Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – Dconstructed
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – Dconstructed 

Released by: Universal Music Indonesia

Film-film rilisan Walt Disney, animasi ataupun live-action, biasanya dibekali lagu tema ataupun soundtrack yang berkesan. Banyak sekali lagu-lagu atau pun theme-song yang populer dan menjadi kesukaan orang-orang. Tapi bagaimana jika beberapa lagu-lagu dari film Disney itu mendapat twist dengan diremiks dalam bentuk baru. Lebih tepatnya EDM atau Electronic Dance Music? Maka simaklah album Dconstructed ini.

Sesuai dengan judulnya, lagu-lagu yang terdapat dalam album ini didekonstruksi oleh beberapa musisi yang besar di ranah EDM. Sebuah kejutan sebenarnya, karena mungkin selama ini kita tidak membayangkan jika Walt Disney tertarik untuk mengolah lagu-lagunya menjadi format EDM.

Tapi memang harus diakui jika EDM tengah berada di puncaknya. Ia kini memasuki pasar mainstream dengan sempurna. Kini setiap orang dan juga musisi seolah-olah berlomba-lomba untuk menyukai atau mengerjakan lagu-lagu EDM.

Dconstructed menghimpun sebanyak 14 lagu, yang tentu saja, berasal dari berbagai film Disney. Banyak yang populer dan terkenal, namun ada juga beberapa track yang relatif kurang awam. Begitu juga dengan musisi EDM yang diajak bekerjasama untuk meremiks lagu-lagu tersebut. Tidak semuanya populer.

Contoh sempurna dekonstruksi itu mungkin terdapat dalam track Let It Go yang dinyanyikan oleh Idina Menzel dan terdapat dalam film Frozen. Musisi pengusung Trance, Armin Van Buuren diberi tugas untuk mengolah ulang lagu ini dan hasilnya, tentu saja berubah menjadi sebuah Trance anthem yang menggebu. Nyaris sulit untuk menemuki sisa-sisa lagu asli di dalamnya.

Hal yang sama dapat ditemui dalam track-track seperti The Muppet Show Theme yang diremiks oleh Shy Kidx yang mengedepankan Dubstep dengan sangat masif, atau Hey Pluto! yang diremix oleh StoneBridge menjadi Progressive House yang berderap, juga halnya dengan Once Upon A Dream dari Sleeping Beauty yang berubah menjadi Progressive House di tangan Trion Tidak ada salahnya memang, karena memang itulah tujuannya. Mungkin kita hanya akan sedikit kecewa karena materi aslinya cenderung menjadi sample ketimbang remiks.

Akan tetapi, tidak semua lagu juga mendapat treatment seperti itu. Musisi EDM yang tengah mencorong namanya, Avicii, menghadirkan Derezzed yang aslinya merupakan kompisisi Daft Punk untuk film Tron: Legacy tanpa bergerak terlalu jauh dari aslinya. Progressive House yang menjadi usungan Avicii justru membuat lagu ini terdengar lebih nge-pop dibandingkan biasanya. plus tambahan vokal dari Negin, agar lagunya terdengar lebih….kekinian.

Perpaduan cantik antara Progressive House dengan materi aslinya juga bisa ditemukan dalam track-track seperti You’ve Got a Friend in Me dari film Toy Story yang diremiks oleh Alfred Montejano dalam versi “hyper” yang justru membuat lagu ini terdengar seperti lagu, ahem, Daft Punk.

Dan album ditutup dengan dua track manis, Baby Mine dari film animasi klasik Dumbo yang diubah Kaskade menjadi sebuah Deep House (bukan remiks, melainkan aransamen baru) yang mengalun dengan cantik, dimana esensi lagu aslinya yang sudah menyentuh sama sekali tidak dihilangkan, meski kini dihadirkan dalam baluran derap ritmis elektronis. Begitu juga dengan track terakhir, Pineapple Princess dari Hawaiinette. Senangnya, Kinsey Moore yang bertugas untuk meremiks tetap menghadirkan vokal asli dari Annette Funicello dalam deburan Progressive House yang menjadi sentra dari lagunya.

Dconstructed adalah album yang menarik. Kita bisa mengetahui bagaimana interprestasi para musisi EDM terhadap beberapa lagu dari milik Walt Disney. Beberapa mungkin tidak bekerja sesuai dengan harapan, tapi sebagian besar dapat memberikan kesan yang menarik perhatian. Dengan Dsconstructed, Walt Disney mungkin coba menunjukkan jika mereka tidak kalah dalam mengikuti zaman dan lagu-lagu mereka akan selalu bisa beradaptasi dengan trend.

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Circle of Life” Mat Zo 5:01
2. “Derezzed” (featuring Negin) Avicii 5:03
3. “Let It Go” Armin Van Buuren 6:19
4. “Roar” Yogi 4:19
5. “Partysaurus Overflow” BT & Au5 5:34
6. “UNKLE Reconstruction” U.N.K.L.E. 6:02
7. “Fall” The Japanese Popstars 3:55
8. “The Muppet Show Theme” Shy Kidx 3:42
9. “Hey Pluto!” StoneBridge 5:34
10. “Once Upon a Dream” Trion 4:20
11. “Main Street Electrical Parade” Shinichi Osawa 5:49
12. “You’ve Got a Friend in Me” Alfred Montejano 2:53
13. “Baby Mine” Kaskade 3:08
14. “Pineapple Princess” Kinsey Moore 4:05

Related posts

Leave a Reply