Trending News

Blog Post

Album of the Month: Ariana Grande – My Everything
Album of The Day

Album of the Month: Ariana Grande – My Everything 

Released by: Universal Music Indonesia

Setelah lumayan sukses dengan album debutnya, Yours Truly, Ariana Grande tidak mau membuang waktu lama-lama selagi ia masih memiliki momentum dengan merilis album keduanya, My Everything. Dengan album ini ia pun mencoba untuk menyusul kesuksesan tersebut, meski harus diakui jika Grande tampaknya tidak ingin bermain-main di warna yang sama di album ini.

Bisa disimak saat ia merilis Problem sebagai single pertama. Dengan dibantu oleh Iggy Azalea, Problem menampilkan sisi seksi dan up-tempo dari Ariana Grande. RnB dan Hip-hop menjadi balutan utama dengan pendekatan yang lebih Urban. Hadirnya Max Martin dan Shellback menjadi nilai lebih, sementara kredit jelas harus disematkan kepada rapping Iggy Azalea yang fierce.

Satu yang patut dipuji dari Ariana Grande adalah dia tahu siapa yang harus diajak untuk memeriahkan lagu yang dibawakannya. Dan mengerti pasar. Itu yang pasti. Setidaknya kali ini ia tidak terjebak pada gaya Mariah Carey wannabe-nya lagi. Dalam Break Free ia menggandeng Zedd (serta Max Martin) dan Ariana mencoba menjadi seorang club banger. With all due respect, I think she managed well.

Musisi EDM lain, David Guetta, hadir membantu menulis untuk track One Last Time, meski produser berada di tangan Savan Kotecha, Rami Yacoub, Carl Falk, Giorgio Tuinfort dan Ilya. Takaran yang pas antara EDM dan pop menjadi andalan lagu yang tentunya catchy ini, meski berbeda dengan Break Free, ini bukanlah sebuah club banger, tapi balada sendu dalam balutan beat yang berderu. Salah satu track terbaik di album ini.

Tidak lengkap sebuah album pop rasanya tanpa kehadiran Ryan Tedder di dalamnya. My Everything pun bukan pengecualian. Tedder hadir membantu Grande dalam balada menghanyutkan berjudul Why Try. Sebagaimana lagu-lagu Tedder, maka track ini mengandalkan chorus yang emosional yang mewajibkan penghayatan prima dari penyanyinya dan Grande cukup mulus mengeksekusinya. Why Try mungkin salah satu balada paling menggugah tahun ini.

Balada masih menjadi andalan Grande di album ini. Ada juga Best Mistake yang dinyanyikannya bersama Big Sean yang tampil sebagai rapper dalam RnB yang mengalun ini. Fakta jika mereka berpacaran mungkin memberi sentimentalia tersendiri. Nomor-nomor balada lain dapat ditemukan dalam Just a Little Bit of Your Heart dimana piano menjadi rekan Grande dalam memberi efek melodramatis yang menghanyutkan. Dan tentunya track yang menjadi judul album, My Evertyhing yang lagi-lagi piano masih menjadi andalan sebagai rekan.

Tapi album ini juga masih menampilkan beberapa track bercorak RnB kontemporer, seperti Love Me Harder (berduet dengan sangat baik bersama The Weeknd) yang hadir dalam semangat power-pop, Be My Baby dan Break Your Heart Right Back yang menghadirkan semangat RnB 90-an yang lebih organis, yang sayangnya memberi kesan jika Grande masih belum rela lepas dari gaya Carey-esque-nya, meski sebenarnya ia patut dipuji karena ini hanya sebagian kecil dari track My Everything yang memakai pendekatan serupa.

Meski begitu, secara umum My Evertyhing sukses menghadirkan Grande dalam gayanya sendiri dengan pilihan lagu yang meski tidak memiliki otentisme atau sesuatu yang inventif, akan tetapi tetap tetap menawaran pop yang memikat dan renyah untuk dicerna.

Sebagai album pop ia sukses menjalankan misinya untuk menghibur dengan barisan lagu-lagu ringan yang sangat gampang dicerna. Tentunya sangat naif jika menginginkan My Everything sebagai album canggih dengan materi kompleks atau kontemplatif. Lepaskan ekspektasi tersebut dan My everything dijamin akan memuaskan pendengaran.

Dengan My Everything, Ariana Grande setidaknya berada di jalan yang pas dan tepat untuk mematangkan karirnya sebagai penyanyi pop terdepan masa kini dan juga (mungkin) masa depan.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

Beli CD Ariana Grande “My Everything” Rp. 85.000,- silahkan isi form disini

(Haris / CreativeDisc Exclusive Singles)

TRACKLIST
1. “Intro” 1:19
2. “Problem” (featuring Iggy Azalea) 3:14
3. “One Last Time” 3:17
4. “Why Try” 3:31
5. “Break Free” (featuring Zedd) 3:34
6. “Best Mistake” (featuring Big Sean) 3:53
7. “Be My Baby” (featuring Cashmere Cat) 3:36
8. “Break Your Heart Right Back” (featuring Childish Gambino) 4:13
9. “Love Me Harder” (with The Weeknd) 3:56
10. “Just a Little Bit of Your Heart” 3:52
11. “Hands on Me” (featuring ASAP Ferg) 3:12
12. “My Everything” 2:49

Related posts

Leave a Reply