Trending News

Blog Post

Album of the Day: Aloe Blacc – Lift Your Spirit
Album of The Day

Album of the Day: Aloe Blacc – Lift Your Spirit 

Released by: Universal Music Indonesia

Pasca kesuksesannya membantu Avicii dalam Wake Me Up, Aloe Blacc pun menyusulnya dengan merilis Lift Your Spirit, yang merupakan album ketiganya. Mungkin kita akan sedikit terperangah karena mengira jika Aloe Blacc adalah pendatang baru, yang pada kenyataanya adalah tidak. Mungkin karena ada persepsi seperti itu yang membuat dirinya merilis album yang seolah memberi penekanan jika ia bukan hanya seorang bintang tamu dari hits raksasa seorang artis EDM, namun memiliki kekuatannya sendiri.

Upaya pertamanya adalah The Man. Di awal terdengar seperi remake Your Song milik Elton John, karena lagu memang mengambil sepotong bagian lagu Your Song miliknya. Namun kemudian lagu mengambil jalur yang berbeda. Memadukan antara soul, RnB, gospel dan juga pop, The Man merupakan ajang bagi Aloe Blacc untuk memamerkan vokalnya yang khas.

Seolah tak cukup, Blacc mengundang Pharrell Williams untuk membantunya dalam track funk-soul berjudul Love Is the Answer. Kolaborasi mereka cukup enak untuk dinikmati, meski rasanya sulit menafikan jika kekuatan Pharrell terdengar lebih mendominasi ketimbang memberi ruang bagi Blacc untuk menjadi dirinya sendiri.

Tapi sebenarnya apa karakteristik seorang Aloe Blacc? Bisakah album ini mempertegas jawaban atas pertanyaan tersebut? Sebenarnya agak sulit. Lift Your Spirit terdengar seperti album yang mencoba merangkul pendengar yang lebih luas dengan melakukan pendekatan yang “radio friendly”, dalam arti setiap lagu merupakan jenis lagu yang gampang dicerna.

Dipertegas dengan dimasukkannya Wake Me Up dalam versi akustik yang seolah-olah Blacc berteriak kepada orang-orang untuk tidak melupakan siapa sebenarnya pengisi vokal lagu Progressive House tersebut. Tapi, terlepas dari vokalnya yang soulful, lagu ini tetap terdengar sangat folky ketimbang benar-benar menggali siapa itu Blacc.

Maksudnya, cobalah simak track-track seperti Here Today, yang terdengar up-lifting dan antemik, dan jelas sebuah nomor pop catchy yang membuat Blacc terdengar seperti James Blunt. Sedang dalam Can You This yang mengedepankan Doo-Woop malah mengingatkan akan Bruno Mars. Blacc juga tampil politis dengan Ticking Bomb yang gelap meski akhirnya membuat ia terdengar seperti versi laki-laki dari Adele.

Oleh karenanya memang agak sulit meraba apa maunya Aloe Blacc dalam album ini. Karena meski setiap lagu enak didengar, tapi tidak memberi kesan yang mendalam. Lagu-lagu ini terdengar berusaha keras agar dapat diterima oleh target pasarnya, pendengar musik pop, tapi lupa memberi kedalaman ataupun karakteristik yang dengan cermat memberi kesan akan siapa itu Aloe Blacc sebenarnya.

Aloe Blacc bukanlah penyanyi yang jelek, hanya saja ia belum menemukan formula yang pas untuk memperkenalkan dirinya dengan lebih layak. Padahal ia punya track asyik seperti Red Velvet, yang meski mengadopsi soul dan blues yang terdengar retro, namun setidaknya ia tidak terdengar seperti siapa pun.

Lift Your Spirit jelas terlalu naif disebut sebagai sebuah blunder, karena album ini jelas masih sangat menghibur dan didukung dengan desain produksi yang rapi. Hanya saja jika kita mengharapkan sesuatu yang lebih dari Aloe Blacc, sesuatu yang menegaskan dirinya sebagai musisi dengan artistik yang khas, rasanya ia belum berhasil mencapai tujuannya.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contribbutor)

TRACKLIST
1. “The Man” 4:15
2. “Love Is the Answer” 3:44
3. “Wake Me Up (Acoustic)” 3:45
4. “Here Today” 3:54
5. “Can You Do This” 2:56
6. “Chasing” 4:22
7. “The Hand Is Quicker” 5:02
8. “Ticking Bomb” 3:36
9. “Red Velvet Seat” 3:23
10. “Owe It All” 3:53

Related posts

Leave a Reply