Trending News

Blog Post

Album of the Day: Simple Plan – Get Your Heart On – The Second Coming
Album of The Day

Album of the Day: Simple Plan – Get Your Heart On – The Second Coming 

Released by: Warner Music Indonesia

Kita tidak tahu pasti berapa jumlah lagu yang harus dipersiapkan untuk membuat sebuah album studio. Yang pasti, untuk saat sekarang ini, apabila sebuah album studio berhasil dirilis, ia cenderung menampilkan selusin lagu dalam edisi standar, 3-5 lagu tambahan untuk edisi deluxe (termasuk track yang dibawakan secara live, akustik, maupun remix). Dalam tahap pilah pilih lagu, produser eksekutif album yang punya visi kuat mengenai konsep musik di album terpaksa menyisihkan mereka yang kurang memegang benang merah sehingga harus tersingkir sebagai track previously unreleased maupun digunakan sebagai b-side atau diserahkan ke produser album soundtrack untuk diikutsertakan dalam proyek musik untuk film mereka.

Dari proses tersebut, lahir sebuah album studio. Dan yang menjadi sisanya, tidak mau dibuang percuma oleh Simple Plan. Untuk itu, mereka merilis “Get Your Heart On – The Second Coming” sebagai versi tambahan dari album studio terakhir mereka. Tujuh lagu yang tersedia adalah lagu-lagu tereliminasi dalam pembentukan “Get Your Heart On”, membentuk durasi kurang dari setengah jam dalam EP ini.

Pendengar dapat merasakan vibe ‘Jet Lag’ saat ‘Ordinary Life’ terdengar. Kedua lagu terasa saling mempengaruhi, memiliki kemiripan seperti kakak adik. Tapi hal tersebut juga lahir atas kuatnya corak musik yang Simple Plan punya. Arahan musik yang justru agak jauh melenceng dari image band, namun punya kualitas komersil yang sangat kuat adalah ‘The Rest Of Us’. Simple Plan punya banyak lagu yang bisa dibawa untuk ber-hip hip hura, tapi untuk yang satu ini, ia lebih dancey dari biasa.

Bagi yang haus akan hook, ‘Outta My System’ bisa menyembuhkan dahaga tersebut. Lagu ini menampilkan vokal Pierre dalam tuntutan keras untuk commanding di bagian chorus. Dinamika terjadi saat album menampilkan track selanjutnya, ‘Fire In My Heart’. Meskipun masih memiliki tempo yang tergolong up, namun ia tak segembira ria track-track sebelumnya. Kuatnya pengaruh akustik di lagu ini membedakannya untuk tampil sebagai track easy listening pertama dalam album.

Setelahnya, drama berlangsung dalam track berjudul ‘In’. Lagu kompleks ini menampilkan intro yang sangat kelam, kemudian tampil kontras dengan refrain yang pamer kegarangan. Ia diikuti dengan lagu akustik penuh, ‘Lucky One’. Disini, pendengar baru dimanjakan dengan totalitas easy listening. Tidak ada kejutan, tidak ada hentakan. Seutuhnya slow down. Album pun ditutup dengan gairah yang tidak mengendor, ‘Try’. Sekali dengar, lagu ini bisa langsung menjadi favorit. Ia adalah tipikal lagu yang enak untuk dibawa sing-along. Tujuh adalah takaran Simple Plan yang pas dalam sehari. Kita mungkin tak’kan pernah mendengar satu lagupun dari labum ini di radio, tapi kita bisa puas mendengarnya dengan mengoleksi CD fisiknya! It’s worth it.

Official website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Ordinary Life” 3:24
2. “The Rest of Us” 3:13
3. “Outta My System” 3:25
4. “Fire in My Heart” 3:26
5. “In” 3:42
6. “Lucky One” 3:50
7. “Try” 3:25

Related posts

Leave a Reply