Trending News

Blog Post

KPOP Now! : The Korean Music Revolution Book Review
Reviews

KPOP Now! : The Korean Music Revolution Book Review 

Secara mendasar sekali kita bisa mengartikan K-pop adalah sebuah genre music yang pop yang berasal dari Korea, Korea selatan tentunya. Namun jika kembali merunut jauh lebih dalam K-pop memiliki makna yang jeuh lebih dari itu saja. K-pop mencakup jauh lebih luas, menaungi ranah industri music yang sangat luas dan terstruktur, menjadi trend dan gaya hidup, tidak hanya di tanah kelahirannya saja tapi mulai mendunia. Demikian sepintas kata yang terpintal dalam pikiranku setelah membaca buku ini : KPOP Now! – The Korean Music Revolution yang ditulis ringan dan penuh fakta dan data oleh Mark James Rusell.

Pada awalnya aku tidak terlalu ambil pusing dengan K-pop ini, entah apapun itu dan jujur aku hanya mengenal sedikit sekali siapa artis atau band yang menjadi bagian dari K-pop. namun semuanya berubah sejak aku membaca buku yang diterbitkan oleh Tuttle ini. Sedikit mengagetkan memang saat menyadari kalau ternyata buku ini diterbikan oleh mereka, karena sepanjang sepengetahuanku dan sejauh ini puluhan koleksi Tuttle ku hanya berisikan sastra dan literatur Jepang.

Mengenal K-pop ibaratnya menyaksikan sebuah fenomena, keunikannya telah mengubah banyak hal. Tidak hanya sekedar menjadi pemain baru di belantika musik namun transformasinya telah membuat K-pop menjadi sebuah genre musik yang mendominasi musik dunia khususnya di Asia. Sebuah contoh pada tahun 2012 Psy dengan lagu “Gangman Style” berhasil meraup sukses dan menyihir dunia dengan video klipnya dengan berhasil membuat rekor video yang paling sering dilihat sepanjang masa di Youtube. Fenomena ini hanya satu dari sekian banyak sihir yang tercipta dari K-pop itu sendiri.

Tidak hanya di dunia musik, ruang lingkupnya dalam waktu yang sangat singkat telah berhasil merambah semua aspek dunia hiburan. Keragaman yang ditampilkan oleh pelaku K-pop seperti band, boys band, girls band dan artis-artisnya telah memberi pengaruh secara global. Nyaris semua percabangan dari industri hiburan telah merubah arahnya menjadi k-pop itu sendiri, memang industri hiburan seperti TV Show, Sinetron, Game Show dan radio pada awalnya hanya menjadi sarana pendukung musik K-pop ini namun lambat laun kepopulerannya telah mendominasi semua faktor industri hiburan.

Tentu faktor penggemar yang fanatik tidak bisa dilepaskan dari fenomena ini. Jutaan fans dari seluruh dunia punya peran penting dalam penyebaran virus K-pop, berkembangnya teknologi dan sosial media membuat semua berjalan sangat cepat. Dengan adanya twitter, facebook dan youtube berhasil menyatukan dan membuat kelompok fans yang beragam. Semua menjadi sangat dekat dan intim tidak hanya sesama fans namun dengan fans idolanya juga.

Revolusi K-pop ini terjadi dalam waktu yang sangat cepat dan telah mengubah segalanya, mengubah wajah musik dunia, mentransformasi sebuah negara dan memberi sebuah penyatu untuk semua pencintanya. Setelah lebih dari 20 tahun K-pop telah membuktikan kemampuannya berevolusi bersama jalannya waktu, menciptakan sebuah trend yang selalu fresh dan penuh kejutan. Dan menjadi saksi dari semua ini adalah sebuah kesenangan tersendiri.

Membaca buku ini jelas menjadi sebuah permulaan yang tepat untuk pemula sepertiku dan untuk yang mereka yang mengira telah kenal K-pop luar dalam buku ini bisa juga menjadi sebuah bacaan menarik karena fakta dan data yang ada di dalamnya mungkin banyak yang belum diketahui sebelumnya. Di buku ini juga terdapat wawancara dengan host dari sebuah website terkenal Eat your Kimchi dan liputan khusus K-pop group seperti Big Bang, TVXQ!, 2NE1, Girls’ Generation, Super Junior, 2PM, Busker Busker, Jay Park dan masih banyak lainya.

Tidak hanya sampai disitu, buku ini juga memasukan panduan lengkap tentang eksplorasi K-pop untuk penggemar yang mungkin berencana berkunjung ke Seoul, sehingga bisa merasakan sendiri kedekatan personal dengan budaya K-pop ini.

Mari kita kenal k-pop dengan lebih baik dengan buku ini. Ayo baca!

Buku ini bisa dibeli di Periplus, silahkan cek disini

(Dyka)

Related posts

Leave a Reply