Phil Collins 5:26
4. Don’t You Want Me – The Human League 3:57
5. Senses Working Overtime – XTC 4:33
6. Buffalo Gals – Malcolm McLaren 3:41
7. Temptation – Heaven 17 3:33
8. Red Red Wine – UB40 3:02
9. Do You Really Want To Hurt Me – Culture Club 4:22
10. Mama – Genesis 6:51
11. Together In Electric Dreams – Philip Oakey & Giorgio Moroder 3:50
12. Don’t You (Forget About Me) – Simple Minds 4:20
13. I Put a Spell On You – Bryan Ferry 3:55
14. China In Your Hand – T’Pau 3:59
15. Good Life – Inner City 3:56
16. Buffalo Stance – Neneh Cherry 4:06
17. Back To Life (However Do You Want Me) [feat. Caron Wheeler] – Soul II Soul 3:47
18. Unfinished Sympathy – Massive Attack 5:13
19. Sadeness, Pt. I – Enigma 4:16

DISC 2
1. I’d Do Anything For Love (But I Won’t Do That) – Meat Loaf 5:24
2. Baby Come Back – Pato Banton, The Reggae Revolution & Ali & Robin Campbell 3:51
3. Boombastic – Shaggy 3:51
4. Walking Wounded – Everything But the Girl 4:01
5. Wannabe – Spice Girls 2:52
6. Block Rockin’ Beats – The Chemical Brothers 3:24
7. Around the World – Daft Punk 4:00
8. Sexy Boy – Air 3:51
9. Bitter Sweet Symphony – The Verve 5:58
10. Black Horse and the Cherry Tree – KT Tunstall 2:51
11. Fly Away – Lenny Kravitz 3:42
12. Naive – The Kooks 3:25
13. Ghosts – Laura Marling 3:01
14. Ghosts ‘n’ Stuff (feat. Rob Swire) – deadmau5 3:11
15. Titanium (feat. Sia) – David Guetta 4:06
16. Read All About It (feat. Emeli Sandé) – Professor Green 3:55
17. Don’t You Worry Child (feat. John Martin) – Swedish House Mafia 3:32
18. Next To Me – Emeli Sandé 3:15
19. Pompeii – Bastille 3:36
20. La La La (feat. Sam Smith) – Naughty Boy 3:40
21. Gun – CHVRCHES 3:52

DISC 3
1. (I Just) Died In Your Arms – Bastille 3:20
2. Sledgehammer – KT Tunstall 4:24
3. Jealous Guy – Corinne Bailey Rae 4:53
4. Teardrop – The Kooks 4:01
5. We Don’t Have To Take Our Clothes Off – Ella Eyre 3:51
6. Only You – Josh Record 2:31

Related posts

Leave a Reply