Trending News

Blog Post

Album of the Day: Katy B – Little Red
Album of The Day

Album of the Day: Katy B – Little Red 

Katy B adalah seorang musisi yang memang diciptakan untuk meramaikan belantika musik modern. Ia mampu berkompromi dengan preferensi penikmatnya tanpa harus mengesampingkan musikalitasnya. Muncul dari skena musik bawah tanah, menebar atmosfir lantai dansa khas London, lalu kemudian terbit sebagai primadona musik dubstep, Katy paham betul bagaimana memanjakan telinga penggemarnya tanpa harus terdengar kacangan. “On a Mission”, debutnya yang menjanjikan pada tahun 2011 menjadi bukti keberhasilan strategi ini. Tak heran apabila satu tempat dari 12 kursi nominator Mercury Prize 2011 berhasil diamankan melalui “On a Mission”.

Masih bernuansakan kemilau dunia gemerlap, kini Katy B mengajak kita untuk menyelami kisah-kisah emosionalnya melalui album “Little Red”. Album ini memang masih mengandalkan dentuman bass serta beat-beat yang menonjok, namun kali ini Katy mengajak kita untuk sedikit bernostalgia melalui suguhan irama dansa-elektronik nan klasik yang terdengar begitu dominan. Banyak pihak yang membandingkan album ini dengan karya-karya Disclosure. Pernyataan yang cukup menarik, mengingat Katy-lah yang sebenarnya membuka peluang Disclosure agar bisa berkarya di ranah mainstream.

Album yang terbilang cukup kaya akan narasi, lebih dramatis apabila dibandingkan dengan “On a Mission” yang kebanyakan berfokus pada bisingan dubstep. “5 AM” contohnya, mampu membuat anda terpengaruh dengan bujuk rayu Katy yang berulang kali berkata “I need somebody to calm me down..” dengan manjanya, persis seperti sebuah sekuel dari lagu “Dancing on My Own” milik Robyn. Walaupun begitu, kadang Katy B juga bisa begitu larut dengan emosi yang menyelimutinya. “Crying for No Reason” menawarkan sebuah melankolia khas yang dibalut dengan instrumentalia pop elektronik ketimbang skena musik dansa klasik. Dua jempol untuk raungan synthesizer yang menggema dari pertengahan lagu hingga akhir yang semakin membuat nomor ini terdengar ironis.

Terdapat pula track kolaborasi yang tampaknya kini semakin menjamur di kancah musik populer. “Aaliyah”, track kolaborasi Katy bersama Jessie Ware seolah-olah hanya membuat Jessie sekedar menjadi featuring artist semata. Seharusnya gabungan kedua nama ini mampu menciptakan sebuah kolaborasi, dalam artian Jessie Ware juga mestinya mampu berkontribusi secara estetika, bukan sekedar sumbang suara saja. Namun sepertinya kali ini Jessie Ware seperti terpaksa untuk mengikuti alur kreatifitas Katy. Sama nasibnya seperti Sampha yang berkolaborasi dengan Katy pada track “Play” yang terlihat seperti sebuah afiliasi yang diipaksakan. Kelihatannya Katy ingin agar “Little Red” benar-benar terdengar seperti miliknya, namun itikad baik untuk berkolaborasi seharusnya juga dieksekusi dengan sempurna.

Beberapa track lain yang menarik adalah “’I Like You” dan “Emotions” yang membawa kita pada skena elektronika pada akhir dekade ‘90an. Bahkan strings sections pun juga dimasukkan pada track “Emotions” yang mungkin dimaksudkan untuk menambah kesan nelangsa seiring Katy berkoar “Fill me with emotions..”. Setelah itu, drama pun berlanjut melalui nomor pamungkas, “Still”, yang beraroma ballad dan dikemas dalam balutan RnB kontemporer. Bisa dibilang bahwa lagu ini, “Emotions”, dan “Crying for no Reason” merupakan suguhan utama dari album “Little Red”. Begitu kontemporer dan sedikit mendorong Katy keluar dari zona amannya.

Katy B dan musik elektronik adalah kedua hal yang inheren. Seberapapun dalamnya sisi emosional Katy B, ia tetap tak akan bisa meninggalkan lantai dansa. Sebuah asimilasi yang menarik dalam melihat beberapa luapan sensitiftias yang dieksekusi ke dalam sebuah album berbunyi musik-musik modern yang kohesif dari nomor awal hingga akhir. Bukan hal yang revolusioner memang, tapi setidaknya kita bisa merasakan bahwa Katy B benar-benar bekerja keras untuk menghasilkan “Little Red”.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Galih Gumelar / CreativeDisc Conntributor)

TRACKLIST
1. “Next Thing” 3:03
2. “5 AM” 3:21
3. “Aaliyah” (featuring Jessie Ware) 4:38
4. “Crying for No Reason” 4:02
5. “I Like You” 4:03
6. “All My Lovin'” 4:41
7. “Tumbling Down” 4:42
8. “Everything” 3:47
9. “Play” (featuring Sampha) 3:23
10. “Sapphire Blue” 4:27
11. “Emotions” 4:35
12. “Still” 3:29

Related posts

Leave a Reply