Trending News

Blog Post

Album of the Day: Pharrell Williams – G I R L
Album of The Day

Album of the Day: Pharrell Williams – G I R L 

Artist Highlight: Pharrell Williams

Dari “Despicable Me” ke sebuah kesuksesan global. Pharrell Williams memang raja musik mulai dari 2013 hingga kini. Lihat, bagaimana ia bisa membawa comeback Daft Punk ke puncak baru kesuksesan mereka, pun bagi Robin Thicke untuk merasakan bagaimana berada di puncak sekali lagi. Baiknya untuk Pharrell, ia menjadi produser/pencipta lagu/penampil incaran artis-artis lain. Namanya semakin “mahal” setelah memenangkan Producer of the Year, non-classical di Grammy 2014 ini. Bagaimana ia tidak ‘Happy’ coba?

Nama Pharrell sedikit pun tidak asing lagi di dunia musik. Ia adalah mastermind di N.E.R.D., berikut tim produksi The Neptunes. Kualitasnya sebagai orang di balik layar sudah dirasakan oleh All Saints, Backstreet Boys, Britney Spears, Janet, Usher, No Doubt, dan masih banyak lagi, termasuk yang paling baru, Daft Punk dan Robin Thicke itu. Sementara namanya sebagai performer sudah pernah dinikmati di tahun 2006 lalu, saat album “In My Mind” dirilis.

Sekarang saatnya berbalas budi. Untuk album terbarunya, Pharrell mengajak Kelly Osbourne, Justin Timberlake, Timbaland, Miley Cyrus, Daft Punk, JoJo, Alicia, Keys, Tori Kelly, dan Leah LaBelle untuk memeriahkan albumnya, “G I R L”. Catat nih, Maret 2014 adalah waktu yang sangat sakral buat Pharrell. Selain menantikan ‘Happy’ untuk Oscar 2014, ia juga merilis album solo kedua di Maret. Saat yang tepat untuk menobatkannya sebagai Artist Highlight, dan ber-happy ria bareng Pharrell adalah sebuah kewajiban!

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Selama satu dekade lebih, Pharrell Williams banyak wara-wari membantu musisi lainnya, baik sebagai featuring artist maupun orang dibelakang layar. Tangan dinginnya memang menjadi kepercayaan banyak artis lain guna membantu mereka. Setelah tahun 2006 ia menghadirkan album solo debut berjudul In My Mind, maka setelah jeda 8 tahun, ia menghadirkan album sophomore yang bertajuk G I R L.

Apa yang terjadi selama 8 tahun itu? Pergerakan gaya bermusik tentunya. Jika dulunya Pharrell mengusung RnB dan Hiphop sebagai tawaran utamanya, maka dalam G I R L ia cenderung menghadirkan nomor-nomor pop berbau dansa sebagai menu yang mengisi albumnya. Dan ini sudah diindikasikan dengan track pembuka yang berjudul Marilyn Monroe.

Dengan beat yang urban, Marilyn Monroe agak mengingatkan akan kreasinya saat dulu mengerjakan track-track pop dansa Britney Spears (Boys) atau Justin Timberlake (Like I Love You). Hanya saja, Marilyn Monroe hadir dengan komposisi yang lebih sederhana, meski penekanan tetap pada kosa kata dance yang seru. Kelly Osbourne menyediakan vokalnya sebagai pengisi latar.

Speaking of Justin Timberlake, sang mega bintang sekarang balik membantu Pharrell dalam track Brand New, yang masih beraroma dansa, akan tetapi dengan semangat funk yang kental. Memang, semenjak membantu Daft Punk dalam album Random Access Memories, Pharrell tampaknya sedang senang-senangnya dengan funk, sehingga album G I R L ini diwarnai dengan funk dengan cukup merata.

Bahkan dalam nomor retro-dance ala Bee Gees dalam Hunter, funk juga masih menjadi elemen yang tak luput untuk diinfusi. Bahkan ia sekali lagi mengajak Daft Punk untuk bekerjasama dalam track Gust of Wind yang bisa saja menjadi bagian dari Random Access Memories. Meski begitu, momentumnya tentu pada Happy, soundtrack film animasi Despicable Me 2, yang mengganjar dirinya dengan sebuah nominasi Oscar.

Memadukan funk dengan neo-soul, Happy menjadi perwujudan sebuah anthem pop-dansa masa kini yang tidak hanya berhasil mengantarkan semangat”kegembiraan” bagi setiap pendengarnya, juga menegaskan posisi Pharrell Williams sebagai salah satu musisi terdepan yang mampu mengkomposisi sebuah lagu pop yang berkelas dan tak pasaran.

Sebagai album pop, G I R L tentunya tidak melewatkan untuk mengajak nama panas dalam skena pop, Miley Cyrus, untuk membantunya dalam track Come Get It Bae. It’s another funk song but with some RnB twist on it. Sebelumnya Pharrell sudah membantu Miley dalam beberapa track dalam album Bangerz, sehingga tidak heran jika kerjasama ini berjalan dengan sangat mulus. Pharrell tampaknya memang ingin membalut Come Get It Bae dalam imej seorang Miley Cyrus yang sensual dan sedikit kinky sekaligus muda menggairahkan.

Dalam kolaborasinya bersama Alicia Keys, Know Who You Are, Pharrell justru mencoba mendengungkan reggae sebagai porsi utama yang dipadupadan dengan soul. Sudah pasti tidak usah diragukan kemampuan Alica Keys dalam menaklukkan lagunya. She’s simply flawless. Meski begitu, track yang bisa disebut flawless dalam album ini mungkin Lost Queen.

Tidak ada funk, hanya sebuah nomor RnB yang mengadopsi unsur tribal Afrika. Beat yang berderap, menciptakan efek dance, akan tetapi sandaran utama Lost Queen adalah pada cara Pharrell bernyanyi dan menyampaikan esensi lagunya yang memuji sosok perempuan dalam rayuan yang begitu subtil dan tidak murahan, sehingga tidak terasa ofensif. Hadirnya orkestrasi dari maestro Hans Zimmer, yang mana Pharrell membantunya dalam mengerjakan skoring film Man of Steel, memberi warna tersendiri. Belum lagi secara struktur, lagu 7:56 menit ini menyimpan kejutan dengan perubahan gaya di pertengahan. Sebuah lagu yang total baru. Simak sendiri untuk mengetahuinya.

Akhir-akhir ini Pharrell sering dikritisi karena dianggap merendahkan perempuan dalam beberapa lagu gubahannya, terutama Blurred Lines milik Robin Thicke. Apakah untuk membantah hal ini, sehingga ia menghadirkan track seperti Lost Queen atau memilih G I R L sebagai judul albumnya? Mungkin saja.

Satu yang pasti G I R L merupakan penegas jika Pharrell Williams masih sakti. Ia masih merupakan sosok terdepan, baik sebagai penyanyi, komposer atau pun konseptor. Setiap lagu dalam album ini dikerjakan dengan matang dan presisi yang pas. Terlalu pas bahkan, hingga akhirnya sulit untuk mengusir kesan jika albumnya terlalu terkonsep dalam balutan artisik yang terjaga, namun terlupa untuk memasukkan soul ke dalamnya.

Pada akhirnya ia terdengar seperti sebuah menu istimewa yang kaya pilihan, tapi juga jenerik. Tidak jelek juga, karena G I R L dipastikan hadir sangat enjoyable dan menghibur. G I R L mungkin tidak akan menjadi klasik, tapi untuk saat ini, G I R L memastikan jika Pharrell Williams merupakan sosok yang harus diperhitungkan untuk diajak berkolaborasi.

Official website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Marilyn Monroe” 5:51
2. “Brand New” (duet with Justin Timberlake) 4:31
3. “Hunter” 4:00
4. “Gush” 3:54
5. “Happy” (from Despicable Me 2) 3:53
6. “Come Get It Bae” 3:21
7. “Gust of Wind” 4:45
8. “Lost Queen” 7:56
9. “Know Who You Are” (duet with Alicia Keys) 3:56
10. “It Girl” 4:47

Related posts

Leave a Reply