Trending News

Blog Post

Album of the Day: Robin Thicke – Paula
Album of The Day

Album of the Day: Robin Thicke – Paula 

Released by: Universal Music Indonesia

Setelah kesuksesan masif Blurred Lines tahun lalu, Robin Thicke segera menyusul dengan album ketujuhnya yang berjudul Paula. Ada alasan mengapa album ini cepat sekali menyusul dan dinamakan seperti nama mantan istri. Mantan? Benar sekali. Kesuksesan yang diraih Thicke ternyata tak sejalan dengan keberhasilan rumah tangga.

Konflik rumah tangganya dengan sang istri, Paul Patton, tampaknya memberi inspirasi bagi Robin Thicke untuk mengerjakan album barunya, Paula, termasuk dengan merilis single Get Her Back. Hanya bermodal gitar elektrik sebagai instrumen utama, single ini masih mengandalkan nafas soul yang kental. Tampaknya sentra utama memang sengaja pada vokal Thicke saja.

Apakah album ini terdengar narsistik? Mungkin saja. Tapi album atau lagu yang mengedepankan konteks personal bukan hal baru dalam dunia musik. Terlepas dari berangkat dari kisah nyata atau tidak, album-album Adele misalnya sebagai contoh, bisa sukses karena banyak orang yang merasa terhubung dengan konflik personal yang terjadi dalam lagu-lagu yang terdapat dalam album tersebut.

Tapi sayangnya tidak demikian dengan album Paula ini. Ternyata banyak orang yang tidak begitu menyenangi hubungannya yang kandas dengan Paula Patton diekspos secara berlebihan dalam bentuk album musik (baca: komersial), sehingga Paula mencatat prestasi yang tak menggembirakan dalam penjualannya. Paula hanya sanggup menjual sebanyak 24,000 kopi di minggu pertama rilisnya di Amerika dan hanya 530 kopi di Inggris. Nasibnya lebih parah lagi di Australia karenya hanya terjual sebanyak 158 keping di minggu debutnya.

Bukan berarti ini album yang buruk. Setiap lagu yang dihadirkan dalam album ini dikerjakan dengan teknik yang mumpuni. Sudah diindikasikan dengan track pembuka You’re My Fantasy, sebuah nomor bercorak Bossa Nova yang intim. Track ini seolah menjanjikan jika album merupakan sebuah ruangan dimana kita bisa duduk relaks dan menikmati alunan nyanyian Thicke yang lembut. Yang ini disusul dengan track Get Her Back dan juga Still Madly Crazy, balada minimalis dimana Thicke bernyanyi secara soulful hanya dengan ditemani piano.

Tapi Thicke tampaknya tak bisa hanya hadir dalam track-track mid atau slow tempoo, karena sebagian besar track di album ini justru adalah nomor pop-soul yang memiliki tempo kencang dan bersemangat. Lock the Door misalnya. Meski hanya berteman piano, tapi ini adalah track yang enerjik. Yang disusul dengan soul-funk Whatever I Want dimana Thicke merayakan “kebebasannya” dengan gelamor.

Nah, ini yang mungkin menjadi halangan bagi Paula bisa mencorong. Karena jika Thicke bertujuan mendedikasikan album ini untuk sang mantan, ia masih tetap terdengar seperti seorang pria yang senang bersenang-senang, seolah ia tidak hanya bersedih dengan berpisah dengan sang istri tapi juga bahagia karena ia kini bisa melakukan apa saja yang tidak bisa dilakukan saat masih dalam hubungan rumah tangga.

Dan kehaddiran nomor-nomor “pesta” seperti Living in New York City, Too Little Too Late, Tippy Toes, Something Bad, atau Time of Your Life, meski dikerjakan dengan teknik yang baik, tapi tak menolong Paula untuk menjadi album yang subtil.

Mungkin Thicke bermaksud baik dengan mengusung album “putus” yang tak hanya berisi track-track gloomy tapi juga ceria dan memandangnya sebagai sesuatu yang positif. Sayangnya, tone album kemudian menjadi belang-belang. Dengan 14 track, Paula terasa sebagai upaya oportunis untuk mengikuti sukses Blurred Lines ketimbang sebuah upaya tulus untuk melakukan rekonsiliasi dengan sang (mantan) istri.

Hingga jika kemudian hadir track seperti Love Can Grow Back yang soulful, ia terdengar seperti seorang pria yang sangat sadar akan pesona dirinya, ketimbang tampil “humble” dan tulus dalam menghadapi konflik romansa.

Paula bukan album yang buruk. Tapi bukan album yang luar biasa juga. Lagu-lagu yang terdapat dalam album ini dikerjakan dengan baik, akan tetapi nyaris tidak satu pun memiliki momentum yang kuat untuk dikenang. Dan itu sayang sekali, mengingat talenta yang terlibat di dalamnya.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

Beli CD Robin Thicke “Paula” Rp. 85.000,- silahkan isi form disini

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “You’re My Fantasy” 5:57
2. “Get Her Back” 3:33
3. “Still Madly Crazy” 2:55
4. “Lock the Door” 4:21
5. “Whatever I Want” 3:45
6. “Living in New York City” 3:26
7. “Love Can Grow Back” 3:27
8. “Black Tar Cloud” 3:25
9. “Too Little Too Late” 2:54
10. “Tippy Toes” 3:07
11. “Something Bad” 3:41
12. “The Opposite of Me” 3:00
13. “Time of Your Life” 2:57
14. “Forever Love” 5:01

Related posts

Leave a Reply