Trending News

Blog Post

Album of the Day: Yuna – Nocturnal
Album of The Day

Album of the Day: Yuna – Nocturnal 

Released by: Universal Music Indonesia

Yunalis Mat Zara’ai atau yang lebih umum dikenal dengan Yuna, biasa kita kenal dengan lagu-lagu indie-pop-folknya, terutama dari album-album lokal atau Malaysia-nya. Saat ia membidani album internasional, corak musiknya mulai bergeser menuju ranah yang lebih pop. Akan tetapi syukurlah ia tidak pernah kehilangan eklektisme bermusiknya, termasuk dalam album internasionalnya, termasuk yang kedua ini, Nocturnal.

Yuna semakin matang saja. Kalau tidak percaya, simak saja Falling yang merupakan lagu pembuka album bisa menjadi pembuktiannya. Yuna bernyanyi dengan lirih namun menggoda, sementara musik latar bermain dengan penuh warna.

Andalan umum Nocturnal adalah lagu-lagu dengan irama yang ritmis, sementara Yuna bernyanyi dengan cantik. Yang patut dipuji adalah pilihan lagu yang meski terdengar catchy namun memiliki kandungan yang kompleks. Dengarkan saja track kedua Mountains. Jika saja beat berderap dipinggirkan, ini akan menjadi sebuah lagu lirih yang penuh perasaan. Tapi di tengah riuhnya, lagunya masih terdengar sendu. Inilah kelebihan Yuna.

Nocturnal juga mengizinkan Yuna untuk bermain-main dengan konsep yang lebih pop dalam konteks yang kekinian. Sebutlah Someone Who Can yang awalnya dibuka dengan gitar, yang mengindikasikan seolah-olah sebuah nomor folk, sampai drum machine mulai mengambil alih dan lagu berubah menjadi sebuah pop-dance dengan sedikit pengaruh EDM.

Sementara itu dalam I Want You Back mengembalikan Yuna dengan jazz-tune yang juga biasa dibawakannya. Dibalur dengan RnB, I Want You Back terdengar begitu menggoda untuk disimak. Dalam I Wanna Go, ia menawarkan kembali suaranya yang renyah merdu menggoda dan dibalut pop-folk-indie yang segar. Simak saja I Wanna Go ini yang dengan berani dipadukan dengan synth-pop dan new-wave ringan oleh Yuna. Hasilnya Tentu saja tidak mengecewakan. Meski cukup kompleks namun uniknya I Wanna Go tetap terdengar sangat ringan untuk disimak.

Yang menjadi perhatian lebih adalah dimana Yuna dalam Nocturnal tertarik untuk mengeksplorasi semangat world music, sehingga hadirlah lagu-lagu seperti Rescue atau Come Back, yang mengandalkan beat-beat pentatonis yang berderap dengan harmonis, meskipun terdengar monoton. Kelebihan Yuna adalah dia dengan tangkas memanfaatkan materi-materi klisenya untuk direproduksi menjadi sesuatu yang terdengar segar.

Secara umum, Nocturnal memang dikemas dengan lebih nge-pop, akan tetapi Yuna sukses mengusung indie-pop matang yang dipadu dengan aransemen yang menarik serta notasi yang cantik. Meski dipenuhi dengan lagu cukup kompleks namun uniknya Nocturnal terdengar sangat ringan untuk disantap.

Nocturnal bisa disebutkan juga dibagi dalam dua tema saja, yaitu Yuna dalam versi eklektik, yang memadukan antara beat-beat cepat dengan elemen-elemen folknya, dan Yuna dalam versi subtil, dimana lagu-lagu lembut, baik balada maupun tidak, yang terdengar begitu menyentuh dan dinyanyikan dengan penuh perasaan.

Namun, apa pun jenis yang dibawakan Yuna di album Nocturnal ini, setiap lagu terdengar begitu rapi dalam segi desain produksi, aransamen yang kaya, melodi yang tidak pernah terdengar sama, kompleks dan vokal yang terjaga rapi. Meski begitu, Nocturnal tetap terdengar sederhana dan gampang dicerna. Setiap lagu memiliki kekuatan tersendiri sehingga satu sama lain menjalin menjadi sebuah pilar bagi Nocturnal untuk dapat terdengar begitu istimewa.

Official website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Falling 4:06
2. Mountains 4:11
3. Rescue 3:46
4. Lights And Camera 3:34
5. Lovely Intermission 3:55
6. Someone Who Can 3:47
7. I Want You Back 3:32
8. Come Back 3:27
9. Colors 3:39
10. I Wanna Go 3:42
11. Escape 3:50

Related posts

Leave a Reply