Trending News

Blog Post

Album of the Day: Skrillex – Recess
Album of The Day

Album of the Day: Skrillex – Recess 

Released by: Warner Music Indonesia

Seolah tak mau kalah dengan Beyonce, musisi pengusung dubstep terdepan, Skrillex, juga merilis album dengan cara yang mengejutkan, yaitu tiba-tiba. Maka hadirlah Recess, album debutnya, menyusul rangkaian EP yang pernah dirilisnya, serta menampilkan kekuatan dirinya sebagai seorang musisi pengusung musik dansa elektronik atau EDM yang kini memang tengah mencapai popularitasnya dengan masif.

Tentu saja sebagai pengusung dubstep sebagai sub-genre utama, Recess banyak diwarnai oleh musik ini, meski secara umum Recess adalah album EDM yang berkonsentrasi pada track-track yang bertujuan agar para pendengarnya tergerak untuk menggerakkan tubuh mengikuti iramanya.

Skrillex tidak segan mengambil progressive house sebagai baluran di beberapa track, tapi yang lebih sering memang adalah electro yang mendominasi sebagai partner bagi dubstep-nya Skrillex. Album dibuka dengan All Is Fair in Love and Brostep dengan penampilan tamu dari Ragga Twins. Semenjak detik pertama dubstep sudah bergelora mengisi lagunya, tapi dengan kehadiran Ragga Twins, sehingga aroma reggae/dancehall pun menjadi sajian utama.

Skrillex boleh dipuji karena cukup telaten dalam memadu-madankan dubstep dengan sub-genre lainnya. Meski pada akhirnya All Is Fair in Love and Brostep kadang terdengar seperti sebuah track industrial, tapi hasilnya cukup seru untuk disimak.

Tapi kerjasama Skrillex bersama Ragga Twins yang paling eksplosif dan mentereng terdapat dalam track Ragga Bomb, dimana dancehall yang diusung oleh track ini terdengar begitu anthemik dan bergemuruh. Kedua subgenre ini bekerjasama dengan cukup kompak dalam membangun ritme dan intensitas yang diperlukan oleh lagunya.

Catatan istimewa adalah kolaborasi Skrillex dengan dua nama dari skena K-Pop, yaitu CL dari 2NE1 dan G-Dragon dari Big Bang dalam track Dirty Vibe. Tapi ada Diplo juga berada di belakang lagu ini, sehingga Dirty Vibe terdengar begitu riuh dan menggebu. Moombahton dan hip hop merupakan salah satu spesialisasi Diplo, sehingga tidak heran jika dusbtep dalam Dirty Vibe dipadukan dengan hip hop. Sementara itu, bagian rap, yang merupakan esensi utama, dipercayakan kepada dua G-Dragon dan CL yang cukup piawai dalam nge-rap.

Semenjak EP My Name Is Skrillex (2010), nama Skrillex memang mendapat spotlight yang cukup terang menderang. Dirinya bukanlah penemu dubstep, tapi dengan segera asosiasi Skrillex dengan dubstep menjadi lekat. Kelebihan Skrillex karena di tangannya dubstep menjadi lebih accessible dan bisa diterima oleh banyak kalangan, tanpa harus mengejar niche market saja.

Tapi setelah beberap EP yang cukup sukses, sebenarnya agak disayangkan jika kulminasinya terdapat dalam album Recess ini. Sejujurnya musik dan ketrampilan Skrillex terdengar tidak berkembang secara signifikan. Tentu saja ia masih piawai dalam mengerjakan dubstep yang riuh dan kaya genre, tapi tidak ada benar-benar track yang standout atau membuat album ini istimewa.

Mungkin pada track Stranger yang menampilkan KillaGraham dan Sam Dew, ia terdengar memperluas gaya bermusiknya dengan menjadikan dubstepnya dalam bentuk yang lebih cair dan plastis dengan electro menjadi sajian utama. Atau Fuck That yang merubah dirinya menjadi pengusung Deep House tanpa harus menghianati esensi dubstep itu sendiri. Ease My Mind yang bercorak progressive house dan enampilkan Niki & The Dove bisa juga menjadi pilihan.

Hanya saja, secara umum Recess terdengar sangat sadar diri dengan dubstep yang canggih, sheingga terkadang terlupa untuk memberi jiwa atau emosi agar musiknya terdengar lebih hidup. Steril dan mesin mungkin hal-hal yang tidak bisa dipisahkan dari skena musik elektronik, tapi tidak harus lantas melupakan koneksi dengan pendengarnya. Recess terlalu sering terdengar mekanis ketimbang organis. Dan musik elektronik tidak harus melulu terdengar robotik, kan?

Over all, Recess is loud, busy, energetic, anthemic, but sadly lack of soul.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “All Is Fair in Love and Brostep” (featuring Ragga Twins) 4:08
2. “Recess” (with Kill the Noise featuring Fatman Scoop and Michael Angelakos) 3:57
3. “Stranger” (with KillaGraham featuring Sam Dew) 4:49
4. “Try It Out” (with Alvin Risk) (Neon Mix) 3:49
5. “Coast Is Clear” (featuring Chance The Rapper and The Social Experiment)4:03
6. “Dirty Vibe” (with Diplo featuring G-Dragon and CL) 3:26
7. “Ragga Bomb” (featuring Ragga Twins) 4:18
8. “Doompy Poomp” 3:25
9. “Fuck That” 3:50
10. “Ease My Mind” (featuring Niki & The Dove) 5:02
11. “Fire Away” (featuring Kid Harpoon) 5:42

Related posts

Leave a Reply