Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – EDM Anthems 2
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – EDM Anthems 2 

Released by: Warner Music Indonesia

Dengan semakin maraknya EDM saat ini, tidak heran jika banyak beredar album kompilasi yang merangkum berbagai single hits yang tengah menjadi anthem di lantai dansa. Salah satunya adalah EDM Anthems 2014 yang dirilis di awal tahun ini. Tapi, tidak perlu waktu lama bagi album tersebut untuk memiliki sebuah sekuel, yaitu EDM Anthems 2.

Sebenarnya tidak begitu mengherankan juga jika EDM Anthems 2 hadir dalam waktu yang berdekatan dengan pendahulunya, mengingat album sebelumnya lebih banyak berisi track-track yang datang dari tahun 2013. Dengan dirilis menjelang akhir tahun, EDM Anthems 2 akhirnya bisa mengumpulkan barisan track EDM terpopuler yang keluar di tahun 2014.

Barisan musisi yang terlibat dalam album kompilasi ini masih merupakan nama-nama yang ada dalam album sebelumnya, sebutlah David Guetta, Calvin Harris, Alesso, Hardwell, Armin Van Buuren, Cash Cash dan banyak lagi. Dengan ini, kesan “sekuel” tadi makin tercetak tebal dalam album EDM Anthems 2 ini.

Album ini juga dipecah menjadi dua keping, yang masing-masing terdiri atas 20 track. Dengan amunisi 40 lagu, jelas ini merupakan album yang sangat meriah dan kaya. Tapi, apakah materinya variatif sehingga konsep meriah dan kaya tadi bisa teraplikasikan dengan baik? Ternyata jawabannya adalah iya.

Secara formula, EDM Anthems 2 masih memakai gaya album sebelumnya, dimana keping 1 diisi oleh banyak track oleh musisi populer dengan track yang tak kalah populer pula. Di bagian ini kita bisa mendapatkan lagu-lagu seperti Bad milik David Guetta yang bekerjasama dengan Showtek atau Under Control yang merupakan kerjasama antara Calvin Harris dengan Alesso. Dua track ini masing-masing juga terdapat dalam album terbaru Guetta dan Harris yang dirilis di akhir tahun ini.

Ada juga Dare You milik Hardwell yang sepertinya menerapkan konsep anthemik, sesuai dengan judul album ini, dengan pas dan tepat guna. Sulit untuk tidak sing-a-long saat lagu ini berkumandang. Ada juga hits-hits lain seperti Years dari Alesso, Tsunami milik DVBBS & Borgeous, Fireflies yang merupakan persembahan manis dari John Dahlback atau Sleepless milik Cazzette yang merupakan salah satu track yang paling sering mendapat remiks dari musisi EDM lain untuk tahun ini.

Speaking of remix, tentunya album ini tidak terlewat dalam memberikannya. Maka hadirlah salah satu versi remiks terbesar dalam dua tahun terakhir, Summertime Sadness milik Lana Del Rey yang diremiks oleh Cedric Gervais. Single paling mutakhir milik Coldplay, A Sky Full of Stars, yang meski versi aslinya sudah berbentuk EDM gawangan Avicii, tapi untuk album ini dihadirkan dalam kreasi Hardwell. Ada juga Rather Be milik Clean Bandit yang telah mengangkat nama mereka ke permukaan, yang hadir dalam versi Cash Cash x Valley Remix.

Beralih ke keping kedua. Masih ada nama-nama populer seperti Hardwell (lagi) dengan Everybody Is in the Place, Nicky Romero (Symphonica), Steve Aoki (Boneless), Armin Van Buuren (Ping Pong), R3hab (Samurai), adalah sebagian darinya.

Tapi keping ini juga menghadirkan banyak nama baru yang tengah menanjak namanya dengan barisan single yang tak kalah hitsnya, seperti Gold Skies yang dihadirkan oleh kolaborasi Martin Garrix bersama dengan Sander van Doorn dan DVBBS. Di bagian ini kita juga akan banyak menemukan track-track anthemik, sesuai judul album, yang telah memanaskan lantai dansa sebelumnya, seperti Bazooka (Firebeatz), Aciiid (MOGUAI), Smash! (Ummet Ozcan) atau Radical (Dyro & Dannic).

Degup beat yang intens begitu memenuhi EDM Anthems 2, sehingga rada-rasanya kita tidak perlu seorang DJ lagi jika tengah merencanakan sebuah pesta. Progressive House, Electro hingga Trance hadir dengan meriah dan akan sangat memanaskan suasana. Rata-rata track dihadirkan dalam versi redio edit agar dapat memenuhi kuota yang melimpah dan efisiensi waktu. Tidak mengapa, toh secara esensi, meski durasi dipangkas, setiap lagu tetap hadir dengan kuat dan berkesan.

EDM Anthems 2 bisa dibilang merupakan sebuah album sekuel yang memuaskan. Tidak hanya ia sukses menjadi susulan dari album sebelumnya dalam aspek tematis, tapi ia juga berhasil merangkum perjalanan trend EDM sepanjang tahun ini. Tidak hanya itu, ia juga sangat diandalkan jika memerlukan “teman” untuk memeriahkan party.

Music Video: Calvin Harris & Alesso – Under Control ft. Hurts

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
CD 1
1. Bad (feat. Vassy) [Radio Edit] – David Guetta & Showtek 2:50
2. A Sky Full of Stars (Hardwell Remix) – Coldplay 5:13
3. Under Control (feat. Hurts) – Calvin Harris & Alesso 3:04
4. Live For the Night – Krewella 3:27
5. Dare You (feat. Matthew Koma) [Radio Edit] – Hardwell 3:38
6. Summertime Sadness (Cedric Gervais Remix Edit) [Lana Del Rey vs Cedric Gervais] – Lana Del Rey 3:34
7. Years (feat. Matthew Koma) – Alesso 3:15
8. Alone (feat. Lauren Evans) [Thomas Newson Radio Edit] – Armin van Buuren 3:38
9. Rather Be (feat. Jess Glynne) [Cash Cash x Valley Remix] – Clean Bandit 4:52
10. Howl At the Moon (Radio Edit) – StadiumX & Taylr Renee 3:05
11. Seratonin (feat. Matthew Koma) [Radio Edit] – Audien 3:08
12. All Night (Cash Cash Radio Edit) – Icona Pop 3:26
13. Overtime (Vicetone Remix Edit) – Cash Cash 3:23
14. Invincible (Radio Edit) – Borgeous 3:25
15. Mystica (Werewolf) [Radio Edit] – BlasterJaxx 3:16
16. Tsunami (Jump) [feat. Tinie Tempah] [Radio Edit] – DVBBS & Borgeous 2:39
17. Unless We Forget (feat. Quilla) [Radio Edit] – Jewelz & Scott Sparks 3:15
18. Fireflies (feat. Melanie Fontana) – John Dahlbäck 3:43
19. Five Hours (Don’t Hold Me Back) [feat. DyCy] [Vocal Mix] – Deorro 3:14
20. Sleepless (feat. The High) (Club Edit) – Cazzette 4:43

CD 2
1. Eat Sleep Rave Repeat (Dimitri Vegas & Like Mike vs. Ummet Ozcan Tomorrowland) [Radio Edit] – Fatboy Slim 3:16
2. Tremor (Sensation 2014 Anthem) [Radio Edit] – Dimitri Vegas, Like Mike & Martin Garrix 3:13
3. Boneless – Steve Aoki, Chris Lake & Tujamo 4:30
4. Everybody Is in the Place (Radio Edit) – Hardwell 2:51
5. Symphonica (Radio Edit) – Nicky Romero 3:00
6. Faith (Radio Edit) – BlasterJaxx 3:03
7. Samurai (Go Hard) [Edit] – R3hab 3:16
8. Ping Pong (Radio Edit) – Armin van Buuren 2:58
9. Bounce Generation (Radio Edit) – TJR & Vinai 2:32
10. Rampage – Bassjackers & Kenneth G 4:49
11. Bigfoot (Radio Edit) – W&W 2:55
12. Gold Skies (feat. Aleesia) [Radio Edit] – Sander van Doorn, Martin Garrix & DVBBS 3:56
13. Smash! – Ummet Ozcan 3:34
14. Tremble (Radio Edit) – Vicetone 2:56
15. Bazooka (Radio Edit) – Firebeatz 3:05
16. Radical (Edit) – Dyro & Dannic 3:10
17. Rip It Up (Nicky Romero Edit) – R3hab & Lucky Date 4:35
18. Left Behinds – Paris Blohm & Taylr Renee 5:33
19. Aciiid – MOGUAI 5:57
20. Crackin (Martin Garrix Edit) – Bassjackers 4:22

Related posts

Leave a Reply