Trending News

Blog Post

Album of the Day: Glee Cast – Glee Sings The Beatles
Album of The Day

Album of the Day: Glee Cast – Glee Sings The Beatles 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Dari Madonna, Journey, juga Britney. Glee Cast meramu keunikan mereka untuk membawakan lagu-lagu dari para legenda musik dunia. Kini giliran The Beatles yang dibuatkan album tribute istimewa a la Glee. Dua episode perdana di musim 5 mengambil inspirasi dari super pop group ini, dan album soundtrack “Glee Sings The Beatles” adalah rangkuman klasik dari icon musik pop tersebut yang diracik untuk mengilhami kisah para karakter di drama musikal ini.

Tirai dibuka dengan penampilan Rachel Berry membawakan lagu ‘Yesterday’. Bukan moment yang triumphant baginya, karena lagu ini dibawakaan sesaat setelah kegagalan kasting untuk drama Broadway. Tapi tetap menyajikan highlight kualitas vokal kelas atas yang ia miliki.

Kembali, Ryan Murphy menanggungjawabi pemilihan lagu yang dibawakan oleh pemain cerita. Paruh pertama diambil dari awal karir Beatles, dan berikutnya adalah menjelang akhir masa mereka. Tak ada kekhawatiran dengan hal tersebut, namun jika disandingkan dengan cerita, maka kesan “maksa” pun muncul. Romansa Artie Abrams dan Kitty Wilde contohnya. Love twist dalam serial dengan angka season 5 merupakan propaganda yang membosankan. ‘Drive My Car’ yang duo ini bawakan berikut ‘You’ve Got To Hide Your Love Away’ menjadi kesan malas untuk menikmati kisah cinta di Glee. Lebih menarik menyaksikan kelanjutan kisah Kurt Hummel dan Blaine Anderson yang ternyata nyambung kembali di awal season. ‘Got To Get You Into My Life’ dijadikan lagu pasangan ini, dengan musik latar marching band yang semarak.

Saya sebelumnya tak menyadari bahwa di awal kemunculannya, Lenon-McCartney begitu banyak menulis syair mengenai cinta. Dua lagu lain yang memamerkan karya klasik mereka adalah ‘I Saw Her Standing There’ dan ‘All You Need Is Love’ adalah terjemahan seni atas olahan inspirasi cinta. Cowok-cowok New Directions bahkan melakukan perwujudan layaknya idola saat membawakan ‘I Saw Her’. Sesuatu yang tak’kan pernah bisa dicapai oleh penampil cewek, meskipun histeria yang nyaris setingkat berhasil dicapai oleh Rachel dan Santana Lopes untuk lagu ‘A Hard Day’s Night’.

Paruh kedua memiliki dimensi lain saat penggagas cerita membuat episode khusus untuk salah satu member original New Directions, Tina Cohen Chang. Sayangnya, deklarasi yang ia buat dengan ‘Revolution’ tak lulus pilih untuk dimasukkan ke dalam film. She maybe the queen on TV screen, but not on this album. Kurt dan Rachel yang justru melakukan reuni duet untuk ‘Get Back’, sementara Santana hendak membuat memori baru dengan karakter yang menjadi pasangan barunya, Dani (diperankan oleh Demi Lovato) di lagu ‘Here Comes The Sun’. Tina justru mendapat moment-nya saat teman-teman tim paduan suaranya membawakan ‘Hey Jude’ untuknya, tak lama setelah public humiliation yang menimpanya di pesta prom.

Tebalnya buku lagu The Beatles tak menyulitkan bagi Ryan untuk mencari-cari lagu yang pas dalam cerita (atau justru lagu yang menyetir jalan cerita). ‘I Wanna Hold Your Hands’ ataupun ‘Imagine’ yang sudah terlebih dahulu ditampilkantak membuat cemas atas hilangnya pesona hits dari album ini. Masih ada ‘Something’ yang tak kalah memorable, dan juga ‘Let It Be’ yang popularitasnya nomor wahid.

Dengan menggemanya ‘Let It Be’, maka tirai untuk “Glee Sings The Beatles” pun turun menutup panggung. Pagelaran yang apik dari dua icon musik genrasi berbeda mencoba menciptakan sejarah baru. Akan sangat ironis bagi The Beatles jika seandainya lagu-lagu yang Glee Cast bawakan dalam album ini bisa menembus chart Billboard Hot 100 dan menambah koleksi prestasi mereka disana, karena Glee telah melampaui perolehan jumlah lagu terbanyak yang Beatles punya. Tapi itu tak terjadi, karena 14 lagu dalam album ini tidak dijual terpisah. Mereka merupakan satu kesatuan album.

Official website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Yesterday” 2:33
2. “Drive My Car” 2:32
3. “Got to Get You into My Life” 2:29
4. “You’ve Got to Hide Your Love Away” 2:43
5. “Help” 2:18
6. “A Hard Day’s Night” 2:27
7. “I Saw Her Standing There” 2:40
8. “All You Need Is Love” 3:16
9. “Get Back” 2:26
10. “Here Comes the Sun” (featuring Demi Lovato (George Harrison)) 3:00
11. “Something” (Harrison) 3:01
12. “Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band” 1:54
13. “Hey Jude” 4:51
14. “Let It Be” 4:03

Related posts

Leave a Reply