Trending News

Blog Post

Album of the Day: Chase & Status – Brand New Machine
Album of The Day

Album of the Day: Chase & Status – Brand New Machine 

Released by: Universal Music Indonesia

Di Inggris musik back to the 90’s house kembali menjadi trend, lihat saja banyak musisi yang berlomba-lomba menjadi 90an karena terbukti dengan formula ini penjualan album dan single pun laris manis hal ini juga terjadi pada duo Chase & Status yang mengeluarkan album ketiganya yang berjudul “Brand New Machine” pada tahun lalu. Tidak seperti album sebelumnya yang berisikan komposisi drum n bass dan dubstep pada album ini mereka kembali ke jaman lampau dan memainkan musik 90’s house.

Hal ini terjadi di beberapa track macam “Count On Me” yang terdengar begitu old school dengan perpaduan vokal soul dari Moko, lagu ini juga mengingatkan kita akan M People dengan “Moving On Up”, “Deeper Devotion” yang bernuansa 90’s house tulen dan “What Is Right” yang mengingatkan akan Soul II Soul. Menyisipkan electro soul di “Heaven Knows” dan “Like That” dan beberapa track dancehall dengan pengaruh deep house macam “Gun Metal Grey”, “International” dan “Pressure”. Sajian hip hop yang disuguhkan seperti “Machine Gun” dan “Gangsta Boogie” terdengar begitu standar dan klise. “Lost & Not Found” dan “Blk & Blu” akan pas dengan skena musik elektronik sekarang dimana “Lost & Not Found” memadukan breakbeat dengan unsur pop dan “Blk & Blu” bermain di ranah musik UK Garage, sebuah jenis musik yang sedang digandrungi kembali berkat kepopuleran Disclosure. Meskipun begitu mereka tetap memainkan komposisi drum n bass murni pada lagu “Alive” dan “Breathing” meski tercampur dengan unsur soul.

Konten di album ini cukup membingungkan untuk pendengar setia dari duo ini karena ada beberapa track yang sangat 90an, sangat drum n bass dan sangat electro soul sehingga album ini menjadi perdebatan karena mereka dianggap sudah kabur terlalu jauh lewat album ini. Kualitas dari album ini juga terkesan naik turun di satu sisi ada beberapa track yang sangat adiktif tapi di satu sisi ada beberapa track yang terkesan dipaksakan dan cukup membosankan.

Tapi memang makna “Brand New Machine” sendiri cocok untuk album ini dimana mereka sepertinya ingin membawa sesuatu yang baru via album ini meski banyak yang kurang menyukai hal ini dikarenakan fans asli mereka yang notabene penggemar musik drum n bass murni dan dubstep akan mencaci album ini, namun setidaknya mereka berhasil membawa diri mereka lebih pop dan percobaan 90’s house mereka cukup berhasil karena mereka mendapatkan esensi dan groove nya sehingga album ini tidak terkesan segmented dan bisa didengar oleh kalangan pecinta musik pop yang tidak terlalu suka akan kebisingan dubstep dan drum n bass.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Luthfi / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Gun Metal Grey” 3:02
2. “International” 4:12
3. “Count on Me” (featuring Moko) 3:33
4. “Blk & Blu” (featuring Ed Thomas) 5:20
5. “Pressure” (with Major Lazer) 4:38
6. “Machine Gun” (featuring Pusha T) 3:15
7. “Gangsta Boogie” (featuring Knytro) 3:10
8. “Heaven Knows” (featuring Elli Ingram) 3:47
9. “Lost & Not Found” (featuring Louis M^ttrs) 4:13
10. “Like That” (featuring Moko) 3:58
11. “Deeper Devotion” 4:36
12. “Breathing” (featuring Bo Saris)4:29
13. “What is Right” (with Nile Rodgers featuring Abigail Wyles) 3:58
14. “Alive” (featuring Jacob Banks) 3:26

Related posts

Leave a Reply