Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – The Secret Life of Walter Mitty OST
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – The Secret Life of Walter Mitty OST 

Released by: Universal Music Indonesia

Album soundtrack film biasanya memang memikat karena menampilkan lagu serta artis yang tidak terlalu awam di pendengaran sehingga memberi pendengarnya sebuah pengalaman musikal yang lebih segar. Dan album soundtrack The Secret Life of Walter Mitty yang dibintangi dan disutradarai oleh Ben Stiller juga bukan pengecualian. Album ini dipenui oleh musisi yang kebanyakan mungkin dikenal hanya segelintir orang saja, namun percayalah, justru menyebabkan ia menjadi sebuah album yang memikat.

Catatan Ben Stiller sebagai sutradara memang tidak panjang, namun film debutnya sebagai sutradara di tahun 90-an, Reality Bites, tidak hanya dikenal sebagai film yang bagus, namun juga dikenal karena album soundtracknya yang paten. Sebut saja Stay-nya Lisa Loeb atau Baby I Love Your Way dari Big Mountain.

Seelera Ben Stiller akan musik bagus kembali terpancar dalam The Secret Life of Walter Mitty. Ok. Mungkin dia punya Of Monsters and Men yang tengah naik daun dengan lagu mereka yang cukup populer, Dirty Paws. Atau dia memelintir lagu lawas milik David Bowie, Space Oddity, dengan memasukkan vokal Kristen Wiig, pemeran wanita utama dalam filmnya. Hasilnya cukup memuaskan.

Selebihnya album diisi oleh lagu-lagu bercorak folk atau pop-rock eklektik yang memanjakan pendengaran dengan lagu-lagu mereka. Memang, bagi penikmat lagu pop mainstream, lagu-lagu ini akan sedikit tidak begitu mudah untuk dicerna.

Ada beberapa musisi yang mendapat “jatah” menghadirkan tidak hanya satu lagu, yaitu José González dan Junip. Dan, José González sebenarnya merupakan anggota dari Junip, so, yeah, basically this album is belong to them,

Meski bernama berbau-bau Spanyol, namun José González sebenarnya merupakan musisi asal Swedia. Ia mengusung aliran indie folk, sehingga tidak heran jika lagu-lagu seperti Step Put yang membuka album, Stay Alive #9 dream melantun dengan sangat harmonis, mengandalkan aransemen yang melodius serta nyanyian José González lembut mengawang.

Sementara itu Turnip mengusung folk-rock yang dicampur dengan sentuhan psychedelic, sehingga tidak heran jika lagu-lagu seperti Far Away dan Don’t Let It Pass terdengar lebih gahar dan menghentak. Agak mengingatkan akan Arcade Fire.

Lagu-lagu lain pun tak kalah menarik, seperti misalnya The Wolves & the Ravens milik Rogue Valley yang melantun dengan lembut. Seolah membuai pendengaran oleh lantunan lagunya yang seolah merayu-rayu hati untuk takluk kepadanya.

Oh ya ada juga nama lain yang cukup populer mengisi album ini, yaitu Jack Johnson dengan nonor riang Escape (The Pina Colada Song). Meski agak berbeda dengan tone yang dihadirkan oleh lagu-lagu lainnya, namun lagu ini merupakan “bonus” yang cukup tepat guna dalam menghadirkan elemen eklektisme dalam albumnya.

Jadi, bagi penikmat album-album soundtrack, The Secret Life of Walter Mitty merupakan album yang cukup memuaskan. Sangat layak untuk dikoleksi.

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Step Out” José González 4:01
2. “Dirty Paws” Of Monsters and Men 4:31
3. “Stay Alive” José González 4:26
4. “Far Away” Junip 2:42
5. “Don’t Let It Pass” Junip 3:55
6. “Lake Michigan” Rogue Wave 3:46
7. “Escape (The Pina Colada Song)” Jack Johnson 4:02
8. “Don’t You Want Me” Bahamas feat. The Weather Station 3:19
9. “The Wolves & the Ravens” Rogue Valley 4:11
10. “Space Oddity [Mitty Mix] David Bowie feat. Kristen Wiig 5:11
11. “#9” Dream José González 5:37
12. “Maneater” Grace Mitchell 3:54

Related posts

Leave a Reply