Trending News

Blog Post

Album of the Day: American Authors – Oh, What a Life
Album of The Day

Album of the Day: American Authors – Oh, What a Life 

Released by: Universal Music Indonesia

Pernah dikenal dengan The Blue Pages, Zac Barnett, James Adam Shelley, Dave Rublin dan Matt Sanchez kemudian menemukan jalan menuju ranah yang lebih mainstream saat menjadi kumpulan yang bernama American Authors. Setelah merilis sebuah Ep di tahun 2013, maka mereka kini menyusulnya dengan album debut yang berjudul Oh, What a Life.

Dengan lagu semacam Best Day of My Life, American Authors terdengar seperti band rock yang mengusung pop dengan kental. Tapi mereka juga memasukkan unsur-unsur pop dan juga folk agar lagunya terdengar kaya secara sound. Cukup menjanjikan dengan semangat anthemic yang catchy dan juga easy listening.

Sebelumnya sudah ada Believer dimana mereka memperkenalkan gaya indie-rock dengan pengaruh folk yang menjadi gaya bermusik mereka. Sedikit sentuhan elektro memperkaya lagu yang terdengar riuh dan ceria ini. Perpaduan antara sesuatu yang kompleks dan juga organis menjadi kekuatan Believer.

Okay, bermodal dua lagu yang menjadi single ini kita mengira jika American Authors sepertinya menyasar Top 40 sebagai tujuan utama mereka. Tidak ada salahnya juga, apalagi dengan kesuksesan yang dirain Imagine Dragons, Bastille atau Young the Giants misalnya, sehingga mereka pun berniat untuk menyusulnya. Apakah lantas Oh, What a Life terdengar seperti “album jualan” belaka ketimbang sebuah album yang benar-benar menunjukkan semangat bermusik serta estetika seni American Authors? Rasanya tidak juga.

Memang, secara umum lagu-lagu dalam Oh, What a Life adalah lagu-lagu catchy yang easy listening seperti Luck atau Hit It yang juga menjadi soundtrack game FIFA 14. Dan Home mungkin adalah semi-balada yang menunjukkan subtilitas mereka, namun tetap saja mengedepankan semangat pop yang kental. Apalagi dengan track yang memakai judul seperti Love dimana romantisme menjadi tujuan utama American Authors saat mengemas lagunya.

Bukan berarti American Authors menawarkan sesuatu yang pasaran juga. Simak saja track Trouble dimana mereka memasukkan elemen bluegrass sehingga lagunya terdengar eklektik dan kaya. Dan mereka cukup cerdas untuk menutup album mereka dengan track Oh, What a Life yang juga menjadi judul album. Nuansa blugrass membuka track, seperti sebuah nina-bobo yang melenakan pendengar, sampai kemudian ia berganti tempo menjadi lebih cepat dan bergelora. Tapi, dibandingkan lagu-lagu up-tempo sebelumnya, di sini American Authors justru mengajak kita untuk merayakan perjalan hidup ketimbang tentang perjalanan itu sendiri.

Mungkin materi yang ditawarkan American Authors dalam album ini terdengar repetitif. Mungkin ada yang bermasalah dengan optimisme mereka yang seolah tak ada habisnya, tapi album ini tidak pernah membosankan. Setidaknya American Authors tidak mencoba untuk tampil menjadi pretensius. Dan itu penting.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

Beli CD American Authors “Oh, What a Life” Rp. 85.000,- silahkan isi form disini

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Believer” 3:03
2. “Think About It” 3:04
3. “Best Day of My Life” 3:14
4. “Luck” 3:40
5. “Trouble” 3:15
6. “Hit It” 3:27
7. “Home” 4:09
8. “Love” 3:18
9. “Heart of Stone” 3:07
10. “Ghost” 2:55
11. “Oh, What a Life” 3:41

Related posts

Leave a Reply