Trending News

Blog Post

Album of the Day: Collabro – Stars
Album of The Day

Album of the Day: Collabro – Stars 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Ambisi Simon Cowell untuk mempopulerkan opera di ranah pop tak berhenti setelah Il Divo dan Richard & Adam menikmati kesuksesan masing-masing. Sekarang, setelah musim kedelapan Britain’s Got Talent berakhir di April tahun ini, pemenangnya Collabro langsung digandeng SyCo untuk merilis album perdanya. Syukurnya, album ini tidak berkubang dalam satu genre musikal, tapi ia juga menghadirkan sejumlah lagu pop yang kemudian berlintas genre.

Dua lagu dari “Les Miserables” yang bisa dibilang bersejarah kelima pemuda ini saat kompetisi; ‘Stars‘ (sekaligus digunakan sebagai judul album) dan ‘Bring Him Home’ dipasang berkelanjutan di bagian awal album ini. Bagi yang belum kenal betul dengan mereka secara vokal, termasuk saya, akan menjadi pelajaran yang sangat berharga bahwa warna vokal dan aransemen yang dibuat untuk mereka tidak sekental Il Divo. Jadi, antara boyband, grup vokal, ataupun choir, Collabro berdiri di antara titian tersebut.

Kesulitan menebak keberadaan pasti Collabro ini juga membuat pendengar sulit menentukan mana versi yang lebih baik untuk ‘Come What May’ yang berasal dari musikal “Moulin Rouge”. The singing actors (Ewan McGregor) atau para tenor pemula ini. Rinci musikal tersebut yang sepertinya menyamaratakan tingkat kebagusan antara kedua versi. Itu mengapa lagu-lagu pop dengan gaya opera yang justru terdengar lebih menarik. Yang terbaik adalah ‘All of Me’. Lagu no.1 John Legend ini terdengar seperti memang tercipta untuk diperlakukan kolosal. Sayang, operasi opera untuk ‘Let It Go’ (Frozen) dan ‘Secrets’ (One Republic) jauh di bawah ekspektasi. Saduran yang terjadi justru terdengar rancu, kurang meyakinkan, dan anti klimaks.

No worry. “Stars” dengan 10 track di dalamnya telah menguasai album chart di UK. Memang agak sulit untuk memprediksi kondisi album ini di luar pasar UK. Musik mereka bukan untuk kalangan luas, meskipun secara fisik akan sangat mudah menguasai hati para remaja. Versi mereka untuk ‘Somwhere’ ataupun ‘Over the Rainbow’ bukanlah versi yang terbaik, tapi tak akan banyak argumen kalau ke-kasual-an gaya penampilan lima pemuda ini sedap dipandang mata. For now, they are candy to the eye, hopefully someday will be to the ear.

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

LYRIC
1. “Stars” 3:06
2. “Bring Him Home” 3:44
3. “Come What May” 4:44
4. “With You” 4:38
5. “Let It Go” 3:26
6. “Anthem” 3:14
7. “Secrets” 3:39
8. “Somewhere” 3:14
9. “All of Me” 4:17
10. “Over the Rainbow” 3:42

Related posts

Leave a Reply