Trending News

Blog Post

Album of the Day: Billie Joe Armstrong & Norah Jones – Foreverly
Album of The Day

Album of the Day: Billie Joe Armstrong & Norah Jones – Foreverly 

Released by: Warner Music Indonesia

Apa jadinya jika pentolan band punk Green Day, Billie Joe Armstrong berpindah haluan dengan menyanyikan lagu-lagu country-folk-pop klasik? Tapi ia tidak sendirian, karena ada penyanyi jazz/country kawakan, Norah Jones yang menemaninya. Maka hadirlah album Foreverly yang merupakan reinterprestasi album klasik milik The Everly Brothers, Songs Our Daddy Taught Us.

Songs Our Daddy Taught Us merupaka album kedua The Everly Brothers yang dirilis pada tahun 1958 dan berisi lagu-lagu bercorak country folk, baik lagu-lagu folk tradisional yang ditulis oleh n.n., maupun beberapa track baru. Album tersebut mendapat pujian dari beberapa ulasan dan mungkin masih merupakan salah satu rilisan klasik yang masih didengar saat ini.

Album tersebut juga merupakan kumpulan beberapa lagu mendayu yang sentimentil dan pastinya sangat mengandalkan cara bernyanyi yang tak kalah mendayu. Oleh karenanya cukup mengejutkan jika Billie Joe Armstrong memilih untuk menyanyi ulang lagu-lagu yang terdapat dalam album tersebut, terlebih lagi mengajak Norah Jones untuk membantunya.

Country bukanlah sesuatu yang asing bagi Jones, sehingga rasanya kita tidak perlu meragukan kemampuannya menyanyikan lagu-lagu seperti ini? Bagaimana dengan Armstrong? Ternyata Armstrong sukses menyingkirkan imej rockernya dan bertransformasi dengan cukup baik sebagai musisi “retro”.

Yang istimewa karena ternyata vokal Armstrong yang biasa kita dengar gahar ternyata bisa juga mengalub lembut dan penuh perasaan, jika tidak mau disebut sentimentil. Sementara itu Jones hadir lebih banyak sebagai latar bagi vokal Armstrong yang mendominasi, meski ia masih diberi ruang untuk memberi sedikit dinamika dalam vokalnya ketimbang tampil monoton. Juga pada track seperti I’m Here to Get My Baby Out of Jail, Jones pun (akhirnya) ditampikan sebagai lead vocal.

Sebenarnya pilihan Armstrong dan Jones untuk menyanyikan ulang lagu-lagu dalam Songs Our Daddy Taught Us menjadi Foreverly cukup rasional, mengingat dulu The Everly Brothers juga dianggap melawan ciri khas pop-rock mereka dengan menyanyikan lagu-lagu yang dulu biasa mereka nyanyikan saat kecil.

Mungkin baik bagi The Everly Brothers dan duet Armstrong dan Jones, lagu-lagu country-folk ini tidak hanya sebagai reka ulang memori dan nostalgia akan tetapi juga sebuah tantangan bagi idealisme bermusik mereka.

Secara umum, lagu-lagu dalam Foreverly tidak mengalami perubahan aransemen yang berarti. Pada beberapa bagian kita memang masih bisa merasakan sentuhan kontemporer, namun sebagian besar lagu terdengar sangat “klasik”, meski kini sound-nya terdengar lebih jernih dan bersih.

Menghadirkan vokal pria dan wanita, ketimbang pria dan pria seperti materi aslinya, memang memberi pembeda yang cukup siginifikan, akan tetapi Armstrong cukup tepat memilih Jones untuk membantunya, karena Jones memiliki teknik yang baik dalam menghadirkan cengkok country dan menjadi tandem sekaligus pemandu bagi Armstrong yang terbiasa tampil gahar.

Secara umum Foreverly masih mempertahankan atmosfir versi aslinya. Tidak banyak yang berubah. Lagu-lagu yang mengandalkan harmonisasi, baik dari segi instrumen maupun vokal, dengan penekanan pada akustik. Dan ya, Armstrong dan Jones rasanya cukup berhasil menjalankan misinya. Terutama Armstrong yang bertransformasi seolah-olah menjadi penyanyi country yang telah kenyang makan asam garam di skena ini.

Sebuah album istimewa, yang mungkin tidak untuk semua orang, akan tetapi masih cukup layak untuk dinikmati.

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Roving Gambler” 4:08
2. “Long Time Gone” 3:28
3. “Lightning Express” 5:00
4. “Silver Haired Daddy of Mine” 3:15
5. “Down in the Willow Garden” 4:32
6. “Who’s Gonna Shoe Your Pretty Little Feet?” 2:56
7. “Oh So Many Years” 3:03
8. “Barbara Allen” 4:48
9. “Rockin’ Alone (In an Old Rockin’ Chair)” 3:00
10. “I’m Here to Get My Baby Out of Jail” 4:19
11. “Kentucky” 3:26
12. “Put My Little Shoes Away” 3:28

Related posts

Leave a Reply