Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – Vampire Academy (Music From the Motion Picture)
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – Vampire Academy (Music From the Motion Picture) 

Released by: Universal Music Indonesia

Vampire Academy merupakan salah satu dari deretan film yang diangkat dari novel young adult berseri yang kini marak. Sebagai film remaja, tentunya tidak terlepas dari sebuah album soundtrack yang tidak hanya lagu-lagunya bertugas untuk menghiasi film, namun juga menjadi sarana mempromosikan “kekerenan” filmnya.

Berisi 13 lagu, album soundtrack Vampire Academy diisi oleh porsi yang cukup berimbang antara nama-nama populer dengan yang tidak begitu populer atau nama baru yang layak untuk disimak. Kombinasi ini merupakan alasan mengapa album ini cukup layak untuk disimak, tidak hanya untuk menikmati lagu-lagu yang ditawarkannya, namun juga sebagai penambah pengetahuan musik. Mungkin.

Dari barisan musisi populer tercatat sosok diva pop yang tengah menjulang namanya, Katy Perry. Ia menghadirkan track Spritual, salah satu lagu di album barunya Prism. Dengan nuansa supernatural yang eksotis, lagu ini memang pas berada ditengah lagu-lagu yang pada umumnya datang dari skena indie.

Lantas ada band synth-pop yang tengah naik daun, CHVRCHES, yang menyanyi ulang lagu lawas milik Bahaus, Bella Lugosi’s Dead. Di tangan CHVRCHES lagu gothic ini berubah menjadi elektro-pop kekinian yang cantik tanpa meminggirkan aspek kelam yang diusung oleh lagunya. Jangan lewatkan pula Au Revoir Simone yang menyumbangkan nomor up-tempo, Crazy, yang berasal dari album terbaru mereka, Move in Spectrums.

Beberapa nama dari skena pop lain yang menyumbang lagu ada si eksentrik Sky Ferreira dengan Red Lips dalam versi DSL Remix yang seru. Sementara Natalie Kills menghadirkan electro-rock yang bernuansa retro dalam Boy’s Dont Cry. Ada juga rapper Australia yang tengah naik daun, Iggy Azalea yang menghadirkan salah satu hitsnya, Bounce. Nomor uptempo ini menjadi penyemarak dalam album. Nomor hip-hop lain datang dari Naughty Boy dengan Think About It.

Duo elektronika ternama, Goldfrapp, mendapat kehormatan dengan menghadirkan dua lagunya, Thea dan Felt Mountain. Thea diambil dari album ke enam mereka, Tales of us, sedang Felt Mountain adalah lagu yang khusus digubah untuk album ini dan bertugas sebagai penutup album. Jika Thea masih mengedepankan beat yang ritmis, maka Felt Mountain adalah sebuah nomor down-tempo kontemplatif yang mengalun dengan lembut meski keduanya tetap saja gloomy seperti umumnya lagu-lagu Goldpfrapp.

Beranjak ke sumbangan lagu dari band-band yang relatif kurang awam di pendengaran tapi tidak kalah menariknya. Dibuka dengan Jaymes Bullet dengan In Your Grave yang kental dengan semangar rock yang gritty. Max frost menghadirkan electro-soul yang memabukkan sedang Bear in Heaven seolah kembali dari tahun 80-an dengan gaya rock berpadu synth yang mengawang. Dari ranah RnB ada Rainy Milo yang menghadirkan Rats yang tampaknya menginginkan nuansa soul yang gelap dalam albumnya.

To sum it up, Vampire Academy (Music From the Motion Picture) is an enjoyable album. Mungkin tidak akan menjadi klasik, tapi sebagai penambah referensi, ia menjalankan tugasnya dengan cukup baik. Pilihan lagunya juga pas untuk menjadikan album ini sebagai teman pengisi waktu luang.

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “In Your Grave” Jaymes Bullet 3:11
2. “Red Lips (DSL Remix)” Sky Ferreira 3:50
3. “Nice and Slow” Max Frost 3:50
4. “Thea” Goldfrapp 4:48
5. “Boys Don’t Cry” Natalia Kills 3:36
6. “Clean” Bounce Iggy Azalea 2:46
7. “Sinful Nature” Bear In Heaven 3:30
8. “Clean” Think About It (feat. Wiz Khalifa & Ella Eyre) Naughty Boy 3:05
9. “Rats” Rainy Milo 4:32
10. “Spiritual” Katy Perry 4:34
11. “Crazy” Au Revoir Simone 2:57
12. “Bella Lugosi’s Dead” CHVRCHES 3:49
13. “Felt Mountain” Goldfrapp 4:14

Related posts

Leave a Reply