Trending News

Blog Post

Album of the Day: Pentatonix – PTX, Vols. 1 & 2
Album of The Day

Album of the Day: Pentatonix – PTX, Vols. 1 & 2 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Saat ini Pentatonix merupakan salah satu kumpulan musisi yang cukup populer. Mereka unik karena mengusung permainan vokal yang harmonis dan padu dalam A Capella sebagai gaya bermusik mereka. Semenjak memenangi musim ketiga The Sing-Off di tahun 2011, mereka telah merilis dua buah EP dan satu album Natal. Kini, kita beruntung karena dua EP tersebut, PTX Vols. 1 dan PTX Vols. 2 dikompilasi dalam satu album yang bertajuk PTX Vols. 1 & 2.

Terdiri atas empat orang pria, Mitch Grassi, Scott Hoying, Avi Kaplan, Kevin Olusola dan satu orang perempuan, Kirstie Maldonado, Pentatonix menghadirkan A Capella dengan sangat rapi. Dengan pembagian vokal antar personel yang tegas dan jelas, masing-masing menjalankan tugasnya dengan sangat baik sehingga lagu-lagu yang mereka hasilkan tidak kalah dibandingkan dengan lagu-lagu yang dihadirkan dengan instrumen konvensional.

Dan ini dapat dibuktikan karena sebagian besar lagu yang terdapat dalam album ini merupakan lagu populer yang dinyanyikan oleh musisi lain. Dibuka dengan Starships milik Nicki Minaj, mereka sanggup menghadirkan nuansa EDM dan Electro-pop dalam lagu tersebut melalui olahan vokal oleh mulut mereka. Atau bagaimana Somebody I Used to Know milik Gotye dan Kimbra yang bertransformasi menjadi balada atmosferik yang kaya nuansa.

Bahkan nomor Trip-hop dari Imogen Heap, Aha! menjadi sebuah nomor up-tempo yang sangat atraktif. Dan bagaimana We Are Young milik fun. yang terdnegar menjadi sebuah lagu pop ceria yang menggugah. Mereka memang patut dipuji karena cukup sukses mengubah aransemen tanpa harus kehilangan ruh lagu aslinya.

Mendengarkan track-track populer seperti Can’t Hold Us (Macklemore & Ryan Lewis) atau I Need Your Love (Calvin Harris & Ellie Goulding) yang dinyanyikan secara A Capella ternyata bisa memberikan sensasi musikal yang cukup menakjubkan.

Ketrampilan Pentatonix tidak hanya itu saja. Mereka juga patut diberi acungan jempol saat harus melakukan mash-up dua lagu yang berbeda, seperti dua single hits milik band pengusung EDm, Swedish House Mafia, Save the World dan Don’t You Worry Child. Kedua lagu ini melebur dengan padu dan seolah merupakan satu lagu dengan kesatuan yang utuh.

Tapi album ini tidak melulu menampilkan Pentatonix dalam membawakan lagu-lagu milik orang lain. Mereka cukup percaya diri untuk membawakan materi kreasi sendiri dan jumlahnya cukup banyak. Ada sekitar 5 lagu orisinil yang terdapat dalam PTX VOls. 1 & 2. Jangkauan genre yang mereka usung di lagu orisinil ini pun cukup luas mulai dari Pop-Soul berbau Gospel seperti Natural Disaster, RnB dalam The Baddes Girl hingga EDM dalam Love Again. Sekali lagi harus diperhatikan, lagu-lagu ini murni kreasi A Capella, namun tidak kalah dibandingkan dengan lagu-lagu yang bersenjatakan instrumen musik konvensional.

Kelebihan lain dari PTX Vols. 1 & 2, adalah bonus beberapa lagu yang tidak terdapat dalam dua EP sebelumnya, yaitu Radioactive (Imagine Dragons), Say Something (A Great Big World) dan Royals (Lorde). Tentunya tidak usah dibahas panjang lebar lagi tentang kemampuan mereka dalam “menaklukkan” lagu-lagu ini dalam bentuk A Capella.

Mungkin di album berikutnya Pentatonix sudah waktunya mengisi dengan materi orisinil secara keseluruhan, karena toh mereka memiliki modal untuk itu dan sudah dibuktikan dalam album ini. Tapi untuk sementara, bolehlah kita simak talenta mereka dalam menggubah ulang lagu-lagu populer dalam bentuk A Capella. Dan tidak heran jika Pentatonix diajak bergabung dalam film sekuel bertema A Capella yang dibintangi oleh Anna Kendrick, Pitch Perfect 2. Simply can’t wait!

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

Beli CD PTX “Vol 1 & 2” Rp. 85.000,- silahkan isi form disini

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Starships” 3:01
2. “The Baddest Girl” 3:49
3. “Somebody That I Used to Know” 3:19
4. “Aha!” 2:37
5. “Show You How to Love” 3:53
6. “Love You Long Time” 3:05
7. “We Are Young” 3:07
8. “Can’t Hold Us” 3:18
9. “Natural Disaster” 3:30
10. “Love Again” 3:18
11. “Valentine” 2:37
12. “Hey Momma / Hit the Road Jack” 3:01
13. “I Need Your Love” 2:52
14. “Run to You” 4:25
15. “Daft Punk” 4:08
16. “Save the World / Don’t You Worry Child” 3:47
17. “Radioactive” (featuring Lindsey Stirling) 3:46
18. “Say Something” 4:33
19. “Royals” 3:51

Related posts

Leave a Reply