Trending News

Blog Post

Album of the Day: Warpaint – Warpaint
Album of The Day

Album of the Day: Warpaint – Warpaint 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Haim mungkin merupakan band yang berisi all girls populer saat ini. Dan meski Warpaint bukanlah pendatang baru, namun tantangan bagi mereka cukup besar, apalagi tidak banyak sebenarnya yang mengenal mereka, sehingga mungkin pada akhirnya di album kedua mereka, memutuskan untuk menghadirkan sebuah self-titled, Warpaint.

Warpaint menjadi istimewa karena mereka mengusung indie-rock sebagai gawangannya. Dan Emily Kokal, Theresa Wayman, Jenny Lee Lindberg, dan Stella Mozgawa sangat kredibel dalam menjalan tugas mereka. Setiap lagu disusun dengan aransemen yang kaya, baik secara instrumen maupun notasi dan juga struktur lagu yang tak terduga.

Warpaint merupakan hasil dimana sekelompok musisi memiliki referensi musik yang cukup luas dan itu sangat terasa dalam karya mereka. Namun ini juga seperti sebuah pisau bermata dua. Musik Warpaint terdengar sangat “matang, tapi juga sulit untuk menafikan jika setiap lagu mengingatkan akan lagu-lagu lain milik musisi yang lebih mapan.

Dibuka dengan nomor instrumental, Intro, yang menghentak, kita seolah dijanjikan sebuah keseruan rock ala Yeah Yeah Yeahs. Dan itu disambung dengan Keep It Healthy yang masih setia dengan atmosfir rock yang juga disusul oleh Love is to Die yang chilling dan memikat. Berdasarkan tiga lagu pertama ini, kita seolah dijanjikan apa yang akan kita dapatnya menyimak Warpaint nantinya.

Arus kemudian berputar arah. Memasuki Hi, track selanjutnya, trip-hop ala Massive Attack atau Portishead mulai merasuk. Awalnya menyenangkan. Tapi Warpaint bermain terlalu lama di ranah ini dan terkesan asyik sendiri. Mereka terdengar begitu determinatif untuk menghasilkan lagu atmosferik yang begitu mapan, sehingga terlupa untuk memberi kesempatan pendengar untuk menyimak sesuatu yang berbeda dari apa yang sudah pernah didengarkan dari musisi lainnya.

Setelah Hi, kita bisa menyimak Biggy dan Teese yang masih terdengar sangat Portishead-esque. Untungnya setelah monotonitas menjerat, mereka menghadirkan sebuah nomor yang cukup “berbeda”, Disco//very, yang sayangnya terdengar seperti M.I.A. jika berniat menyanyikan lagu disko retro.

Setelahnya kita kembali memasuki lagu-lagu trip-hop, yang oh ya gloomy, pasti, tapi kurang memiliki jiwa sehingga terkesan membosankan. Lagu-lagu ini mungkin berbeda secara komposisi, tapi secara umum kesan mengawang-ngawang yang ditampilkan oleh Warpaint tidak terasa jujur. Mereka terlalu ingin pamer ketrampilan mereka bermusik ketimbang menginfusi musiknya dengan semangat trip-hop yang seharusnya mampu mengajak pendengar memasuki alam bawah sadar yang meditatif.

Warpaint bukanlah album yang benar-benar jelek. Ia memiliki materi yang dikerjakan dengan penuh semangat, namun sayang tidak dibarengi dengan passion yang kuat. Cantik. Tapi tidak terlalu memiliki jiwa yang lekat. Masih bisa dinikmati, tapi jelas akan gampang dilupakan.

Official website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Intro” 1:51
2. “Keep It Healthy” 4:02
3. “Love Is to Die” 4:52
4. “Hi” 5:11
5. “Biggy” 5:55
6. “Teese” 4:42
7. “Disco//very” 4:04
8. “Go In” 4:00
9. “Feeling Alright” 3:33
10. “CC” 3:48
11. “Drive” 5:12
12. “Son” 4:07

Related posts

Leave a Reply