Trending News

Blog Post

Album of the Day: Elton John – Goodbye Yellow Brick Road (Deluxe Edition)
Album of The Day

Album of the Day: Elton John – Goodbye Yellow Brick Road (Deluxe Edition) 

Released by: Universal Music Indonesia

Dirilis pada tahun 1973, Goodbye Yellow Brick Road merupakan album ke 7 dari penyanyi Inggris ternama, Elton John dan saat sampai saat ini dikenal sebagai salah satu album terbaik dan terpopuler miliknya. Kini, 40 tahun kemudian, album ini dirilis ulang dan dihadirkan dalam dua keping edisi deluxe yang tidak hanya menampilkan lagu-lagu yang sudah diremastered, namun juga beberapa cover version oleh banyak penyanyi terdepan masa kini.

Goodbye Yellow Brick Road dianggap sebagai salah satu album terbaik Elton John tidak hanya karena memiliki aransemen yang berkualitas, namun juga barisan lagu fenomenal yang masih populer hingga kini. Ada beberapa lagu yang tercatat sudah bisa dianggap klasik, yaitu Candle in the Wind, Saturday Night’s Alright for Fighting, Goodbye Yellow Brick Road dan Benny and the Jets.

Akan tetapi Goodbye Yellow Brick Road tidak hanya diisi oleh lagu-lagu tersebut. Album ini juga menunjukkan kelas Elton John sebagai musisi yang tidak hanya berbakat namun juga memiliki selera artistik yang tinggi. Funeral for a Friend/Love Lies Bleeding bisa dianggap sebagai lagu terbaik dalam album ini, sebuah lagu rock dalam skala epik yang tidak perlu diragukan lagi kebagusannya.

Yang patut dicermati di sini adalah hadirnya lirik-lirik versatile karya Bernie Taupin yang menjangkau banyak wilayah, mulai aspek tematis Marilyn Monroe di Candle In The WInd, prostitusi di Sweet Painted Lady, koboy di Roy Roy Rogers hingga mengadaptasi film klasik Wizard of Oz dalam Goodbye Yellow Brick Road.

Rasanya kita tidak usah berpanjang-panjang lebar membahas album Goodbye Yellow Brick Road ini, karena dengan usia 40 tahun, ibarat anggur, semakin tua, rasanya malah semakin nikmat. Kehadiran album ini dalam edisi deluxe berkeping ganda merupakan hal yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Keping pertama merangkum 17 buah lagu yang aslinya tersebar dalam empat bagian yang kini, tentu saja, tergabung dalam satu keping saja. Sebuah kemudahan teknologi. Kualitas remaster-nya paten dan tajam. Tapi tidak menghianati kesan vintage audio aslinya.

memasuki keping kedua, kita akan mendapatkan 9 lagu “cover version” oleh musisi-musisi terkini. Tapi dengan nama-nama seperti Ed Sheeran, Hunter Hayes, Emeli Sandé atau Fall Out Boy, tentunya kita bisa mengharapkan aransemen ulang yang berkelas.

Secara umum aransemennya tidak bergerak terlalu jauh dari materi aslinya, namun tentu saja para musisi ini tidak menyia-nyiakan ciri khas mereka untuk tetap menjadi atmosfir lagunya. Contohlah balada akustik menyentuh yang dibawakan Ed Sheeran dalam Candle in the Wind, RnB eklektis ala Miguel dalam Bennie and the Jets. Kehadiran rap Wale membuat lagu ini terdengar sangat kontemporer.

Kita bisa mengharapkan semangat country yang penuh dari Goodbye Yellow Brick Road saat Hunter Hayes menyanyikannya. Tapi Hayes juga pekat dengan semangat pop, sehingga lagu ini tetap mudah dicerna dan sedap didengar. Dan siapa yang bisa menolak vokal powerful Emeli Sandé saat menyanyikan All the Girls Love Alice.

Jangan lewatkan pula persembahan istimewa Elton John saat tampil live di Hammersmith Odeon di tahun 1973 yang juga mengisi keping kedua. Berkat kemajuan teknologi, audionya terasa jernih dan menangkap semangat konser yang terjadi 40 tahun lalu tersebut dengan cukup baik dan mulus.

Tentu saja versi orisinil Goodbye Yellow Brick Road tidak dapat digantikan. Meski dirilis 40 tahun lalu, ia takkan lekang oleh waktu. Akan tetapi versi remaster untuk memperingati 40 tahun ini juga tetap layak untuk dinikmati. Tidak hanya kita akan mendengarkan album ini dalam audio yang lebih jernih, namun juga bonus tambahan yang juga sulit untuk ditolak pesonanya.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
DISC 1
1. “Funeral for a Friend/Love Lies Bleeding” 11:09
2. “Candle in the Wind” 3:50
3. “Bennie and the Jets” 5:23
4. “Goodbye Yellow Brick Road” 3:13
5. “This Song Has No Title” 2:23
6. “Grey Seal” 4:00
7. “Jamaica Jerk-Off” 3:39
8. “I’ve Seen That Movie Too” 5:59
9. “Sweet Painted Lady” 3:54
10. “The Ballad of Danny Bailey (1909–34)” 4:23
11. “Dirty Little Girl” 5:00
12. “All the Girls Love Alice” 5:09
13. “Your Sister Can’t Twist (But She Can Rock ‘n Roll)” 2:42
14. “Saturday Night’s Alright for Fighting” 4:57
15. “Roy Rogers” 4:07
16. “Social Disease” 3:42
17. “Harmony” 2:46

DISC 2
1. “Candle in the Wind” Ed Sheeran 3:19
2. “Bennie and the Jets” Miguel featuring Wale 5:09
3. “Goodbye Yellow Brick Road” Hunter Hayes 3:07
4. “Grey Seal” The Band Perry 3:38
5. “Sweet Painted Lady” John Grant 3:56
6. “All the Girls Love Alice” Emeli Sandé 3:34
7. “Your Sister Can’t Twist (But She Can Rock ‘n Roll)” Imelda May 2:49
8. “Saturday Night’s Alright for Fighting” Fall Out Boy 3:43
9. “Harmony” Zac Brown Band 2:57
10. “Candle in the Wind” (Live at Hammersmith Odeon 1973) 4:04
11. “Goodbye Yellow Brick Road” (Live at Hammersmith Odeon 1973) 3:07
12. “All the Girls Love Alice” (Live at Hammersmith Odeon 1973) 7:18
13. “Bennie and the Jets” (Live at Hammersmith Odeon 1973) 6:08
14. “Rocket Man” (Live at Hammersmith Odeon 1973) 4:55
15. “Daniel” (Live at Hammersmith Odeon 1973) 4:16
16. “Honky Cat” (Live at Hammersmith Odeon 1973) 7:15
17. “Crocodile Rock” (Live at Hammersmith Odeon 1973) 3:55
18. “Your Song” (Live at Hammersmith Odeon 1973) 4:08

Related posts

Leave a Reply