Trending News

Blog Post

Album of the Day: The Saturdays – Finest Selection: The Greatest Hits
Album of The Day

Album of the Day: The Saturdays – Finest Selection: The Greatest Hits 

Sejak hadir di pertengahan 2008, girlband The Saturdays adalah salah satu komoditas asal Inggris yang cukup baik bersaing di blantika musik pop internasional. Lima album yang mereka rilis dalam kurun waktu kurang lebih lima tahun menjadikan kelima wanita ini salah satu pejuang girl power yang disegani. Untuk itu, mereka merangkum perjalanan luar biasa yang telah dijalani dengan sebuah album kompilasi berisi 17 lagu terbaik mereka, ditambah 3 terbaru sebagai sajian pas mantap dalam “Finest Selection: The Greatest Hits“.

Saya termasuk orang yang menikmati album kompilasi sebagai sebuah diskografi, sehingga menganggap album ini lebih bernilai jika ditata berdasarkan urut kronologis. Tapi apa boleh buat, kompilator berkata bahwa yang terbaikyang bisa disajikan disini adalah susun acak. Enam track pertama adalah perwakilan dari tiap-tiap album yang mereka hasilkan. ‘What About Us’ dari “Living For the Weekend”, ‘Higher’ dari “Headlines!”, ‘Ego’ dari “Wordshaker”, ‘All Fired Up’ dari “On Your Radar”, ‘What Are You Waiting For?’ dari “Finest Selection”, dan ‘Up” dari “Chasing Lights”. Meskipun masih dari keluarga dance, dempulan di masing-masing lagu mewarnai musik The Sats menjadi lebih berwarna. Sean Paul memberi grafis reggae, Flo Rida menyalurkan swag Hip-Hop, dan kerlap-kerlip musik The Sats yang kuat unsur eurodancepop-nya.

Sesi berikutnya lebih berwarna. Sederas apapun beat, sekencang apapun tempo, dan se-robotic apapun produksi terhadap vokal The Sats, selalu ada tempat teristimewa untuk lagu-lagu yang punya dimensi berbeda. ‘Forever Is Over’ yang sempat punya sejarah karena ikut diperebutkan oleh Kelly Clarkson, memberi nilai tambah fierce, disambut lagu semi akustik ‘Issues’ menjadi yang terbaik dan terpopuler dari grup ini. Terima kasih kepada irama yang earcatchy, berikut hook bentukan echo “issues…” yang memorable. Warna-warni berlanjut ke retro influenced ‘Disco Love’, sebelum akhirnya jatuh kembali ke produk EDM ‘Notorious’ dan ber-ballad ria dengan ‘Missing You’.

Replay your memories dengan yang terlawas dari The Sats; ‘Work’, ‘Just Can’t Get Enough’, dan ‘If This Is Love’, serta mainkan skenario saduran visual yang mereka ciptakan untuk video musik ’30 Days’ dan ‘Gentlemen’. Tujuan utama dari album kompilasi memang itu, berikutnya adalah pengingat akan pencapaian yang telah dilakukan sejauh ini. So glad knowing one of them was ‘My Heart Takes Over’, satu dari 16 koleksi Top 20 yang mereka cetak. This is my personal favorite. Memberi pencerahan kepada pendengar akan kebolehan mereka di bidang vokal. Selanjutnya, adalah memberikan keistimewaan tambahan dengan lagu-lagu baru. Ada 3 yang The Sats punya; single ‘What Are You Waiting For?’, ‘808’, dan ‘Walking Through the Deser’. Ketiga adalah pelengkap sempurna untuk album.

Memang, The Saturdays bukan tandingan girlband senior seperti All Saints, Atomic Kitten, Girls Alous, Sugababes, apalagi Spice Girls. Dengan prestasi yang bisa dibilang tak seberapa dibanding nama-nama tersebut, mereka sudah tergolong dalam sejarah musik terbaik dari UK dengan koleksi lagu dan album yang top charted. Kekuatan mereka adalah dikenal sebagai sebuah unit. Nyaris tak tampak individualis dalam grup ini. Sempat mereka hendak diasosiasikan dengan warna yang melekat per pribadi, tapi syukurlah hal ini tidak berkelanjutan. Karena kita sudah puas dengan apa adanya The Sats. Koleksi “Finest Selection” ini pun berkata demikian.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

{Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “What About Us” (featuring Sean Paul) 3:41
2. “Higher” (featuring Flo Rida) 3:18
3. “Ego” 3:03
4. “All Fired Up” 3:12
5. “What Are You Waiting For?” 3:25
6. “Up” (Radio Edit) 3:24
7. “Forever Is Over” (Radio Edit) 3:24
8. “Issues” (Radio Mix) 3:35
9. “Disco Love” 3:14
10. “Notorious” 3:11
11. “Missing You” 3:41
12. “Work” (Phil Tan Radio Mix) 3:13
13. “Not Giving Up” (Radio Mix) 3:19
14. “30 Days” 3:04
15. “808” 3:12
16. “Gentleman” 3:40
17. “If This Is Love” (Radio Edit) 2:56
18. “Walking Through the Desert” 3:22
19. “My Heart Takes Over” 4:06
20. “Just Can’t Get Enough” (Radio Mix) 3:07

Related posts

Leave a Reply