Trending News

Blog Post

Album of the Day: Boyzone – Love Me for a Reason – The Collection
Album of The Day

Album of the Day: Boyzone – Love Me for a Reason – The Collection 

Released by: Universal Music Indonesia

Tujuan dari sebuah album kompilasi kebanyakan berkutat pada kemampuannya untuk menghidupkan kembali memori, memberi kesempatan pendengar untuk bernostalgia dengan kenangan pribadi masa lalunya. Sementara dari sisi kompilator, mereka justru ingin pendengar menghidupkan gairah musik sang artis dalam moment keberhasilan menguasai dunia. Paul Fernandes dan Caroline Allen-Coyle membuat proyek pemilihan lagu-lagu terbaik Boyzone yang bisa mewakili keberhasilan mereka di era 90-an, sekaligus menyajikan yang langka dan klasik dari empat album studio dan satu kompilasi hits terdahulu. Voila! Hadirlah “Love Me for a Reason – The Collection” yang dipadati oleh 20 track lulus sensor tersebut.

You name it, they almost got it. Dalam pengaruh nama besar mereka, Boyzone berhasil merekam diri dalam sejarah peradaban pop. Lagu orisinil ‘Love Me for a Reason’, ‘No Matter What’, ‘Isn’t It a Wonder’, dan ‘Picture of You’ merupakan hit global mutlak yang berjaya di masanya dan masih relevan untuk dinikmati saat ini. Daya magis mereka juga bekerja untuk lagu-lagu artis lain yang dinyanyikan ulang. ‘Baby Can I Hold You’ dan ‘You Needed Me’ pun layak diklaim sebagai properti mereka.

Yang ngehits tidak berhenti sampai disana. Masih ada ‘Father and Son’, ‘Coming Home Now’, ‘A Different Beat’, juga ‘Key to My Life’. Hanya saja, atmosfer lain ditawarkan dalam penyediaan track-track tersebut di format live dan remix. Agak gila saat ruang dengar berubah menjadi venue konser saat ‘Father and Son’ dimainkan. Andil penonton dalam koor masal menghidupkan suasana demikian. Remix untuk ‘Coming Home Now’ tidak terlalu merubah esensi lagu, namun ‘Key to My Life’ yang tampak berubah drastis. Meski dengan album ini Boyzone sudah punya 6 album kompilasi, tetap saja ada alasan untuk mengoleksi semuanya. Tidak ada jaminan sesuatu yang baru disini, tapi dapat dipastikan ada sesuatu yang beda.

Sepuluh judul di atas pasti sangat minim mengingat angka rilisan single Ronan dkk mencapai hitungan puluhan. Tapi tak’kan berdaya tarik jika di setiap kompilasi mereka menghadirkan yang itu-itu saja. Nah, dari tiga album studio pertama Boyzone; “Said and Done”, “A Different Beat”, dan “Where We Belong”, kompilator memilih track-track yang tak hanya menggelar pesona Ronan sebagai vokalis utamanya, tapi juga mendiang Stephen Gately dan Mikey Graham. ‘Arms of Mary’, ‘You Flew Away’, ‘Don’t Stop Looking for Love’, ‘All the Time in the World’, ‘Melting Pot’, ‘When All is Said and Done’, ‘One Kiss at a Time’, ‘Walk On (So They Told Me)’, dan ‘Can’t Stop Me’ pasti kalah populer, namun tetap menggambarkan kesempurnaan pada citra Boyzone sebagai boyband ballad dengan lagu-lagu yang bersahabat di telinga.

Tapi, kompilator agaknya salah dalam mengambil perwakilan dari album studio terakhir mereka dengan Universal, “Brother”. Hanya ada dua lagu yang sempat Stephen rekam dan salah satunya dirilis sebagai single; ‘Give It All Away’, tapi mereka malah mengambil ‘Love is a Hurricane’. Sudah selayaknya ‘Give’ tampil, karena selain representatif untuk album, ia juga menjadi salah satu single terpenting dalam sejarah Boyzone sebagai single terakhir yang mereka rilis dengan vokal lengkap: lima personel. Dan keputusan untuk tidak melibatkan “Back Again… No Matter What” pun sangat salah, karena ini justru momentum kembalinya Boyzone sebagai satu kesatuan.

Michael Heatley yang menulis sejarah Boyzone dalam booklet album ini dengan penuh percaya diri menulis kompilasi ini lebih dari cukup untuk mengingatkan akan kebesaran nama grup yang sudah berusia 20 tahun lebih ini, padahal masih ada cacat dalam ringkasan tersebut. Sedemikian besar harapan tim untuk menjadikan album ini sebagai prasasti kemenangan Boyzone, “Love Me for a Reason – The Collection” juga pantas dijadikan pendidikan musik bagi generasi sekarang bagaimana pop terdengar di era 90-an. Sweet, sensitive, and most importantly organic.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Love Me for a Reason” 3:39
2. “No Matter What” 4:32
3. “Baby Can I Hold You” 3:15
4. “Isn’t It a Wonder” 3:30
5. “Father and Son” (Live) 2:56
6. “Picture of You” 3:28
7. “Arms of Mary” 2:48
8. “You Flew Away” 4:25
9. “Coming Home Now” (Steve Jervier Mix) 3:47
10. “A Different Beat” (Live) 4:10
11. “Don’t Stop Looking For Love” 4:12
12. “All the Time in the World” 4:15
13. “Key to My Life” (Unlocked Mix) 3:45
14. “You Needed Me” 3:14
15. “Melting Pot” 3:33
16. “When All is Said and Done” 3:05
17. “One Kiss at a Time” 4:06
18. “Walk On (So They Told Me)” 3:28
19. “Love Is a Hurricane” 3:30
20. “Can’t Stop Me” 3:08

Related posts

Leave a Reply