Trending News

Blog Post

Album of the Day: 5 Seconds of Summer – 5 Seconds of Summer
Album of The Day

Album of the Day: 5 Seconds of Summer – 5 Seconds of Summer 

Down under never fails to import great artists with great musicality. Dalam beragam format musik dan variasi penampil. Setelah Gotye dan Lorde, kini giliran 5 Seconds of Summer yang unjuk gigi lebar-lebar dan menghentakkan dunia setiap orang yang mendengarkan musik mereka! Luke Hemmings (lead vocals, guitar), Michael Clifford (guitar, vocals), Calum Hood (bass guitar, vocals), dan Ashton Irwin (drums,vocals) menggelar musik mereka untuk komsumsi publik awalnya dari YouTube. Lagu-lagu yang agak jauh dari aroma poprock berhasil mereka sadur dalam gaya sendiri. Mike Posner dan Chris Brown di antaranya.

Sebelum sepopuler sekarang, buzz yang 5SOS dapatkan pertama kali datang dari Louis Tomlinson, salah seorang personel One Direction. Ia mengikrarkan diri sebagai seorang penggemar setelah mendengarkan lagu mereka, ‘Gotta Get Out’. Personel 1D lainnya, Niall Horan mengamini selera Louis, sebelumnya akhirnya 5SOS menjadi produk most wanted di dunia maya.

Popularitas mereka pun merebak dengan menjadi pendamping dalam tur Hot Chelle Rae dan One Direction. Aksi panggung mereka yang enerjik memancing histeria penggemar, menghipnotis mereka untuk memuja keberadaan empat pemuda tampan ini. Lihat saja, dunia seolah bertekuk lutut saat ‘She Looks So Perfect’ dirilis. Lagu ini menggema dimana-mana, dan videonya pun menjadi viral. Membangkitkan kepercayaan diri Luke dkk untuk merilis single kedua, ‘Don’t Stop’ dengan konsep humor dalam video klip bertema pahlawan super. Sekarang, bombardir 5SOS berisikan peluru berupa selusin lagu dalam album debut mereka, “5 Seconds of Summer” yang ternyata telah memenangkan penghargaan Kerrang! Awards.

They sure look perfect, as well as sound perfect too. Rasakan dampak yang 5SOS bisa buat dalam duniamu selama sebulan penuh, karena Luke, Michael, Calum, dan Ashton dinobatkan sebagai New Artist Highlight bulan ini. Jangan hentikan mereka, karena kendali musik 5SOS tidak punya rem! Gas terus Juli ini, jangan ragu, jangan malu!

Released by: Universal Music Indonesia

5 Seconds of Summer, nama panas dalam kancah pop punk/pop rock dunia mengeluarkan debut albumnya setelah memanaskan dunia lewat lagu “She’s Looks so Perfect” yang menjadi pemuncak di berbagai macam tangga lagu di belahan dunia. Empat pemuda ini mengeluarkan debut album self titled nya yang mempunyai nafas pop punk/pop rock/power pop yang asyik dan sangat gampang dicerna.

Track pembuka “She’s Looks So Perfect” melantunkan rayuan gombal terhadap yang tersayang sambil diiringi nada pop punk ala Panic and the Disco, All Time Low dan Fall Out Boy. Sungguh upbeat, menyenangkan dan catchy. Mengembalikan nafas Boys Like Girls dengan sedikit sentuhan teen pop pada “Don’t Stop”. “Good Girls” mempunyai riff pop punk yang kuat seolah track ini merupakan versi teen dari Motion City Soundtrack dan All Time Low dengan tambahan sedikit synth. “Kiss Me Kiss Me” masih mengulang formula track sebelumnya dengan menambahkan unsur electro di tengah lagu. Jika Paramore berfusi dengan New Found Glory maka hasilnya adalah “18” track yang menurut saya cukup loud disini dan mereka bermain cukup lepas di track ini.

Sajian pop rock yang ringan dan upbeat ada di “Everything I Didn’t Say”. Balada pun mereka mainkan di “Besides You” yang mengingatkan akan lagu Third Eye Blind “Deep Inside of You”. Dengan vokal yang lantang, handclapping dan musik yang cepat mereka memainkan “End Up Here”. “Long Way Home” terkesan seperti daur ulang lagu One Republic “Good Life”. Pop rock standar dimainkan pada “Heartbreak Girl”. Pop rock yang catchy dengan riff gitar ala funk rock dimainkan di “Lost Boy” Track penutup “Amnesia” adalah track akustik yang kalem dan sejuk.

Secara keseluruhan 5SOS ini memang belum mempunyai basis sound yang original karena hampir seluruh album bisa dikatakan mengopi para pendahulu mereka seperti Paramore, New Found Glory, Busted, Boys Like Girls, Fall Out Boy sampai All Time Low. Album yang bernafaskan power pop/pop punk ini mempunyai lirik yang catchy dan gampang dicerna oleh para remaja terutama para cewek, namun bukan berarti para cowok tidak bisa menikmati lagu ini karena ada beberapa track yang memang menunjukkan sisi bermusik pop punk mereka yang cukup kental.

Walaupun dari segi lirik terdengar chessy dan masih terbayang-bayang akan artis kesukaan mereka namun itu adalah hal lumrah dalam teen pop/rock dan terbukti mereka berhasil merebut hati para gadis dengan lagu dan tampang mereka. Mereka juga tidak hanya modal tampang karena beberapa lagu di album ini cukup berani, keras dan menunjukkan the fun side of pop punk. Untuk sebuah album debut, album ini cukup kuat dan mereka mempunyai materi yang cukup mumpuni sehingga tidak terjebak dalam label one hit wonder. Rasanya melalui album ini akan lebih banyak lagi hati yang mereka curi dari para remaja.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Luthfi / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “She Looks So Perfect” 3:22
2. “Don’t Stop” 2:49
3. “Good Girls” 3:27
4. “Kiss Me Kiss Me” 3:23
5. “18” 3:09
6. “Everything I Didn’t Say” 3:00
7. “Beside You” 3:40
8. “End Up Here” 3:01
9. “Long Way Home” 3:19
10. “Heartbreak Girl” 3:18
11. “English Love Affair” 3:00
12. “Amnesia” 3:57

Related posts

Leave a Reply