Trending News

Blog Post

Album of the Day: Justin Bieber – Journals
Album of The Day

Album of the Day: Justin Bieber – Journals 

Released by: Universal Music Indonesia

Album ini hanya tersedia secara digital di iTunes, tidak dirilis secara CD fisik!

Memanjakan fans, itulah yang selalu diupayakan oleh Justin Bieber. Ia, pemegang fans yang bukan hanya menang di kuantitas, tapi juga kualitas menunjukkan rasa terima kasihnya kepada penggemar dengan jalan memanjakan mereka. Di awal Oktober 2013, Bieber memulai perjalanan #MusicMondays yang ia rencanakan sebagai proyek sampingan untuk film keduanya, “Believe”. Setelah melengkapi 10 pemberhentian, #MusicMondays kemudian dikumpulkan dalam sebuah rangkuman berjudul “Journals” yang dirilis sebelum Natal. Dibantu oleh Rodney Jerkins sebagai produser, album ini membuka besar pintu kedatangan Bieber di terminal R&B.

Bieber menggali kemampuan seninya dalam album ini. Ia juga memberanikan diri untuk berkolaborasi dengan beberapa pemain baru, juga dengan nama-nama yang sudah berpengalaman. Maejor Ali dipercaya untuk menggawangi ‘Heartbreaker’, starter dari album ini. Lebih dari sekedar good job, keduanya sudah membawa best of both worlds di lagu ini. Setelah membuat dunia geger dengan penampilan pertama tadi, Bieber terus menggeber pendengar dengan hal-hal personal yang tertuang dari lagu ke lagu. ‘All That Matters’, ‘Hold Tight’, dan ‘Recovery’ menjadi curhatan, impian, dan juga pengalaman bintang muda ini. Nama DK The Punisher, Poo Bear, dan The Audibles bahu-membahu mendukung pergerakan Bieber di ranah R&B.

Saya sempat curiga bahwa perilaku negatif Bieber yang belakangan terjadi terkait dengan penggalian potensi seni dalam dirinya. Entah kebetulan saja, atau memang kesengajaan kalau ‘All Bad’ tersebut bisa dianggap sebagai ‘Bad Day’. Satu fase dalam hidup yang tak bisa dihindari, tapi harus dijalani. Tapi itu tampak tidak matching dengan kesan kedewasaan yang muncul di album ini. Bieber tak lagi seceria ‘Baby’ ataupun ‘Beauty And A Beat’, ia lebih kalem dalam bermusik. Tempo tercepat yang bisa didapat adalah ‘Roller Coaster’. Itu pun masih kalah kencang dibanding lebih dari separuh karya Bieber sebelumnya.

Kesan cool, calm, and collected di album ini justru menimbulkan kritik bahwa peracikannya masih kurang matang. Padahal, dilihat dari programnya, setidaknya album ini menyedot perhatian penuh dengan perencanaan yang membutuhkan waktu. Thank God, kehadiran guest performer di beberapa track membantu mewujudkan dinamika dalam album. R. Kelly muncul dalam ‘PYD’, Chance The Rapper mendukung ‘Confident’, serta Lil Wayne, Future, dan Big Sean masing-masing mampir dalam ‘Backpack’, ‘What’s Hatnin”, dan ‘Memphis’. Jika tidak ada mereka, mungkin pendengar akan tertidur pulas karena bosan sebelum album berakhir.

Mungkin saya adalah satu dari sekian banyak fans Bieber yang belum siap dengan kedewasaan bermusiknya. Senikmat-nikmatnya lagu ‘Change Me’, ‘One Life’, ataupun ‘Swap It Out’, masih kalah asyik dengan ‘As Long As You Love Me’, ‘Boyfriend’, ataupun ‘Eenie Meenie’. Saya menganggap album ini sebagai tantangan bagi para penggemar untuk menguji kesetiaan mereka kepada Bieber. Apakah masih lanjut untuk memujanya, atau pindah haluan dan mencari idola baru.

PS
Album Journals milik Justin Bieber ini tidak dirilis secara fisik, melainkan hanya diedarkan dalam bentuk digital.

Official website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Heartbreaker” 4:22
2. “All That Matters” 3:11
3. “Hold Tight” 4:14
4. “Recovery” 3:02
5. “Bad Day” 2:25
6. “All Bad” 3:02
7. “PYD” (featuring R. Kelly)5:17
8. “Roller Coaster” 3:20
9. “Change Me” 2:47
10. “Confident” (featuring Chance the Rapper) 4:08
11. “One Life” 4:02
12. “Backpack” (featuring Lil Wayne) 4:11
13. “What’s Hatnin'” (featuring Future) 3:28
14. “Swap It Out” 4:01
15. “Memphis” (featuring Big Sean) 3:44

Related posts

Leave a Reply