Trending News

Blog Post

Album of the Day: RAC – Strangers
Album of The Day

Album of the Day: RAC – Strangers 

Released by: Universal Music Indonesia

Andrew Allen Anjos atau biasa dikenal dengan RAC yang merupakan singkatan dari Remix Artist Collective sudah berpengalaman dalam me-remix suatu lagu dari musisi indie/ alternative/dance, sebut saja Kings of Leon, Lana Del Rey, Bloc Party, Yeah Yeah Yeahs, Foster The People, Surfer Blood, Washed Out dan masih banyak lagi artis yang sudah diremix lagunya oleh RAC. RAC sendiri mendapat reputasi yang baik di kalangan pecinta musik, biasanya kalau berbicara soal remix kita akan langsung terpaut dengan kata dance/club mix namun RAC malah menginterpretasikan ulang lagu itu tanpa membuang roots dari lagu itu malah remix dari RAC terkesan seperti rework dari lagu tersebut.

Sekarang RAC mengeluarkan debut album “Strangers” yang sepenuhnya merupakan lagu original buatan dia dan dibantu oleh Tegan & Sara, Matthew Koma, Kele Okereke, Peter Moren, Tokyo Police Club dan masih banyak lagi untung mengisi part vokal (mengingatkan saya akan album Mark Ronson dimana dia mengundang banyak sekali artis untuk mengisi vokal karena dia sendiri tidak bisa menyanyi).

Pada album ini RAC seolah larut akan nuansa musik new wave dan pop era 80’an. Track seperti “Hollywood”, “Hard to Hold”, “Seventeen”, “Tear You Down”, “I Should’ve Guessed” dan “Repeating Motions” mempunyai kesan new wave yang sangat kuat. RAC juga menampilkan synth dingin ala post-punk di lagu “Tourist” dengan lirik yang lirih pula “Are we strangers forever or are we strangers for now?” dan bermain ballad dengan tambahan strings di “We Belong”. Fusi dengan indie pop juga bisa kita rasakan di “Cheap Sunglasses” yang mempunyai lirik kocak tentang kacamata hitam murah, “405”, “Let Go” yang terdengar mirip dengan Bombay Bicycle Club “Shuffle” dan “Ello Ello”. Synthpop juga diberikan pada track “Ready For It”.

Album ini memadukan musik new wave dengan rasa modern sehingga album ini pas didengarkan untuk anak-anak urban atau hipster yang ingin berdendang dan berdansa dengan lagu yang ada di album ini. Album ini juga terdengar santai dengan petikan gitar yang enak, lagu yang catchy dan synth yang enak untuk bergoyang namun durasi di album ini terlalu panjang , ada beberapa track yang sangat standout dan dibawakan dengan apik tapi ada juga yang repetitif apalagi jika mendengar album ini dari awal sampai habis pasti ada saja satu track yang ingin diskip pada saat mendengarkan album ini secara utuh.

RAC seolah membuktikan lewat album ini dia bisa membuat musik pop yang bagus, catchy dan detail dari segi produksi tanpa harus meninggalkan unsur bersenang-senang dan santai. Untuk ukuran album original dari seorang artis yang terlebih dahulu meremix lagu orang album ini bisa dikatakan lumayan dan cukup bisa mengembalikan semangat new wave/indie pop ke dalam musik pop era sekarang.

Official Website

Buy on iTunes

Rate the album:
[ratings]

(Luthfi / CreativeDisc Contributors)

Track list:
1 Let Go (ft. Kele & MNDR)
2. Ello Ello (ft. Body Language)
3. Hollywood (ft. Penguin Prison)
4. Cells
5. Hard To Hold (ft. Tegan & Sara)
6. Tourist (ft. Tokyo Police Club)
7. Tear You Down (ft. Alex Ebert)
8. Sixteen
9. Seventeen (ft. Pink Feathers)
10. Repeating Motion (ft. Karl Kling)
11. All I Got (ft. Peter Morén)
12. I Should’ve Guessed (ft. Speak)
13. Ready For It (ft. St. Lucia)
14. 405 (ft. YACHT)
15. We Belong (ft. Katie Herzig)
16. Cheap Sunglasses (ft. Matthew Koma)

Related posts

Leave a Reply