Trending News

Blog Post

Music Newz Bites – 30 Jan
Music News

Music Newz Bites – 30 Jan 

Helatan Grammy Awards ke 56 baru saja usai digelar 3 hari yang lalu ternyata masih menyisakan gaungnya, terbukti dengan meroketnya sales and online streaming dari lagu dan album musisi peraih Grammy. Tiga Grammy Awards yang diraih oleh duo Robot asal Prancis, Daft Punk, berhasil membuat jumlah pendengar mereka melonjak hingga 200 persen di Spotify. Sementara itu single “Get Lucky” menduduki jajaran 5 single teratas dalam daftar penjualan Shazam’s Music Store. Tidak sampai disitu, penjualan album mereka Random Access Memories yang semula berada di posisi ke 51 melambung ke posisi 3 di Amazon. Penjualan single “Royals” dan album Pure Heroine milik gadis 17 tahun asal Selandia Baru, Lorde berhasil menduduki posisi pertama di Amazon. Pada posisi kedua di daftar penjualan Amazon diduduki oleh album Same Trailer Different Park milik penyanyi country pendatang baru, Kacey Musgraves yang semula berada di posisi ke 20. Berkah Grammy Awards ini tidak hanya dirasakan 3 musisi diatas, tapi juga dirasakan oleh semua peraih Grammy dan pengisi acara pesta musik termegah di dunia tersebut.

Tampaknya Gaung dari helatan Grammy Awards ke 56 tidak hanya sebatas di dunia musik. Gaung ini juga dirasakan di dunia akademis, setelah sebelumnya artis jazz Herbie Hancock ditunjuk menjadi pengajar musik di Harvard University. Kali ini giliran Beyonce, kehadirannya di dunia akademis bukan sebagai pengajar tetapi menjadi sebuah mata kuliah di Rutgers University. Mata kuliah ini menyoroti single “Drunk in Love” milik Beyonce baik dari segi video klip maupun lirik serta pengaruhnya terhadap pergerakan kaum feminis kulit hitam. Kevin Allerd sebagai pengajar menjelaskan alasan pemilihan single milik Beyonce ini, “While other artists are simply releasing music, she’s creating a grand narrative around her life, her career, and her persona. Within that framework, the course will encourage students to be critical consumers. It’s important to shift students away from simply being consumers of media toward thinking more critically about what they’re engaging on a regular basis”.

Masih seputar Grammy Awards ke 56, kali ini tentang Macklemore dan Ryan Lewis yang meraih Grammy untuk kategori Best Rap Album. Dalam kategori ini, duo “Thrift Shop” mengalahkan Kendrick Lamar, Drake, Kanye West, and Jay-Z. Setelah Grammy berakhir, twitter dibanjiri oleh komentar dari fans Lamar yang marah karena mereka merasa Lamar lah yang berhak meraih Grammy untuk kategori Best Rap Album. Menganggapi ini, Macklemore mengirim sebuah pesan singkat kepada Lamar yang menyatakan penyesalannya bahwa Lamar lah yang pantas menang dan ia tidak sempat untuk mengucapkan hal tersebut saat memberikan speech karena terpotong oleh musik yang membatasi durasi speech di panggung. Lamar merespon hal ini dengan berkomentar “It’s well deserved; he did what he did, man… He went out there and hustled and grinded. Everything happens for a reason; the universe comes back around, that’s how it go”.

Sebuah label rekaman asal London, Chess Club Records yang didirikan pada tahun 2007 telah merilis beberapa single terbaik dari beberapa musisi seperti MS MR, Wolf Alice dan Jungle. Pada tahun 2013 Chess Club Records telah merilis album dari Swim Deep and Post War Years serta dalam waktu dekat label ini akan merilis album pertama dari MØ. Chess Club Records yang menaungi Mumford & Sons, White Lies, Local Native dan band Inggris lain akan merilis album kompilasi pertamanya. Album ini diberi judul “Chess Club Volume1” dan dirilis pada tanggal 3 Maret 2014,
Berikut adalah tracklist dari album “Chess Club Volume1” :
Jay Jay Pistolet – ‘We Are Free’
Mumford & Sons – ‘Roll Away Your Stone’
Chief – ‘Might Proud’
Cherbourg – ‘Never Love Again’
The Middle East – ‘Blood’
James Yuill – ‘No Surprise’
Wave Machines – ‘I Go I Go I Go’
Post War Years – ‘All Eyes’
Kyla La Grange – ‘Vampire Smile’
White Lies – ‘Unfinished Business’
Exlovers – ‘Just A Silhouette’
Chet Faker – ‘Terms & Conditions’
Jungle – ‘Platoon’
Ms Mr – ‘Hurricane’
Mø – ‘Pilgrim’
Baby Strange – ‘Friend’
Local Natives – ‘Sun Hands’
Grouplove – ‘Colours’
Wolf Alice – ‘Bros’
Swim Deep – ‘King City’

Pentolan dari grup band asal Inggris, Blur, Damon Albarn secara resmi telah merilis single keduanya yang berjudul “Heavy Seas Of Love”. Single ini adalah track terakhir dari album solonya yang berjudul Everyday Robots. Sebuah footage yang berisikan penampilan Albarn ketika membawakan lagu barunya yang berjudul “Lonely Press Play” ditampilkan di Sundance Film Festival yang diselenggarakan di Utah awal minggu lalu. Tampaknya dalam waktu dekat Albarn masih akan disibukkan dengan proyek solonya ini, karena ia akan tampil pada Inagurasi BBC Radio 6 Music Festival yang diselenggarakan pada tanggal 28 Februari sampai 1 Maret 2014 di Victoria Warehouse, Manchester. Acara ini juga menampilkan musisi Inggris lainnya seperti Haim, Metronomy, Drenge dan James Blake.

Valentine tahun ini akan dihiasi oleh sebuah film daram romantis berjudul Endless Love. Film ini dibintangi oleh Alex Pettyfer dan Gabriella Wilde sebagai pemeran utama. Bagian menarik dari film ini adalah Original Soundtrack yang akan diisi oleh Cults, Franz Ferdinand, Tegan and Sara dan Tallest Man On Earth. Film ini rencananya akan dirilis oleh Warner Bros pada tanggal 11 Februari 2014.

Academy of Country Music Awards kali ini didominasi oleh Miranda Lambert dan Tim McGraw yang meraih 7 nominasi, disusul oleh salah satu juri American Idol, Keith Urban dengan 6 nominasi. Sementara itu Taylor Swift dan Kacey Musgraves yang meraih dua Grammy sama – sama memperoleh 5 nominasi. Ajang penghargaan musik country ini akan dilaksanakan pada tanggal 6 April 2014 di Las Vegas MGM Grand Garden Arena, Amerika Serikat. Khusus untuk kategori Entertainer of The Year dan The New Artist of The Year pemenangnya ditentukan oleh ACM Professional voting, kemudian dikombinasikan dengan voting dari para fans melalui the Great American Country fan vote at GACtv.com, hasil dari dua cara voting inilah yang kemudian akan menentukan siapa yang keluar sebagai pemenang.

Majalah Seventeen baru saja merilis “Most Powerful Girls 21 & Under” di Hollywood. Selena Gomez memuncaki daftar ini, disusul Demi Lovato dan Miley Cyrus. Beberapa nama yang juga masuk dalam daftar 17 ini ada Lorde, Ariana Grande, dan Bridgit Mendler. So we better watch out for this girl power in upcoming years!

*semua informasi di atas dikompilasi dari berbagai sumber
(Sarca Putera AB / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply