Trending News

Blog Post

Album of the Day: Toni Braxton & Babyface – Love, Marriage & Divorce
Album of The Day

Album of the Day: Toni Braxton & Babyface – Love, Marriage & Divorce 

Released by: Universal Music Indonesia

Album kolaboratif antardua penampil R&B Toni Braxton dan Babyface awalnya sedikit shaky yang berakibat pada penundaan perilisannya. Wujud asli album ini akhirnya bisa hadir di awal 2014 dalam judul “Love, Marriage & Divorce“. Tema yang sangat personal, sekaligus mengaitkan kedua penampil ini untuk bisa menghidupkan cerita dalam album.

Saat ‘Hurt You’ dirilis setahun yang lalu, single ini adalah penggambaran paling tepat mengenai kondisi album. Sexy smooth R&B di musik, begitu menyentuh di lirik. Proporsi vokal yang berbanding menguatkan niatan dalam pencitraan kolaboratif album ini. Ini lebih representatif ketimbang ‘Where Did We Go Wrong’ yang besar dipengaruhi oleh gitar akustiknya, sehingga menyambar tema R&B dari dinding spotlight. Tapi keadlian terjadi pada dua single ini; ‘Hurt You’ yang cenderung radio friendly, tapi ‘Where Did We Go Wrong’ yang justru lebih populer.

Saat mendengar penyandingan, Babyface pasti yang paling disibukkan dengan tahap kegiatan praproduksi, meninggalkan Toni pada peran utama sebagai penyumbang vokal terbesarnya. Dan ya, dua solo tersadur dengan vokal Toni semata, menyematkan embel-embel “(Performed by Toni Braxton)” pada track ‘I Wish’ dan ‘I’d Rather Be Broke’, sementara Babyface punya satu solo ‘I Hope That You’re Okay’. Sulit menyimpulkan kolaborasi ini sebagai hubungan yang bersimbios mutualisme, tapi tak langsung mengartikan keberadaan Toni sebagai parasit. Besaran proporsi ternyata bukan vonis ataupun keutamaan album.

Saya bisa menunjuk beberapa lagu rekomendasi dari album ini. Dan dengan mudahnya saya akan menunjuk pada 11 track yang tersedia. Tak ada yang sia-sia dalam album ini. Greget yang Babyface punya masih menggigit. Dengarkan ‘Roller Coaster’, ‘Sweat’, ‘Reunited’, dan juga ‘Take It Back’ yang secara sempurna tergambar sebagai masterpiece dari sang maestro. Membandingkan album ini dengan karya-karyanya di masa keemasan dulu, dijamin tak ada minusnya.

Jadi, membaca hitam di atas putih “Love, Marriage & Divorce”, disimpulkan bahwa album yang personal ini akan berakibat pada tingkat emosi yang tinggi. Well hey, mungkin jiwa-jiwa yang syahdu akan menguliti lagu demi lagu dari segi lirik, tapi percayalah, bahwa musik yang tersaji masih bisa mengelabui untuk sejenak tefokus padanya. ‘Heart Attack’ adalah kelabuan yang paling jitu, sementara ‘The D Word’ saling mendukung antara musik dan lirik. Pengakuan terhadap album ini mungkin tidak banyak, namun dalam standardisasi Babyface, album ini tak’kan mengecewakan.

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Roller Coaster” 4:23
2. “Sweat” 4:27
3. “Hurt You” 4:10
4. “Where Did We Go Wrong” 3:37
5. “I Hope That You’re Okay” (performed by Babyface) 3:54
6. “I Wish” (performed by Toni Braxton) 3:03
7. “Take It Back” 4:05
8. “Reunited” 3:18
9. “I’d Rather Be Broke” (performed by Toni Braxton) 3:38
10. “Heart Attack” 3:52
11. “The D Word” 5:12

Related posts

Leave a Reply