Trending News

Blog Post

Album of the Day: My Chemical Romance – May Death Never Stop You
Album of The Day

Album of the Day: My Chemical Romance – May Death Never Stop You 

Released by: Warner Music Indonesia

12 tahun saja, iya, hanya 12 tahun, 2001 – 2013, sebuah band yang menemani hampir sebagian besar remaja tanggung yang sempat mengklasifikasikan diri sebagai “anak emo”. My Chemical Romance akhirnya memutuskan untuk berpisah satu sama lain, dan merilis sebuah album kompilasi berisi hits-hits mereka dalam album berjudul “May Death Never Stop You”. Jika kembali pada masa keemasan itu, era dimana poni diberikan kebebasan untuk tumbuh lebih panjang dan menutupi hampir seluruh bagian muka, oh sungguh, jika anda pernah melakukan hal ini, dan seketika berusaha untuk mengelak, salahkan sebuah band pop melayu asal Indonesia yang merusak makna “keren” dengan dandanan tadi.

My Chemical Romance adalah salah satu bagian penting dalam sejarah musik emo atau juga dikenal dengan post-hardcore. MCR adalah salah satu bagian sukses komersial saat itu, dengan musik yang begitu bergemuruh, mereka mampu menjualnya. Di luar tudingan beberapa orang yang menganggap lirik mereka yang cengeng, lirik mereka justru menjadi bagian penting bagi sebagian besar anak muda lainnya, yang merasa terwakili. Saat itu mungkin kata “galau” belum populer, tapi MCR telah menjadi soundtrack kegalauan bagi mereka.

Dibuka dengan “Fake Your Death”, unreleased single yang mereka sematkan guna promosi album ini. Tempo yang sedang, dan seperti berusaha menenangkan fans mereka yang masih terhenyak dengan kabar bubarnya mereka. “I choose defeat, I walk away, And leave this place..” Gerard Way menenangkan penggemar seolah berujar bahwa ini adalah jalan yang terbaik, justru bagian gitar terdengar mengiringi “kematian” mereka dengan ratapan sedih dalam lagu ini.

Selanjutnya adalah rekam jejak MCR, ‘Honey, This Mirror Isn’t Big Enough For The Two Of Us’, dan ‘Vampires Will Never Hurt You’ dari album penuh perdana mereka “I Brought You My Bullets, You Brought Me Your Love” (2002) yang menunjukkan betapa masih mudanya mereka, dengan lagu-lagu yang penuh kemarahan dan kegelisahan. Era selanjutnya diwakili oleh ‘Helena’, ‘You Know What They Do To Guys Like Us In Prison’, ‘I’m Not Okay (I Promise)’, dan ‘The Ghost Of You’, dari album “Three Cheers for Sweet Revenge” (2004) yang menjadi awal kesuksesan mereka secara global. Ah, jangan pernah pungkiri jika tak pernah menyanyikan atau hanya mendengarkan salah satu lagu dari album ini.

Saat keemasan adalah pada album konsep mereka yang berjudul “The Black Parade” (2006) yang diwakili dengan ‘Welcome To The Black Parade’, ‘Cancer’, ‘Mama’, ‘Teenagers’, dan ‘Famous Last Words’. Album penuh terakhir mereka “Danger Days: The True Lives of the Fabulous Killjoys” (2010) menerima review yang cukup positif, diwakili dengan ‘Na Na Na (Na Na Na Na Na Na Na Na Na)’, ‘SING’, ‘Planetary (GO!)’, dan ‘The Kids From Yesterday’.

Album kompilasi ini berusaha mengumpulkan perjalanan Gerard Way, Ray Toro, Mikey Way dan Frank Iero yang sesungguhnya terasa singkat. Dan jika ingin mengulang kembali masa-masa gelisah saat menjadi “anak emo”, dengarkan saja album ini. Dan sesuai dengan judul album ini, semoga bubarnya MCR tidak menghentikan kita untuk mendengarkan karya mereka, atau menolak mengakui jika pernah ikut cengeng dan emo-sional. Sebuah album penutup karir, persembahan untuk fans yang mendukung mereka selama ini, jika mengutip penutup mereka pada booklet album ini, THANK YOU FOR THE VENOM!

Official website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Noverdy Putra / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Fake Your Death” 3:21
2. “Honey, This Mirror Isn’t Big Enough for the Two of Us” 3:53
3. “Vampires Will Never Hurt You” 5:26
4. “Helena” 3:26
5. “You Know What They Do to Guys Like Us in Prison” 2:55
6. “I’m Not Okay (I Promise)” 3:08
7. “The Ghost of You” (extended version) 3:57
8. “Welcome to the Black Parade” 5:14
9. “Cancer” 2:25
10. “Mama” 4:39
11. “Teenagers” 2:42
12. “Famous Last Words” 5:00
13. “Na Na Na (Na Na Na Na Na Na Na Na Na)” (single version) 3:26
14. “Sing” 4:31
15. “Planetary (Go!)” 4:07
16. “The Kids from Yesterday” 5:26
17. “Skylines and Turnstiles” (demo) 3:30
18. “Knives/Sorrow” (demo) 2:14
19. “Cubicles” (demo) 4:00

Related posts

Leave a Reply