Trending News

Blog Post

Album of the Day: 2NE1 – Crush
Album of The Day

Album of the Day: 2NE1 – Crush 

Butuh empat tahun bagi girl group Korea Selatan, 2NE1, untuk merilis album kedua mereka setelah debut To Anyone (2010). Selama empat tahun tersebut, CL, Bom, Dara dan Minzy memang tetap aktif merilis single demi single dan juga EP, sehingga akhirnya, setelah tertunda cukup lama, album sophomore 2NE1 dirilis juga. Crush, demikian judulnya dan apakah 2NE1 mencoba untuk mengingatkan jika mereka masih pantas untuk disukai.

Crush menghadirkan Come Back Home sebagai single perdana. Dibuka dengan irama reggae yang seru, Come Back Home juga memasukkan elektro-pop dan dubstep agar lagunya terdengar meriah. Namun yang patut dipuji adalah bagaimana semua elemen tersebut dikerjakan dengan detil yang rapi dan menjadikan Come Back Home sebagai lagu pop yang sempurna dalam mengerjakan tugasnya.

Secara umum Crush merupakan album pop yang mengedepankan segi RnB dan Hip-hop serta (tentunya) Electro-pop. Dan harus diakui jika CL terasa sangat mendominasi disini. Tidak hanya mendapatkan jatah solo di MTBD, namun dia terasa sangat mendominasi di setiap lagu.

Tapi bukan berarti jelek juga, karena gaya rapping CL memang keren dan memberi aksentuasi yang kuat pada setiap lagunya, bukan hanya gimmick seperti umumnya lagu-lagu dari banyak girl group Korea Selatan lainnya.

Simak saja Gotta be You” (? ?? ??; Neo Anim Andwae). Lagu ini dibuka seolah-olah merupakan sebuah anthem Hip-hop, namun saat chorus masuk dengan vokal Bom, ia segera berubah menjadi sebuah Electro-pop yang menghentak. Syukurnya, meski CL sudah terasa sangat kuat mendominasi tapi tidak membuat lagu ini menjadi timpang dalam membangun semangat pop-nya.

Dalam Scream, yang jelas-jelas EDM, CL juga ngerap secara penuh, meski kini harus mengikuti derapnya. Dan senangnya ada Minzi juga yang dapat menjadi tandem bagi CL, dan juga Bom. Dara masih terdengar seperti aksesoris, akan tetapi setidaknya ia tidak terdengar mengganggu vokal solid personel lainnya.

Yang menariknya adalah bagaimana 2NE1 juga mengadopsi semangat RnB 90-an seperti dalam Baby I Miss You yang terdengar sangat chill-out. Ada juga If I Were You yang mengusung soul dengan cukup baik atau Good to You sebuah balada RnB yang mencuri perhatian,

Tapi yang menjadi highlight mungkin nomor pop midtempo ceria berjudul Happy. Mereka terdengar sangat santai dan menyenangkan, sehingga mungkin ada masalah atau kendala dari segii bahasa, mereka mampu mengajak kita, pendengar, untuk larut dalam lagunya.

So, yeah, Crush is an awesome comeback and a very entertaining pop album. Tidak hanya setiap lagu dikerjakan dengan teknis produksi yang baik, 2NE1 juga sangat tangkap dalam menyanyikan serta membagi porsi vokal masing-masing anggotanya. Dan ini menjadikan Crush sebagai album pop yang menyenangkan.

Official website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Crush” 3:14
2. “Come Back Home” 3:50
3. “Gotta be You” (? ?? ??; Neo Anim Andwae) 3:52
4. “If I Were You” (?? ??? ?; Sara Bwasseumyeon Hae) 3:30
5. “Good to You” (?? ??; Chakhan Yeoja) 37 3:41
6. “MTBD (CL solo)” (??; Menbung) 3:16
7. “Happy” 3:37
8. “Scream” (Korean version) 3:40
9. “Baby I Miss You” 3:12
10. “Come Back Home” (Unplugged version) :14

Related posts

Leave a Reply