Trending News

Blog Post

Album of the Day: Ruben Studdard – Unconditional Love
Album of The Day

Album of the Day: Ruben Studdard – Unconditional Love 

Released by: Universal Music Indonesia

Mempertahankan eksistensi adalah satu hal, menggali potensi merupakan hal lain. Keduanya terwujud dalam album studio terbaru milik Ruben Studdard, “Unconditional Love“. Album berisi 11 track ini membawa Ruben dan penggemarnya ke suasana romantis dan intim berhiaskan tune jazz dan soul. Sembilan dari mereka adalah klasik, dengan menyisakan dua tempat bagi lagu orisinil yang diposisikan pada pembuka dan penutup album.

‘The Nearness of You’ menjadi patokan bagaimana album ini akan disetir. Hebatnya, lagu pembuka ini melebur rapi sebagai introduksi ke album. Sound dan style-nya terkondisi klasik secara alamiah, sehingga tak terjadi perpindahan yang kontras darinya ke track berikut, ‘Close The Dorr’ dan ‘Love, Look What You’ve Done To Me’.

Sebelum Ruben, Clay Aiken sudah terlebih dahulu melakukan perjalanan lintas ke standar jazz dalam album studio terakhirnya. Dan seperti Clay pula, pengalamannya ini disokong oleh nama-nama terbaik di bidangnya, seperti Stevie Wonder, Lalah Hathaway, dan juga Eric Benet untuk membantunya memberi rasa baru kepada lagu-lagu milik Paul McCartney, Donny Hathaway, Bonnie Raitt, juga Marvin Gaye, dan Peabo Bryson. Itulah mengapa Ruben bisa sejenak menelanjangi diri dari gaya R&B, pop, dan balada untuk cemplung ke aroma jazz dan soul di album ini. ‘I Can’t Make You Love Me’, ‘Hello Again’, dan ‘If This World Were Mine’ (duet dengan Lalah) memuncaki bukit emosi pendengar.

Selain nama-nama besar di atas, David Foster, bos besar Verve Records yang menggandeng Ruben di era baru karir rekamannya ini pasti punya andil yang cukup besar. Yang paling nyata adalah ‘Meant To Be’, lagu orisinil kedua di album yang diletakkan sebagai track penutup merupakan hasil karyanya. And as long as we can hear, it’s another classic, it’s another jazz standard, and it’s another candy to the ear. Sebagai album dalam konsep sespesifik ini, “Unconditional Love” memang memamerkan style berciri demikian. ‘They Long To Be (Close To You)’ pun disulap dengan pesona yang sama. Sehingga hal tersebut menyisakan ‘Love, Love, Love’ dan ‘My Love’ sebagai dua track standout dalam perkara tempo dan beat. Tapi tak sedikitpun menggeser album ini dari tujuannya untuk memanjakan telinga pendengar dalam masa yang dimanfaatkan sebagai waktu istirahat.

Official website

Rate the album: [ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. The Nearness of You 4:06
2. Close the Door 4:31
3. Love, Look What You’ve Done To Me 4:55
4. I Can’t Make You Love Me 5:09
5. Hello Again 4:00
6. Love, Love, Love 3:48
7. They Long To Be (Close To You) 3:54
8. If This World Were Mine (feat. Lalah Hathaway) 5:09
9. My Love 3:35
10. Unconditional 3:49
11. Meant To Be 3:38
12. Home 3:37
13. You Are the Sunshine of My Life 3:29

Related posts

Leave a Reply