Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – One Love, One Rhythm (The 2014 FIFA World Cup Official Album)
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – One Love, One Rhythm (The 2014 FIFA World Cup Official Album) 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Piala Dunia semakin dekat. Seperti biasa, ajang sepak bola terbesar ini menghadirkan lagu-lagu sebagai bagian dari promosi dan juga perayaannya. Lagu-lagu tersebut dirangkum dalam sebuah album yang bertajuk One Love, One Rhythm (The 2014 FIFA World Cup Official Album). Dikarenakan tahun ini Brazil merupakan tuan rumah dari salah satu ajang sepakbola terbesar dunia ini, tentunya nuansa latin pun tak luput menyelimuti atmosfir album yang meriah ini.

Sebagimana biasa FIFA World Cup senantiasa menghadirkan lagu-lagu up-tempo yang berguna untuk membangun semangatnya. Maka kali ini giliran Pitbull yang ditugaskan untuk menghadirkan semangat antemik yang bergelora dalam single berjudul We Are One (Ole Ola). Masih mengedepankan sebuah electro hip-hop latin ala Pitbull, Pitbull mengajak rekan regulernya, Jennifer Lopez untuk membantunya. Dan agar sensasi latin terdengar lebih meriah lagi, Claudia Leitte hadir menyanyikan verse dalam berbahasa Portugis/ Brazil.

Album ini memang banyak diisi oleh banyak musisi Brazil, yang sebagian besar juga sudah dikenal dalam taraf internasional, seperti Arlindo Cruz, yang menyanyikan Tatu Bom de Bola, lagu maskot resmi FIFA 2014, Sergio Mendes, Bebel Gilberto, dan finalis SuperSong Rodrigo Alexey.

Tatu Bom de Bola merupakan nomor Samba yang tradisional sedang One Nation yang dinyanyikan oleh Sergio Mendes menghadirkan Samba dengan elemen elektro-pop yang lebih kekinian dan Bebel Gilberto mengajak pianis kenamaan, Lang Lang, membantunya mengerjakan Tico Tico yang juga menghadirkan Samba yang lebih organis. Sedang Go, Gol! dari Rodrigo Alexey justru hadir dalam lagu bergaya soul-pop.

Sementara itu, mantan finalis The X Factor Amerika musim kedua, David Correy, dipercayakan Coca Cola untuk mengerjakan lagu tema Coca Cola untuk Piala Dunia 2014. Dengan mengajak grup perkusi asal Brazil, Monobloco, The World is Ours menghadirkan lagu anthemik penuh enerji dan berdentum. Tentu saja jingle Coca Cola tetap hadir sebagai sample, namun secara umum, The World is Ours merupakan sebuah lagu tema yang cukup pas untuk even akbar seperti piala dunia, karena menangkap gempitanya dengan pas pula. Sebagai bonus ada tambahan vokal dari Aloe Blacc dan Paty Cantú.

Menariknya album ini juga mengundang kembali musisi-musisi yang dulu pernah menyanyikan lagu tema Piala Dunia. Shakira yang dulu sukses dengan Shakira – Waka Waka (This Time for Africa), kini datang dengan La La La, yang sebenarnya merupakan Dare dari album terbarunya. Lagu EDM ini tetap mengedepankan nuansa latin, apalagi ada nama Carlinhos Brown yang membantu Shakira.

Ricky Martin juga kembali lagi mengerjakan lagu sebagai bagian dari anthem Piala Dunia, setelah sukses dengan Livin La Vida Loca satu dekade yang lalu. Ia menghadirkan Vida yang masih mengandalkan irama latin yang menggugah, Ricky Martin siap mengajak pendengarnya untuk bergoyang. Aslinya adalah sebuah lagu dengan lirik yang mencampurkan antara Inggris dan Spanyol, maka untuk versi Asia, selain Spanglish, lirik juga dinyanyikan dalam bahasa Indonesia/Melayu dan menampilkan barisan penyanyi Indonesia/Malaysia/Singapura, Judika, Alif Satar dan Sezairi. Secara umum vokal Ricky Martin masih mendominasi. Ketiga penyanyi lainnya hanya menyempil dan terkesan dipaksakan hadir, padahal mereka bisa saja memberi penekanan pada konteks “Asian version” jika saja diberi porsi lebih.

Album ini semakin meriah dengan hadirnya dua nama senior, Santana dan Wyclef Jean yang mengajak DJ EDM populer, Avicii dan juga Alexandre Pires dalam Dar um Jeito (We Will Find a Way). Lagu ini mungkin yang bisa menggambarkan kemeriahan album One Love, One Rhythm (The 2014 FIFA World Cup Official Album).

Antemik, meriah dan eksotis, One Love, One Rhythm (The 2014 FIFA World Cup Official Album) merupakan album soundtrack yang tepat dalam menunggu hadirnya FIFA World Cup 2014 yang akan hadir sebentar lagi.

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Pitbull feat. Jennifer Lopez & Claudia Leitte – We Are One (Ole Ola) [The Official 2014 FIFA World Cup Song] 3:43
2. Santana & Wyclef feta. Avicii & Alexandre Pires – Dar um Jeito (We Will Find a Way) [The Official 2014 FIFA World Cup Anthem] 3:48
3. Arlindo Cruz – Tatu Bom de Bola (The Official 2014 FIFA World Cup Mascot Song) 3:20
4. Ricky Martin – Vida (Spanglish Version) 3:25
5. Aloe Blacc X David Correy – The World Is Ours (Coca-Cola 2014 World’s Cup Anthem) 2:54
6. Psirico – Lepo Lepo 3:21
7. Sergio Mendes & Carlinhos Brown – One Nation 3:32
8. Shakira – La La La (Brazil 2014) 3:17
9. The Isley Brothers With Studio Rio – It’s Your Thing (Studio Rio Version) 3:07
10. Bebel Gilberto And lang Lang – Tico Tico 2:48
11. Adelen – Olé (Stadium Anthem Mix) 3:20
12. Magic! – This Is Our Time (Agora é a nossa hora) 3:08
13. Baha Men – Night & Day (Carnival Mix) 3:54
14. Rodrigo Alexey feat. Preta Gil – Go, Gol 2:58
15. Mika Makashima X Miliyah Kato – Fighter (Tachytelic World Cup Brazil 2014 Remix) 4:51
16. Pitbull feat Jennifer Lopez & Claudia Leitte – We Are One (Ole Ola) [The Official 2014 FIFA World Cup Song] (Olodum Mix) 3:58
BONUS TRACK
17. F.A.N.S. – Passion Total (FIFA U-17 Women’s World Cup Official Song)
18. Ricky Martin feat. Judika, Alif Satar and Sezairi – Vida (Asian Version)

Related posts

Leave a Reply