Trending News

Blog Post

Album of the Day: Westlife – The Love Songs
Album of The Day

Album of the Day: Westlife – The Love Songs 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Sejak mendebut musik mereka mendekati penghujung 90-an, Westlife kerap memanjakan penggemar mereka dengan lagu-lagu cinta. Syair dan melodi indah yang mereka bawakan membuat para penggemar merasa diistimewakan saat mendengarkan lagu-lagu tersebut. Setelah sempat merilis “The Love Album” sebagai koleksi lagu cinta lawas, kini “Love Songs” dirilis sebagai kompilasi cinta sebagai reminder bahwa boyband ini tetap mengistimewakan penggemar meskipun mereka telah bubar jalan.

Sebanyak 16 track dikumpulkan dalam album ini. Terdiri dari lagu-lagu original dan lagu-lagu cover yang sempat mereka populerkan kembali. ‘Unbreakable’ dimanfaatkan sebagai opening track, balada cinta yang mengharu biru dalam kisah dramatis di liriknya. Satu dari puluhan balada klasik yang Shane cs ciptakan. Original sound mereka memang terpatri dengan gaya ini; sensitif, sendu, dan cenderung menye-menye. Bukan hal yang negatif, karena justru itu yang membuat penggemar tergila-gila pada mereka. ‘My Love’, Swear It Again’, hingga ‘Fool Again’ pun bergerak di jalur yang serupa untuk menyentuh hati pendengar.

Banyak yang melihat Westlife sebagai hasil fotokopi dari senior mereka, Boyzone. Formasi awal, tatanan musik, serta interpretasi mereka kepada lagu-lagu cover muncul persis antara satu sama lain. Tentu ini memberatkan pemisahan image Westlife dari bayang-bayang Boyzone. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pemisahan diri tersebut terjadi setelah Boyzone mengambil langkah mundur dari blantika musik seiring berkibarnya karir solo Ronan. Setelahnya, Westlife menjadi penguasa jagad musik pop oleh Boyband di daratan Eropa dan Asia. Corak asli mereka yang menye-menye tadi berhasil mendempul lagu-lagu cover yang dibawakan. ‘Mandy’, ‘The Rose’, hingga yang berasal dari genre berbeda seperti ‘What About Now’ dan ‘Total Eclipse of The Heart’ bertransformasi menjadi lagu yang totally different di mulut Westlife. Dan bicara soal keberhasilan terbesar mereka dalam urusan cover-mengcover ini adalah ‘More Than Words’, lagu band Extreme yang mendapat kehidupan keduanya untuk sukses di masyarakat.

“Love Songs” bukanlah album yang sempurna. Saya menemukan cela dari album ini saat tidak melihat ‘Queen of My Heart’ di dalamnya, juga ‘Obvious’. Mungkin produser eksekutif album merasa bahwa keduanya masih kurang kuat mewakili tema album, sehingga lebih memilih yang volume cintanya lebih menggema seperti ‘I Wanna Grow Old With You’, ‘Us Against The World’, dan ‘Let There Be Love’. Still, from my point of view, ‘Queen’ dan ‘Obvious’ tak kalah mencinta.

Cinta di album ini banyak bergerak dalam tempo slow. Demi mewujudkan keseimbangan, ‘World Of Our Own’ dan ‘When You’re Looking Like That’ dilibatkan. Moment uptempo ini merefresh telinga setelah beberapa saat melodi yang mendayu-dayu diperdengarkan.

Meskipun dirilis setelah bubar, “Love Songs” menampilkan Westlife dalam formasi kuartet di sampul albumnya. Tapi kita masih tetap bisa mendengar vokal Brian McFadden dalam track yang berasal dari masa awal Westlife. Saya tak ragu sedikitpun bahwa fans akan sing along sepanjang album. Jadi, ini adalah album soundtrack yang paling pas untuk me time para Westlifers.

Official website

Rate the album:
[ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1 Unbreakable (Single Remix) 4:31
2 Mandy 3:17
3 Swear It Again (Radio Edit) 4:07
4 Fool Again 3:53
5 The Rose 3:38
6 World of Our Own 3:31
7 My Love (Radio Edit) 3:51
8 More Than Words 3:53
9 What About Now 4:09
10 I Wanna Grow Old with You 4:07
11 Something Right 3:12
12 Total Eclipse of the Heart 4:39
13 Us Against the World 3:58
14 You Raise Me Up 3:59
15 Let There Be Love 2:43
16 When You’re Looking Like That (Single Remix) 3:54

Related posts

Leave a Reply