Trending News

Blog Post

Album of the Day: Kacey Musgraves – Same Trailer, Different Park
Album of The Day

Album of the Day: Kacey Musgraves – Same Trailer, Different Park 

It’s in your blood bukanlah sekedar frase tanpa makna. Ada kekuatan di dalamnya yang sangat besar untuk membantu mewujudkan impian, menggapai harapan, maupun menciptakan sebuah peluang. Kacey Musgraves menguasai frase tersebut. Jauh sebelum ia berkompetisi di Nashville Star, ia telah mengeluarkan tiga album indie yang mengasah kemampuannya untuk berkarya. Selanjutnya, ia berhasil menarik minat label rekaman besar, Mercury Nashville untuk menjual musiknya di areal yang lebih luas dari sebelumnya. “same Trailer Different Park” adalah hasil pertama dari kerjasama itu. Berisi selusin lagu yang kesemuanya melibatkan Kacey dalam perancangannya, dibantu oleh Shane McAnaly, Brandy Clark, hingga Luke Laird. Her last three albums really paid off for the consistence of this record.

Tiga track pertama mengeset image pada Kacey. ‘Silver Lining’, ‘My House’, dan ‘Merry Go ‘Round’, ketiganya hadir dalam tempo menengah. Merapatkan Kacey pada musik olahan Dixie Chicks dan Martina McBride, tapi minus big vocal. Ia tidak menguasai hal tersebut, atau memang tidak memilikinya. Mau tak mau, album ini harus terkurung pada konsepsi serupa: kesantunan musik tanpa firey moments. Syukurnya, album ini menemukan moment lain yang bisa ia banggakan. Setelah resmi dinobatkan sebagai Best Country Album dalam Grammy tahun ini, diketahuilah bahwa konsistensi mengalahkan dinamika. Plus, ‘Merry Go ‘Round’ yang keluar sebagai Best Counry Song semakin menambah alasan pada kualitas musik yang Kacey ciptakan.

Konsekuensi lain dari hal tersebut adalah ia berhasil memenangkan race melawan vokalis wanita lain yang tengah mendominasi dunia country: The sassy Miranda Lambert and The Powerhouse Vocalist Carrie Underwood. Ia menawarkan lain dari kedua nama tersebut, sehingga dengan gampangnya mencuri perhatian. ‘Blowin’ Smoke’ adalah lagu yang demanding. Musik yang menggertak plus lirik yang berani sedikitpun tak mempan membuat Kacey berlaku fierce dengan vokalnya. Ia konsisten membawakan lagu ini dengan gaya santai, yang justru menjadi degradasi terhadap nilai yang lagu ini coba kedepankan.

‘I Miss You’, ‘Back On The Map’, dan ‘Follow Your Arrow’ hadir tanpa ekspektasi. Inilah yang ia ingin gapai: originalitas. Pendekatan yang riskan dilakukan di awal karir, namun jika berhasil akan memberikan kekuatan yang cukup untuk bertahan dalam waktu yang lama. Kesuksesan Kacey di tahap ini pasti memicu label untuk membuat namanya happening di skala yang lebih lebar. Semoga itu tidak membuatnya banyak berkompromi dengan idealisme. Karena dalam album ini sebenarnya ada potensi komersil juga, seperti ‘Keep It To Yourself’. Kini Kacey tak lagi outcast, perhatian yang tertuju padanya adalah respon yang layak atas usahanya selama ini. Dan semoga usia karir Kacey awet!

Official website

Rate the single:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Silver Lining” 3:50
2. “My House” 2:42
3. “Merry Go ‘Round” 3:28
4. “Dandelion” 3:04
5. “Blowin’ Smoke” 3:08
6. “I Miss You” 3:50
7. “Step Off” 3:03
8. “Back on the Map” 4:06
9. “Keep It to Yourself” 3:17
10. “Stupid” 2:38
11. “Follow Your Arrow” 3:21
12. “It Is What It Is” 3:46

Related posts

Leave a Reply