Trending News

Blog Post

Single of the Day: Coldplay – A Sky Full of Stars
Single of The Day

Single of the Day: Coldplay – A Sky Full of Stars 

Released by: Warner Music Indonesia

Seorang teman saya pernah mengatakan bahwa jangan sampai suatu band Inggris yang mempunyai nuansa britpop/britrock yang kental terkenal di Amerika karena sound di album berikutnya pasti melenceng dari apa yang sudah mereka kerjakan sebelumnya dan semakin aneh untuk fans setia mereka. Muse dan Coldplay bisa dikatakan dua band yang menjadi contoh. Sewaktu Muse mengerjakan album “The 2nd Law” semua orang bingung karena tiba-tiba ada banyak track dubstep didalamnya dan Coldplay membuat semua orang bingung di album “Mylo Xyloto” karena mereka perlahan meninggalkan piano dan gitar, dua alat musik yang menjadi trademark band ini.

Berbicara Coldplay yang semakin pop pasca Viva La Vida (dimana X&Y adalah album terakhir mereka yang murni piano rock) mereka akan mengeluarkan album baru mereka yang berjudul “Ghost Stories” dimana kata Chris Martin album ini akan bernuansa akustik, trippy dengan campuran electro. Pertama kali mendengarkan “Midnight” saya bingung karena Coldplay mendadak menjadi M83 dengan vokal shoegazing ala Anthony Gonzales dan Radiohead dalam bidang ambientnya. Lalu muncul “Magic” dimana mereka sedikit mencoba kembali ke jaman dahulu dimana suasana akustik yang simple menjadi kekuatan mereka dengan tambahan sampling yang begitu polos. Dan muncullah single ketiga untuk album ini yaitu “A Sky Full of Stars“. Saya sendiri begitu mengetahui Coldplay akan mengeluarkan “A Sky Full of Stars” berharap mereka masih memegang teguh kata “akustik electro” sama seperti “Magic” namun begitu saya melihat nama Avicii sebagai salah satu nama yang membuat lagu ini saya ragu dan setelah saya dengar ternyata memang track ini 180 derajat dengan Magic dan untuk Coldplay itu sendiri.

“A Sky Full of Stars” yang ditulis Coldplay bersama Avicii akan berbeda dari track Coldplay manapun, silahkan Anda cari dalam folder lagu Coldplay yang anda punya apakah Coldplay pernah memainkan lagu Progressive House murni sebelumnya?. Mendengarkan lagu yang dibuka dengan dentingan piano seolah kita mendengarkan versi piano dari “Wake Me Up” karena suasananya yang begitu mirip. Irama house pun terus mengikuti beat lagu dengan permainan instrumen yang mengingatkan akan track Coldplay “Talk” namun untungnya Coldplay tidak terlalu terjebak dengan musik Avicii, tetap ada unsur instrumen gitar akustik, piano, bass, keyboard dan gitar elektrik. Untuk lirik sebenarnya lirik di lagu ini sudah menjadi khas dari mereka dengan menawarkan lirik cinta yang simple dengan metafora dan kali ini metaforanya adalah langit yang bertabur bintang. Dan dari segi musik secara keseluruhan entah mengapa lagu ini sangat mirip dengan kolaborasi antara Avicii dengan Leona Lewis yang berjudul “Collide”.

Tidak dapat dipungkiri bahwa musik Electronic terutama House sedang digandrungi oleh masyarakat dan lagu seperti itu memang biasanya menjadi jaminan lagu hits. Saya tidak tahu apakah Coldplay memang sudah punya rencana untuk membuat track house sebelumnya atau latah mengikuti trend tapi apa mau dikata memang pendengar Coldplay di era sekarang juga suka musik yang seperti ini. Coldplay sama seperti Muse sewaktu mengeluarkan “Follow Me”, track yang sebenarnya rancu dengan akar musik mereka dan terdengar seperti remix ketimbang lagu asli tapi tetap enak didengar. Saya tidak heran mendengarkan track ini karena Coldplay sejatinya sudah menjadi band pop tanpa embel-embel piano rock/alternative atau apapun itu sehingga jika mereka ingin membuat track electro/progressive house terdengar sah-sah saja dan masih terdengar enak didengar (mungkin gara-gara faktor Avicii yang memang pandai membuat lagu hits dalam bidang ini). At least melalui lagu ini Coldplay membuktikan bahwa mereka juga bisa bermain progressive house dan bermain di jalur musik house yang benar meskipun tidak dapat dipungkiri keanehan pasti terjadi diantara fans maniak Colplay.

Lihat videonya

Official Website

Rate the single:
[ratings]

Buy single on iTunes

(Luthfi / CreativeDisc Contributor)

LYRIC
‘Cause you’re a sky, cause you’re a sky full of stars
I’m gonna give you my heart
‘Cause you’re a sky, cause you’re a sky full of stars
‘Cause you light up the path

I don’t care, go on and tear me apart
I don’t care if you do
‘Cause in a sky, cause in a sky full of stars
I think I saw you

‘Cause you’re a sky, cause you’re a sky full of stars
I want to die in your arms, arms
‘Cause you get lighter the more it gets dark
I’m going to give you my heart

And I don’t care, go on and tear me apart
And I don’t care if you do
‘Cause in a sky, cause in a sky full of stars
I think I see you
I think I see you

Because you’re a sky, you’re a sky full of stars
Such a heavenly view
You’re such a heavenly view

Related posts

Leave a Reply