Trending News

Blog Post

Album of the Day: Pentatonix – PTX, Vol. III
Album of The Day

Album of the Day: Pentatonix – PTX, Vol. III 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Grup akapela Pentatonix tentunya tidak usah diragukan lagi kemampuan mereka untuk menggubah ulang lagu-lagu hits dalam bentuk, tentu saja, akapela. Setelah sukses dengan PTX, Vol.I & 2, kini hadir bagian ketiga yang tentu saja berlabel PTX, VOl. III. Bagi yang ingin mendengarkan bagaimana lagu-lagu populer ditransformasikan dalam akapela yang meriah, tentu jangan melewatkan album ini.

Album dibuka dengan hits single milik Ariana Grande, Problem. Pentatonix ternyata sangat terampil dalam mengkonversi beat RnB dan Hip-hop dalam lagu tersebut menjadi lantunan musik mulut yang harmonis. Versi Pentatonix tetap mampu membangun keriaan yang merupakan esensi dasar lagunya.

Dan mereka juga ternyata juga sangat terampil dalam melakukan mash-up. Kali ini adalah La La La milik Naughty Boy dan Latch milik Disclosure. Tapi ada alasan mengapa Pentatonix memadukan kedua lagu ini, yaitu keduanya bermodalkan vokal Sam Smith. Pentatonix dengan mulus menyatukan kedua lagu ini menjadi satu kesatuan yang utuh serta didukung harmonisasi vokal yang prima.

Lagu populer lain yang mereka kover ulang adalah Rather Be milik Clean Bandit kini terdengar lebih organis dan Papaoutai yang merupakan lagu EDM milik penyanyi asal Belgia, Stromae. Menariknya, kini Pentatonix juga menambahkan instrumen asli, yaitu biola yang dibawakan oleh Lindsey Sterling dan juga cello yang dimainkan langsung oleh salah satu anggota Pentatonix, Kevin Olusola, yang selama ini kebagian tugas sebagai penghasil perkusi dalam lagu.

Tampaknya dalam PTX Vol, III lagu-lagu bernuansa EDM banyak hadir mengisi. Bahkan tiga lagu orisil yang hadir dalam album ini, salah satunya merupakan lagu bergaya ini. See Through judulnya. Dan Pentatonix cukup mulus menghadirkannya melalui teknik akapela mereka yang prima. Lagu ini ditulis oleh penyanyi asal Estonia, Kerli Kõiv, bersama dengan Thomas Kirjonen dan Joonas Angeria. entah mengapa ciri khas Kerli terdengar mendominasi di sini.

Dalam On My Way Home mereka lagi-lagi menghadirkan RnB. Ditulis salah satunya oleh Sam Martin, mereka cukup mulus dalam menjalankan tugasnya. Tapi, sebagaimana dengan See Through, lagu ini terdengar seperti lagu milik penyanyi lain yang dinyanyikan oleh Pentatonix, ketimbang materi orisinil. Berbeda dengan balada Standing By yang barulah terdengar seperti milik Pentatonix seutuhnya, karena memang merekalah yang menulis lagunya.

Ini mungkin disebabkan karena lagu-lagu sebelumnya ditulis oleh orang lain, sehingga kurang bisa menggali kekuatan orisinil Pentatonix. Mungkin lain kali perlu dicari rumusan yang lebih pas oleh Pentatonix saat menyanyikan lagu orisinil yang bukan ditulis oleh mereka.

Terlepas dari itu, PTX, Vol. III merupakan sekuel yang masih bisa dinikmati dengan baik. Padat dan berisi, lagu-lagu dalam album ini menyenangkan untuk disimak. Lagu-lagunya dihadirkan dengan cukup kuat dan memberi impresi yang baik. Tapi alangkah baiknya jika lain kali Pentatonix tidak mengulang pola yang sama dan mulai mencari bentuk baru yang membuat mereka tetap terdengar segar.

Music Video: La La Latch

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Problem” 2:28
2. “On My Way Home” 3:15
3. “La La Latch” 3:41
4. “Rather Be” 3:32
5. “See Through” 3:19
6. “Papaoutai” (featuring Lindsey Stirling) 3:33
7. “Standing By” 4:13

Related posts

Leave a Reply