Trending News

Blog Post

Album of the Day: Sam Bailey – The Power of Love
Album of The Day

Album of the Day: Sam Bailey – The Power of Love 

Jika saya punya satu album yang akan membuat saya tergila-gila jatuh cinta padanya di tahun ini, album itu pastilah “The Power of Love” milik Sam Bailey. Pemilihan lagu yang selektif, penggarapan yang matang, serta pencitraan yang sangat tepat pada sosok juara The X Factor UK musim terbaru ini benar-benar menempatkannya pada nilai artistik tinggi serta komersialitas yang mendukung.

Here’s how it went. TXF telah menjadi jalan bagi transformasi Sam dari seorang biasa menjadi seorang ternama. Selanjutnya, “The Power of Love” memberikan kekuatan baginya untuk menuju daya tarik sebagai penyanyi papan atas; dikagumi oleh penggemar, diperhitungan oleh kritik, dan dipandang oleh sesama artis.

Destination: Diva Town. Starter ‘The Power of Love’ membumbungkan vokal Sam dalam kualitas setara Jennifer Rush dengan kharisma seperti Celine Dion. Dalam beberapa melodi, Sam berupaya untuk menyulam notasi berbeda dari gaya sendu Shania Twain di lagu ‘From This Moment On’. Ada firey moment yang tercipta, seperti yang pernah Sam terapkan untuk ‘Skyscraper’ milik Demi Lovato. Perbandingan tak akan henti terjadi di album ini, dari track ke track. Namun, sebagai ciri khas, Sam punya kualitas raspy yang bisa dimanfaatkan sebagai daya tarik. Corak ini keluar setiap kali ia menyentuh note tertinggi dan terendah yang ia bisa jangkau. Rasakan dalam ‘There You’ll Be’, hit Faith Hill yang juga menonjolkan aksen British-nya yang kental setiap kali menyebut “you’ll”.

Ada standar tak tertulis yang mengharuskan setiap penyanyi wanita untuk menaklukkan lagu ‘And I Am Telling You’ sebelum membeli tiket ke Divaville. Seperti menjentikkan jari, semudah itu Sam mengerjakan daya magisnya ke lagu milik Jennifer Holiday ini. Nicole Scherzinger yang berduet dengannya di lagu ini pun menambah makna untuk semakin tercipta. Dua lady powerhouse dalam satu track yang sangat demanding. Wow! Duet yang mengarah ke jurusan berbeda; kekompakan natural menampilkan Sam bersama Michael Bolton di lagu ‘Ain’t No Mountain High Enough’. Lagu ini sedikit mengistirahatkan kunjungan vokal Sam ke upper register, tanpa mengurangi semangat yang ia miliki bersamanya.

‘Compass’ adalah satu dari tiga lagu karya Diane Warren di album ini. Balada inipun dirancang sebagai single kedua album. Lirik yang indah tentang trust dan willing ini tampaknya dikondisikan sebagai 2nd winning song yang bisa melakukan ekstensi pada dominasi chart oleh Sam. Tapi saya pribadi lebih memilih ‘Treasure’, lagu orisinil Sam yang juga ditulis oleh Diane. Kenapa? Karena akan lebih membanggakan memiliki hit dengan lagu sendiri, bukan lagu orang lain.

Nevertheless, I’m still in love with this album, and always be. Enggak susah untuk menikmatinya. Familiaritas dari pembawaan lagu mulai dari Celine, Shania, Faith, hingga Supertramp, Brenda Russell, hingga Karyn White adalah faktor utamanya. Graham Stack dan Matt Furmidge sekalu produser musik untuk album ini tahu betul apa dan bagaimana menyuguhkan bakat Sam sehingga dapat berterima di pasaran. Lihat, Sam dan “The Poer of Love” berhasil menjadi juara TXF pertama sejak Alexandra Burke yang memiliki album no.1 di UK Albums Chart.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “The Power of Love” 4:06
2. “From This Moment On” 3:30
3. “There You’ll Be” 3:37
4. “And I Am Telling You” (duet with Nicole Scherzinger) 4:20
5. “Compass” Diane Warren Mark Vincent 3:32
6. “Lord Is It Mine” 3:54
7. “Get Here” 4:07
8. “Treasure” 3:17
9. “Ain’t No Mountain High Enough” (duet with Michael Bolton) 2:59
10. “Superwoman” 4:29
11. “Skyscraper” 3:43

Related posts

Leave a Reply