Trending News

Blog Post

Album of the Day: The Black Keys – Turn Blue
Album of The Day

Album of the Day: The Black Keys – Turn Blue 

Released by: Warner Music Indonesia

Apa jadinya bila The Black Keys, ksatria yang menjadi harapan terakhir di dunia garage rock revival/blues rock ini seketika galau dan tiba-tiba menjadi melankolis? Duo yang digawangi si jenius Dan Auerbach dan si mulut besar Patrick Carney menumpahkan rasa galau mereka dalam album kedelapan mereka yang berjudul “Turn Blue”.

Masih dibantu oleh Danger Mouse yang sudah menjadi produser di album yang melambungkan nama The Black Keys “El Camino” dan “Brothers” kali ini Danger Mouse dan The Black Keys sama-sama mengeksplor genre soul, funk rock, psychedelic rock sampai jazz yang merupakan pengembangan dari genre blues yang menjadi pakem musik mereka dalam “Turn Blue”.

Blues ala Americana disajikan dalam “Weight of Love”, permainan fuzz gitar yang bluesy dari Dan seolah menambah kesan muram di album ini. Unsur motown soul dengan selingan funk muncul di “In Time” dengan Dan yang memainkan vokal falsetnya. Fusi antara jazz dan blues terdengar jelas dalam “Turn Blue”. Pop psychedelic dengan iring-iringan synth dicampur dengan suasana new wave muncul dalam track “Fever”. “Year In Review” adalah track upbeat soul sedangkan “Bullet In The Brain” adalah track yang masih berpegangan pada The Black Keys jaman dahulu meski sudah diadaptasi ke tema dan suasana di album ini. “It’s Up To You Now” kembali ke akar blues rock mereka yang raw. Rock yang melankolis mereka mainkan di “Waiting on Words”, membuka dengan permainan 70’s disco music “10 Lovers” bermain di antara disco, funk rock dan soul. Blues murni dengan campuran psychedelic rock ada di “In Our Prime” dan “Gotta Get Away” adalah track yang mencampurkan alternative country, folk rock dan powerpop.

Setelah mendengar keseluruhan di album ini rasa aneh pun pasti muncul karena “Turn Blue” berbeda dengan “El Camino”. Pada “El Camino” mereka memainkan blues rock seliar-liarnya dalam balutan garage rock, rock n roll sampai rockabilly namun pada saat “Turn Blue” sesuai dengan namanya mereka seolah menjadi feeling blue dengan memasukkan unsur yang belum pernah mereka coba sebelumnya seperti soul, funk rock bahkan jazz. Faktor Danger Mouse pun masih tidak dapat dielakkan dari album ini terbukti dengan masih banyaknya unsur sound ala Danger Mouse yang bisa kita dengarkan di album ini.

Pada “Turn Blue” mereka seolah menjadi bapak-bapak yang sedang galau akan kehidupan cintanya dan semua itu dipoles dengan kemasan yang lumayan bagus untuk mereka walaupun para pendengar lama akan merasa dikhianati oleh mereka karena mereka mendadak menjadi melankolis. Melalui album ini ksatria garage rock kita memang harus sedikit mengalah dengan skena musik modern yang seperti ini dan menjadi lebih pop melalui album “Turn Blue”

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Luthfi / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Weight of Love” 6:50
2. “In Time” 4:28
3. “Turn Blue” 3:42
4. “Fever” 4:06
5. “Year in Review” 3:48
6. “Bullet in the Brain” 4:15
7. “It’s Up to You Now” 3:10
8. “Waiting on Words” 3:37
9. “10 Lovers” 3:33
10. “In Our Prime” 4:38
11. “Gotta Get Away” 3:02

Related posts

Leave a Reply