Trending News

Blog Post

Album of the Day: X Japan – The World
Album of The Day

Album of the Day: X Japan – The World 

Released by: Warner Music Indonesia

“Lho? Ini lagi?” adalah reaksi pertama saya saat melihat track listing album X Japan,The World. Tapi seperti stereotype yang sudah melekat , X Japan punya kecenderungan merilis album kompilasi bertajuk “Best Of”, “Collection” atau “Boxset” yang jumlahnya jauh melebihi total studio album mereka sebelum bubar di tahun 1997. Para fans sejati mereka yang disebut X Freaks pun nampak maklum dan pasrah menerima apapun materi rilisan baru yang band idolanya lempar ke pasaran. Termasuk album The World yang dirilis Juni 2014 sebagai penanda 25 tahun karir X Japan di dunia musik. Album double-CD dengan total 12 track ini awalnya dirilis eksklusif dalam dua edisi; Standard Edition dan Limited Edition yang berisi DVD plus photobook berisi dokumentasi World Tour yang mereka lakukan sepanjang 2009 – 2011. Harga Limited Edition dibandrol JPY 4,600 dan ludes bahkan sebelum periode pre-order berakhir. Thanks to Warner Music Indonesia yang akhirnya mewujudkan janjinya merilis lokal di awal September kemarin. Ini adalah rilisan lokal X Japan kedua setelah “Fan’s Selection” yang dirilis 13 tahun silam.

Disc 1 berisi 11 lagu, dibuka dengan Silent Jealousy, track dari album ketiga X Japan Jealousy (1991), suatu permulaan yang khas; intro piano Yoshiki sebelum masuk ke track metal sungguhan dengan interlude berisi monologue berbahasa Inggris ala Jepang yang ya-begitulah-Anda-tahu-sendiri, disambut duet gitar Hide dan Pata yang susul menyusul menuju ending dimana Toshi mengakhirinya dengan lengkingan “Kill me love!”. Tempo ‘sedikit’ menurun di track berikutnya; Rusty Nail dan Scars, keduanya merupakan track andalan album Dahlia (1996). Tiba di Track 3, pendengar langsung ‘dihajar’ oleh ballad X Japan yang paling terkenal dari tahun 1989 Endless Rain, pun jika Anda baru pertama kali mendengar X Japan, Anda pasti jatuh hati pada catchy reffrain lagu ini “Endless rain, fall on my heart, kokoro no kizu ni~”. Hype sedikit dinaikkan lagi di lagu Week End dimana interlude shredding Hide – Pata dan bass Taiji, mengentalkan aroma classic rock 1990. Track 6 Kurenai, tempo dikembalikan ke hair-metal era, track intens ‘tanpa napas’ dengan riff gitar padat dan bi-pedal drum Tama Crystal Yoshiki yang hanya memberi kuping ‘istirahat’ selama 5 detik di menit 4:56. Jika Anda cinta Helloween atau Judas Priest, sungguh, X Japan adalah cinta Anda berikutnya!

Ada dua highlight di album The World; masuknya track Amethyst dan Without You. Diambil dari “The Last Live”, konser perpisahan X Japan di Tokyo Dome 1997, Amethyst adalah lagu “intro” perkenalan member X Japan sebelum konser dimulai. Jika Anda pernah menonton performance X Japan, secara live ataupun lewat DVD, track ini memberi sensasi euphoria, bahwa sesuatu yang megah akan segera dimulai! Sedangkan track ballad Without You yang awalnya track instrumental milik Yoshiki, kini diisi vokal Toshi sebagai tribute untuk mendiang Hide yang wafat 2 Mei 1998. Beralih ke Disc 2 berisi lagu ke-12 yaitu Art of Life yang berdurasi 29 menit. Lagu penuh pameran skill dengan tempo naik dan turun, serta solo piano Yoshiki yang menggila, cukup untuk menguras emosi dan kesabaran.

Album ini akan lebih ‘greget’ jika lebih banyak materi baru X Japan tahun 2007 keatas masuk ke dalam tracklist, seperti Jade, I.V, atau Scarlett Love Song, agar tidak berkesan sebagai pengulangan kompilasi yang sudah terlampau banyak dan berkesan cliché dengan cap ‘marketing trick’. Tapi sebagai pecinta X Japan, saya yakin X-Freaks melihat The World sebagai sebuah sinyal baik bahwa X Japan akan memulai World Tour-nya kembali di 2015, dengan harapan Indonesia sebagai salah satu destinasi utamanya, dan saya bisa merasakan kemegahan histeria konser mereka sekali lagi, kali ini di negeri sendiri! We Are X!

Official Website

Rate the album:
[ratings]

(Ditha Thakis/ @kopisenjahari)

Beli CD X Japan “The World” 115.000,- silahkan isi form disini

TRACKLIST
DISC 1
1. Silent Jealousy
2. Rusty Nail
3. SCARS
4. ENDLESS RAIN
5. WEEK END
6. Kurenai (Intro Strings)
7. Forever Love
8, DAHLIA
9. Amethyst
10. X (THE LAST LIVE version)
11. Without you (LIVE VERSION)

DISC 2
1. ART OF LIFE

Related posts

Leave a Reply